Sukses

Mengenang Salah Satu Lagu Sinead O'Connor Sebelum Meninggal Dunia, One More Day OST Film Veronica Guerin

Sinéad O'Connor adalah penyanyi Irlandia yang sempat membawakan lagu berjudul "One More Day" dirilis pada 2003.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi senior Irlandia Sinead O'Connor meninggal dunia pada umur 56 tahun. Berita duka ini dikonfirmasi keluarganya pada Rabu, 26 Juli 2023 malam.

"Dengan sangat sedih kami menyampaikan meninggalnya Sinead yang kami cintai. Keluarga dan teman-temannya sangat terpukul dan telah meminta privasi pada saat yang sangat sulit ini,” kata keluarga dalam sebuah pernyataan mengutip New York Post, Kamis (27/7/2023).

Sinead O'Connor adalah salah satu penyanyi yang memiliki tempat di hati sebagian wartawan. Pasalnya, ia sempat membawakan soundtrack film Veronica Guerin berjudul "One More Day" yang dirilis pada 2003.

Veronica Guerin merupakan sebuah film yang diambil dari kisah nyata seorang reporter kriminal Irlandia. Veronica dibunuh ketika hendak mengungkap kasus perdagangan narkoba di Irlandia pada pertengahan 1990-an.

Sesuai dengan kisah di film, lagu "One More Day" menceritakan tentang kematian dan meminta pertolongan pada Tuhan.

Please save me, I've fallen here I'm lost and alone (Tolong selamatkan aku, aku terjatuh di sini aku tersesat dan sendirian,” mengutip lirik lagu "One More Day".

Sinead dikabarkan meninggal selang 18 bulan setelah kematian putranya yang berusia 17 tahun, Shane.

Saat itu, dia menulis di Twitter: "Putraku, Nevi'im Nesta Ali Shane O'Connor, cahaya hidupku, memutuskan untuk mengakhiri perjuangan duniawinya hari ini dan sekarang bersama Tuhan.”

"Semoga dia beristirahat dalam damai dan semoga tidak ada yang mengikuti teladannya. Sayangku. Aku sangat mencintaimu. Semoga kau dalam kedamaian,” tulis Sinéad O'Connor pada Januari 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita Veronica Guerin

Terkait film yang lagu temanya dibawakan oleh Sinéad, menceritakan kisah hidup Veronica Guerin. Sosok perempuan yang tegas dalam pendiriannya. Ia ingin menyelesaikan masalah narkoba meski nyawanya terancam. Tujuannya tak lain, agar anak-anak di negaranya tidak memiliki akses pada obat-obatan terlarang.

Menurut cerita di film tersebut, masalah narkoba cenderung diabaikan dan polisi tidak efektif dalam menanganinya. Maka dari itu, Veronica bergerak sebagai reporter investigasi.

Suaminya memohon padanya untuk berhenti, karena tahu dia bisa dengan mudah dibunuh. Para gangster sangat tangguh dan digambarkan secara realistis dalam film. Mereka tak akan segan membunuh siapapun yang menghalangi bisnisnya.

3 dari 4 halaman

Diperankan Cate Blanchett

Tokoh Veronica Guerin diperankan oleh aktris ternama Cate Blanchett. Dari film ini, ia mendapat nominasi sebagai Best Performance by an Actress in a Motion Picture – Drama dalam ajang Golden Globe 2004.

Di tahun yang sama, film ini mendapatkan penghargaan dari Political Film Society Amerika Serikat dan banyak lagi penghargaan lainnya.

4 dari 4 halaman

Pengantar Materi Kuliah

Film Veronica Guerin menjadi populer dan diputar di berbagai negara. Bahkan salah satu kampus di Jawa Barat yakni Universitas Padjadjaran (UNPAD) rutin memutar film ini sebagai pengantar mata kuliah Lingkup Jurnalistik.

Menurut salah satu alumni, Tira Santia, pada sekitar tahun 2015 dia dan kawan-kawan angkatannya diminta menonton film tersebut dalam satu pertemuan.

Setelah menonton, perempuan usia 26 itu diminta membuat analisis dari film tersebut dan dikaitkan dengan buku-buku jurnalistik.

“Diminta bikin analisis dikaitkan dengan buku-buku perjurnalistikan,” kata alumni yang lulus pada 2019 itu kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Kamis (27/7/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.