Sukses

Kasus Bullying Siswa SMP Cilacap, Korban Patah Tulang di Bagian Rusuk

Kondisi terkini korban dari kasus bullying siswa SMP Cilacap alami patah tulang.

Liputan6.com, Purwokerto Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) telah mengunjungi pelajar SMPN 2 Cilacap yang menjadi korban kasus bullying atau perundungan oleh teman-temannya. Korban tersebut saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Margono Soekarjo, Purwokerto, Jawa Tengah.

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar mengungkapkan kondisi terkini korban siswa SMP Cilacap. Sang anak terbaring dengan patah tulang di bagian rusuk.

KemenPPPA juga akan terus memantau kondisi korban dan perlindungan hukum bagi korban.

“Semalam tim dari KemenPPPA sudah bertemu langsung dengan korban yang saat ini sudah dirujuk ke Rumah Sakit Margono di Purwokerto," ungkap Nahar, Jumat (29/9/2023).

"Korban mengalami patah tulang di bagian rusuk dan korban juga sudah menjalani MRI (Magnetic Resonance Imaging) karena mengeluh sakit di area belakang telinga dan leher. Kita bersyukur hasil dari MRI tidak ditemukan fraktur tulang."

Beri Bantuan untuk Korban Bullying

Tim dari Kemen PPPA yang dipimpin oleh Asisten Deputi Perlindungan Khusus Anak dari Kekerasan, Ciput Eka Purwianti juga memberikan bantuan spesifik anak yang langsung diberikan kepada keluarga korban.

Bersama dalam satu rombongan selain KemenPPPA adalah rombongan dari Kemenko PMK, UPTD PPA Jawa Tengah dan Dinas KBPPPA Kabupaten Cilacap.

“Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dalam kunjungan tersebut bertujuan untuk memastikan kondisi anak terkini, sehingga dapat diberikan pemenuhan hak anak sesuai dengan kebutuhan dan juga KemenPPPA memberikan bantuan spesifik untuk anak korban bullying," jelas Nahar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pastikan Pendampingan Psikologis

KemenPPPA turut memastikan pendampingan psikologis yang sudah diupayakan. Hal ini penting untuk membantu menyembuhkan trauma korban.

"Hari ini juga tim Kemen PPPA akan memberikan edukasi kepada para siswa-siswi SMPN 2 Cimanggu Cilacap terkait pencegahan dan penanganan bila terjadi bullying serta edukasi untuk bermedia sosial yang baik dan benar,” Nahar melanjutkan.

Sesalkan Kasus Bullying yang Terjadi

Nahar menambahkan, KemenPPPA sangat menyesalkan kasus bullying masih marak terjadi. Ia kembali mengingatkan peran pola asuh orangtua.

“Peran sekolah dan keluarga penting untuk memberikan pola asuh yang positif sehingga anak tidak melakukan kekerasan seperti bullying kepada temannya," tambahnya.

"Jika dimungkinkan perlu juga dilakukan aesemen terhadap keluarga pelaku karena orangtua pelaku bertanggungjawab juga atas pola pengasuhan yang mereka terapkan."

3 dari 3 halaman

Dugaan Tindak Pidana Kekerasan Fisik

Nahar menyatakan, terlapor diduga telah melakukan tindak pidana kekerasan fisik terhadap anak yang melanggar Pasal 76C dan dengan ancaman pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Pelaku dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 tahun 6 bulan dan/atau denda paling banyak 72 juta rupiah. Apabila kejadian tersebut mengakibatkan luka berat yang dialami bagi anak korban, maka dapat dipidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak seratus juta rupiah.

Sanksi pidana lain juga dapat dikenakan sesuai pasal 170 KUHP jika kekerasan mengakibatkan luka dan dapat diancam pidana penjara paling lama 7 tahun.

Laporkan Kekerasan

Kepada seluruh masyarakat Indonesia, Nahar mengimbau, apabila melihat, mengetahui, mengalami kekerasan dapat melaporkannya ke Layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129, melalui call center 021-129 atau WhatsApp 08111-129-129.

“KemenPPPA akan bertugas sesuai koordinasi masing-masing sesuai arahan Menteri PPPA untuk bekerja cepat tangani kasus, kami akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas, mengikuti perkembangan dan informasi terbaru,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini