Sukses

Dokter Gigi Ungkap Cara Terbaik Mengatasi Bau Mulut

Penyebab bau mulut salah satunya akibat bakteri di gigi atau lidah.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya bau mulut  disebabkan oleh bakteri di gigi atau lidah, maupun yang terkumpul di amandel. Selain itu, konsumsi obat tertentu juga bisa membuat bau mulut seperti disampaikan dokter gigi Amber Bonnaig.

“Hal-hal lain seperti merokok atau obat-obatan juga bisa berdampak pada bau mulut. Hal ini juga dapat disebabkan oleh masalah yang lebih serius, seperti penyakit periodontal dan kerusakan gigi yang tidak diobati, yang keduanya disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang berlebihan.”

Maka hal pertama dan utama untuk mengusir bau mulut dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Hal ini menjadi dasar menjaga kebersihan gigi. 

"Untuk mengusir bau mulut, Anda harus menggosok gigi dan lidah dua kali sehari. Lalu, membersihkan sela-sela gigi sekali sehari dengan benang gigi,” kata dokter gigi Marie Paulis dari University of New Haven, Amerika Serikat.

Pastikan juga selalu mengontrol kesehatan gigi dengan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. 

“Perawatan teratur menghasilkan kesehatan mulut yang lebih baik secara keseluruhan dan pernapasan yang lebih baik,” kata dokter gigi Barry Bartusiak.

Pandangannya juga disetujui oleh Bonnaig: “Perawatan pencegahan sangat penting, karena pembersihan menyeluruh tidak hanya akan menghilangkan lebih banyak bakteri daripada yang bisa Anda lakukan di rumah, namun pemeriksaan gigi dapat mengidentifikasi penyebab bau mulut."

 

Selain itu, berikut hal yang bisa dilakukan untuk mengusir bau mulut seperti mengutip Hufffington Post.

 

1. Makan permen atau permen karet tanpa gula

Pastikan untuk membaca labelnya terlebih dahulu, pastikan pilih produk bebas gula. 

“Pilihlah produk bebas gula, karena bakteri akan berkembang biak di mulut Anda jika mengandung gula,” kata Paulis. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Buah dan Minum Air

“Makan buah dapat membantu merangsang produksi air liur, sehingga dapat mengurangi bau mulut,” kata dokter gigi Michael Wei.

Hal senada juga disampaikan Paulis, ia mencontohkan buah yang dikonsumsi adalah apel.

“Mengonsumsi buah-buahan seperti apel juga bisa menenangkan senyawa sulfur di mulut, begitu juga dengan mengonsumsi yogurt,” kata Paulis.

Minum Air Putih

“Tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda,” kata Wei.

“Setelah Anda minum, cobalah berkumur dengan air, yang juga dapat membantu menghilangkan partikel makanan dan bakteri.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.