Sukses

Penyanyi Sinead O'Connor Meninggal Dunia di Usia 56 Tahun

Kabar Sinead O'Connor meninggal dunia pertama kali dilansir oleh The Irish Times.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi asal Irlandia Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56 tahun. 

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan Sinead kami tercinta telah meninggal dunia," demikian bunyi pernyataan pihak keluarga yang dikutip laman BBC.

"Keluarga dan teman-temannya berduka dan memohon privasi dalam masa yang sangat berat ini," lanjut pernyataan tersebut.

Kabar Sinead O'Connor meninggal dunia pertama kali dilansir oleh The Irish Times. Hingga kini, belum diketahui penyebab kematian sang penyanyi.

Taoiseach (PM Irlandia) Leo Varadkar memberikan penghormatan kepadanya, mengatakan musiknya "dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tak tertandingi dan tak tertandingi".

Presiden Irlandia Michael D Higgins memuji "originalitas" O'Connor serta "suaranya yang indah dan unik".

"Irlandia kehilangan salah satu komposer, penulis lagu, dan pemain kami yang terhebat dan paling berbakat dalam beberapa dekade terakhir pada usia yang relatif muda adalah, seseorang yang memiliki bakat unik dan hubungan luar biasa dengan pendengarnya, yang semuanya memiliki cinta dan kehangatan yang begitu besar untuknya. dia," katanya.

Punya 1 Single Hit

Penyanyi yang dahulu dikenal dengan penampilan kepala plontosnya itu memiliki 1 tembang hit "Nothing Compares 2 U" yang dibesut musisi legendaris Prince.

Meski lagu itu dinominasikan untuk empat Penghargaan Grammy pada tahun 1991, Sinead O'Connor memboikot seremonial tahun itu. Melalui surat terbuka, Sinead menulis bahwa Akademy "mengakui sebagian besar sisi komersial seni".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masa Kecil Sinead O'Connor

Sinead Marie Bernadette O'Connor lahir di Glenageary, County Dublin, pada 8 Desember 1966. Sinead O'Connor adalah anak ketiga dari lima bersaudara yang lahir dari John, seorang insinyur dan pengacara, dan istrinya Marie.

Masa kecil Sinead O'Connor sangat sulit; orang tuanya bercerai, dan pada tahun 2012, dia memberi tahu People bahwa ibunya melecehkannya secara psikologis dan fisik.

"Itu benar-benar ruang penyiksaan," katanya. “Tapi saya memaafkan ibu saya; dia tidak sehat."

Sinead melarikan diri untuk tinggal bersama ayahnya pada usia 13 tahun, tetapi dua tahun kemudian, dikirim ke Pusat Pelatihan An Grianan atau rumah sakit jiwa Magdalena di Dublin. Sinead berada di sana selama 18 bulan setelah tertangkap karena mengutil.

Di sana, seorang biarawati memberinya gitar dan mengenalkannya dengan seorang guru musik - yang berujung pada peluncuran karier musik O'Connor.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Sinead O'Connor

Sinead merilis album pertamanya The Lion And The Cobra pada tahun 1987, yang masuk 40 besar di Inggris dan AS. Album tersebut mendapat kritik bagus. 

Berikutnya, Sinead merilis I Do Not Want What I Haven't Got, dengan "Nothing Compares 2 U" sebagai salah satu nomor. Ditulis oleh Prince, lagu tersebut mencapai nomor satu di seluruh dunia, termasuk di AS dan Inggris.

O'Connor, yang blak-blakan dalam pandangan sosial dan politiknya, merilis 10 album studio antara tahun 1987 dan 2014. Pada tahun 1991, dia dinobatkan sebagai artis tahun ini oleh majalah Rolling Stone dan membawa pulang Brit Award untuk artis solo wanita internasional.

Tahun berikutnya, salah satu peristiwa paling terkenal dalam karirnya terjadi ketika dia merobek gambar Paus Yohanes Paulus II ketika diundang dalam acara TV AS Saturday Night Live. Sinead mengaku hal itu dilakukannya sebagai bentuk protes terhadap pelecehan seksual anak di Gereja Katolik.

Tindakannya itu mengakibatkan dia dilarang tampil seumur hidup oleh penyiar NBC dan menuai protes di AS. Salinan rekamannya dihancurkan di Times Square New York.

Album studio terakhir O'Connor, I'm Not Bossy, I'm The Boss, dirilis pada 2014, dilansir BBC.

4 dari 4 halaman

Sinead O'Connor Masuk Islam dan Kehilangan Putra

Sinead O'Connor menyatakan memeluk Islam pada tahun 2018. Dia kemudian mengubah namanya menjadi Shuhada 'Sadaqat, tetapi terus tampil dengan nama lahirnya. Sinead merilis memoar, Rememberings, pada tahun 2021.

Pada Januari 2022, putranya yang berusia 17 tahun, Shane, ditemukan tewas setelah dilaporkan hilang dua hari sebelumnya.

Setelah kematian putranya, Sinead menulis di media sosial, dia mengatakan putranya telah "memutuskan untuk mengakhiri perjuangan duniawinya" dan meminta agar tidak ada yang mengikuti tindakan putranya itu.

Sinead O'Connor kemudian membatalkan semua pertunjukan live-nya selama sisa tahun 2022 karena "kesedihan yang berkelanjutan" setelah kematian putranya.

O'Connor memberikan penghormatan kepada Shane dalam salah satu tweet terakhirnya, menyebutnya "cinta dalam hidupku, pelita jiwaku, kami adalah satu jiwa dalam dua bagian".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.