Sukses

Ingin Berolahraga Saat Sakit? Perhatikan Dulu Sejumlah Hal Ini

Jika seseorang ingin menggerakkan tubuh saat sedang flu atau sakit kepala ringan, ia tetap bisa melakukannya.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Saat seseorang sedang tidak enak badan, melewatkan olahraga sepertinya bukan hal yang sulit. Seseorang yang sedang tidak enak badan biasanya hanya ingin berada di tempat tidur sepanjang hari.

Namun beberapa sumber menyebutkan berolahraga saat sakit dapat berdampak positif bagi tubuh.

"Beberapa gerakan lembut sebenarnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tergantung seberapa sakit Anda," kata Dr. Navya Mysore, MD, anggota dewan penasihat Kesehatan Wanita, dilansir Women's Health pada Minggu, 1 Oktober 2023.

"Meskipun banyak energi kita saat sakit digunakan untuk melawan apa pun, baik itu virus atau bakteri, tidak ada aturan tegas yang mengatakan seseorang tidak boleh berolahraga sama sekali," jelas Mysore.

Jadi, jika Anda ingin menggerakkan tubuh saat sedang flu atau sakit kepala ringan, Anda tetap bisa melakukannya.

Apakah berolahraga membantu melawan penyakit?

Tidak juga. Melakukan olahraga ringan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari waktu ke waktu, namun tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa berolahraga saat sedang sakit sebenarnya menyembuhkan penyakit.

Kebugaran dapat membantu seseorang merasa lebih baik. “Olahraga melepaskan banyak hormon yang mungkin membuat seseorang merasa sehat, terlepas dari sakit flu atau sakit ringan lainnya,” kata spesialis penyakit menular Amesh Adalja, MD, peneliti senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins University.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Boleh Olahraga Secara Berlebihan Saat Sakit

Namun perlu diingat bahwa jika seseorang melakukannya secara berlebihan saat sedang sakit, hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan.

“Berolahraga terlalu keras saat sakit dapat mempersulit tubuh melawan infeksi dan membutuhkan waktu lebih lama bagi seseorang untuk pulih,” kata Kenton Fibel, MD, spesialis kedokteran olahraga perawatan primer di Cedars-Sinai Kerlan -Jobe Institute in Anaheim.

Belum lagi, "mencoba mengeluarkan banyak keringat dapat menyebabkan dehidrasi, dan seseorang tentu ingin memastikan dirinya tetap terhidrasi saat sakit," tambah pelatih Katie Kollath, CPT, salah satu pendiri layanan pelatihan online Barpath Fitness.

 

 

3 dari 4 halaman

Kapan Seseorang Bisa Berolahraga Saat Sedang Sakit?

Berdasarkan aturan ini, seseorang boleh berolahraga dengan gejala berikut:

  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan

Olahraga terbaik untuk dilakukan saat sedang sakit:

  • Jogging ringan
  • Sepeda statis
  • Latihan ketahanan ringan

 

 

4 dari 4 halaman

Jangan Olahraga Jika Mengalami Keadaan Ini

Jangan melakukan olahraga jika Anda mengalami beberapa gejala seperti berikut:

  • Batuk
  • Sesak napas
  • Pegal-pegal
  • Sesak dada
  • Demam

Meskipun sedikit peregangan ringan mungkin tidak menimbulkan bahaya apa pun, manfaat terbesar yang dapat dilakukan untuk tubuh saat merasa tidak enak badan adalah dengan banyak beristirahat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.