Sukses

Viral Teriakan Allahu Akbar Saat Gempa di Tengah Kegiatan Misa Gereja Yogyakarta

Terdengar seruan Allahu Akbar di tengah misa saat Gempa Yogyakarta terjadi pada Minggu, 23 Juli 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Muncul di halaman for your page (FYP) TikTok video detik-detik terjadinya gempa saat Misa di Gereja Kristus Raja Baciro, DI Yogyakarta, tengah berlangsung pada Minggu 23 Juli 2023.

Dalam video yang dibagikan akun @angg12_3 pada Senin 24 Juli 2023, suasana di dalam gereja yang semula terlihat hening dan khidmat mendadak berubah jadi kepanikan.

Gempa bumi terjadi sesudah pastor mengatakan 'Pujilah nama Tuhan kita Yesus Kristus kini dan sepanjang masa' dan terdengar sahutan 'Amin' dari umat.

Memang tidak tampak adanya guncangan tapi dari video yang sudah ditonton lebih dari 2,7 juta kali terdengar seperti ada sesuatu yang jatuh. Umat pun refleks langsung berdiri.

Terdengar Seruan Allahu Akbar Saat Gempa

Namun, ada satu hal yang kemudian menjadikan video ini viral hingga ke media sosial Twitter, yaitu ketika terdengar ada suara yang meneriakkan takbir 'Allahu Akbar... Allahu Akbar'.

Suara itu sayup-sayup menjauh tapi seruan Allahu Akbar kembali terdengar. Belum dapat dipastikan apakah suara itu berasal dari umat gereja. 

Video yang diunggah @angg12_3 mendapatkan 24.949 komentar yang rata-rata seperti saling meyakinkan bahwa yang terdengar dari video itu berupa seruan 'Allahu Akbar' .

"Waduh, kayaknya ada jemaat 'magang' tuh," tulis The Real Potato.

"Lempeng bergeser, server pun bergeser," tulis biduanmixue.

Video Teriakan Allahu Akbar di Gereja Viral di Twitter

 

 

 

Video ini kemudian diunggah oleh banyak akun di Twitter, dua di antaranya @jasinkes dan Komunitas Katolik Garis Lucu @KatolikG pada Senin malam 24 Juli 2023. Yang juga direspons beragam oleh warga aplikasi burung biru itu.

"Punya teman agama Katolik sudah biasa ngomong Masya Allah, Alhamdulillah, InsyaAllah. Tapi kalau Allahu Akbar emang jarang, sih," tuit @toming*****

"Gak papa.. Katolik juga ada seruan Allah Maha Besar," cuit @fxm****

"Sama kayak gw waktu main Medieval Total War pakai Faksi Mesir. Pas nguasain + meng-Islam-kan Eropa gw otomatis teriak Takbir. Terus nyadar bahwa gw kan Non Muslim," kicau @Seph*****.

Sutradara film 'Ngeri-Ngeri Sedap' pun terlihat ikut berkomentar.

Merujuk pada video yang diunggah akun Youtube 'Crembo Media' pada bagian 1 jam 26 menit, misa kembali berjalan dan sang pastor mengatakan 'Ya Tuhan masih melindungi kita' usai terjadi gempa bumi saat itu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Warga Yogyakarta Diguncang Gempa Pacitan: Lari Keluar Rumah demi Selamatkan Diri

Gempa bumi kekuatan Magnitudo 5,7 berpusat di barat daya Pacitan, Jawa Timur (Jatim) terjadi pada Minggu malam. Gempa Pacitan ini juga turut dirasakan sejumlah warga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seorang warga Banguncipto, Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Ahmad Mustaqim mengaku merasakan gempa dengan getaran cukup kencang selama dua hingga lima detik.

"Lumayan kencang, tadi pas duduk bersantai di rumah tiba-tiba terasa guncangan dua kali," kata Mustaqim dikutip dari Antara.

Meski demikian, kata dia, getaran tersebut tidak sampai menyebabkan barang-barang di rumahnya berjatuhan.

Karena khawatir guncangan semakin kencang, Ahmad beserta keluarga memutuskan lari ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Anak-anak tadi masih tidur langsung saya bangunkan ikut ke luar rumah," kata Mustaqim.

Gempa Yogyakarta Dirasakan Warga Gunungkidul

Getaran gempa juga dirasakan Kismaya, warga Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Kismaya yang tengah berada di tempat tidur langsung beranjak saat merasakan getaran gempa.

"Saya sekarang masih di luar rumah, khawatir ada gempa susulan," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Gempa Bumi pada Minggu 23 Juli 2023

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui akun resminya menyebutkan gempa berkekuatan Magnitudo (M) 5,7 mengguncang wilayah pesisir selatan di Provinsi Jawa Timur pada pukul 19.33 WIB.

Pusat gempa diperkirakan berada pada 8.94 lintang selatan,111.04 bujur timur atau 84 kilometer Barat Daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Gempa bumi pada kedalaman 10 kilometer itu dinyatakan tak berpotensi tsunami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini