Sukses

Penyebab Gigi Kuning dan Cara Mengatasinya, Sikat Gigi Aja Enggak Cukup

Seiring berjalannya waktu, gigi manusia mungkin akan mengalami perubahan warna. Gigi akan berubah menjadi kuning, gelap bahkan bintik-bintik hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring berjalannya waktu, gigi manusia mungkin akan mengalami perubahan warna. Mereka mungkin tampak menguning atau kurang cerah, atau bahkan timbul bintik-bintik putih atau gelap.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti penggunaan tembakau, trauma gigi, kebersihan mulut yang buruk, serta makanan, minuman, dan obat-obatan yang dikonsumsi. 

Apa itu perubahan warna gigi?

Melansir dari laman Cleveland.clinic perubahan warna gigi mengacu pada pewarnaan atau berubahnya warna gigi menjadi lebih gelap.

Perubahan warna gigi ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Beberapa penyebab yang tidak dapat dihindari yakni penuaan, trauma, atau penyakit. Sementara penyebab lainnya dapat dicegah seperti merokok dan kebersihan mulut yang buruk.

Apa penyebab paling umum dari perubahan warna gigi?

Penyebab perubahan warna gigi yang dapat dihindari meliputi:

  • Makanan dan minuman berwarna gelap. Hal-hal seperti kopi, teh, beri, anggur merah, dan kecap dapat menodai gigi Anda seiring waktu.
  • Merokok dan penggunaan tembakau lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa perubahan warna gigi lebih sering terjadi pada orang yang merokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.
  • Kebersihan mulut yang buruk. Noda menempel pada plak gigi. Jika Anda tidak menghilangkan plak dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi secara teratur, kemungkinan besar gigi Anda akan berubah warna.
  • Fluorida berlebihan. Dalam jumlah yang tepat, fluorida adalah cara terbaik untuk melindungi gigi Anda dari gigi berlubang. Namun, orang yang mengonsumsi fluorida dalam jumlah tinggi selama masa kanak-kanak dapat mengembangkan fluorosis – suatu kondisi yang menyebabkan bintik-bintik putih pada lapisan gigi Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Umum Perubahan Warna Gigi

Penyebab perubahan warna gigi yang tidak dapat dihindari antara lain:

  • Genetika. Warna gigi alami, kecerahan dan transparansi bervariasi dari orang ke orang.
  • Trauma gigi. Jatuh, tabrakan mobil, dan cedera akibat olahraga dapat menyebabkan trauma yang mengakibatkan perubahan warna gigi.
  • Penuaan. Seiring bertambahnya usia, lapisan gigi Anda semakin tipis. Hal ini memperlihatkan lebih banyak dentin di bawahnya, yang memiliki warna kekuningan. Akibatnya, gigi Anda mungkin tampak sedikit lebih berubah warna seiring bertambahnya usia.
  • Obat-obatan tertentu. Beberapa obat, seperti antihistamin tertentu dan obat tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Selain itu, orang dewasa yang mengonsumsi tetrasiklin atau doksisiklin (keduanya antibiotik) selama masa kanak-kanak mungkin mengalami perubahan warna gigi.
  • Perawatan kanker. Kemoterapi atau terapi radiasi kepala dan leher dapat menyebabkan perubahan warna gigi.

Noda kuning biasanya disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman berwarna gelap. Ini mungkin juga berarti Anda perlu meningkatkan kebersihan mulut.

 

3 dari 4 halaman

Perawatan Dokter

Bagaimana cara dokter gigi merawat gigi yang berubah warna?

Dokter gigi menggunakan perawatan yang berbeda-beda, tergantung pada penyebab yang mendasarinya dan apakah noda tersebut mempengaruhi lapisan luar atau dalam gigi

1. Pemutih gigi

Dokter gigi mungkin menawarkan perawatan pemutihan gigi profesional di kinik atau di rumah. Metode ini menggunakan hidrogen peroksida atau karbamid peroksida untuk menghilangkan noda dan menghilangkannya dari gigi. 

2. Bonding gigi

Jika Anda mengalami perubahan warna gigi yang dalam dan tidak membaik dengan pemutihan, dokter gigi Anda mungkin merekomendasikan bonding gigi. Prosedur ini melibatkan pengaplikasian resin komposit sewarna gigi untuk menyembunyikan gigi yang berubah warna.

3. Veneer porselen

Jika Anda mengalami perubahan warna gigi yang meluas dan tidak membaik dengan pemutihan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan veneer porselen. Cangkang keramik berwarna gigi ini tipis namun kuat. Seorang dokter gigi secara permanen mengikat (merekatkannya) ke permukaan depan gigi Anda untuk menyamarkan perubahan warna atau cacat kosmetik lainnya seperti gigi terkelupas atau cacat. Seorang dokter gigi harus mengganti veneer porselen setiap lima hingga 15 tahun. 

 

 

4 dari 4 halaman

Perawatan di Rumah

Bagaimana cara memperbaiki gigi yang berubah warna di rumah?

Anda dapat menemukan obat perawatan pemutihan gigi yang dijual bebas di setiap toko kesehatan mulut. Produk-produk ini termasuk obat kumur, pasta, strip, dan wadah pemutih buatan sendiri.

Meskipun beberapa produk yang dijual bebas aman dan efektif, produk lain juga dapat merusak enamel dan membuat gigi lebih rentan terhadap gigi berlubang dan erosi. Itulah mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda sebelum melakukan pembelian.

Secara umum, bahan-bahan yang harus dihindari antara lain:

  • Soda kue (natrium bikarbonat).
  • Arang aktif.
  • Asam sitrat.

Saat berbelanja produk pemutih gigi, carilah ADA Seal of Acceptance. Artinya, para ahli telah menguji keamanan dan efektivitas produk tersebut dan menganggapnya aman untuk digunakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.