Sukses

4 Manfaat Nge-Gym Usai Pulang Kantor, Kurangi Stres dan Makin Produktif

Pusat kebugaran bisa menjadi alternatif bagi pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu karena padatnya aktivitas kantor yang melelahkan.

Liputan6.com, Jakarta Rutinitas kantor yang padat membuat banyak karyawan kehilangan waktu untuk berolahraga. Padahal, olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, bahkan melepas stres dan penat saat pulang kantor karena kepadatan ibukota Jakarta.

Senior Associate Development FTL Gym, Kevin Boanerges, mengatakan pusat kebugaran bisa menjadi alternatif bagi pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu karena padatnya aktivitas kantor yang melelahkan.

Oleh karena itu, ada tempat gym yang dekat dengan para pekerja kantoran untuk memenuhi kebutuhan olahraga, yang tersebar di beberapa titik di Jabodetabek.

Berikut beberapa manfaat nge-gym di waktu pulang kantor:

1. Produktivitas Meningkat

Menurut Kevin, berolahraga bisa memberikan pengaruh positif, terutama meningkatkan produktivitas para pekerja kantoran.

"Para pekerja kantoran yang rajin berolahraga cenderung memiliki tujuan yang lebih tanggap dibanding yang tidak," ujar Kevin Boanerges dalam keterangannya, Sabtu 21 Juli 2023.

2. Lebih Rileks dalam Bekerja

Lebih lanjut Kevin menjelaskan, kesegaran yang didapat setelah berolahraga tidak hanya membantu para pekerja kantoran lebih fokus dalam bekerja esok hari, tapi juga akan terlihat lebih santai dan enjoy dalam bekerja, walaupun tuntutan pekerjaan sedang padat dan tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Terlihat Lebih Segar

"Kondisi fisik dan mental yang baik juga menentukan raut wajah dan postur seseorang. Seseorang yang segar luar dalam akan memancarkan aura dan mood yang baik, dan memancarkan aura positif," jelasnya.

4. Mengurangi Stres

Dengan berolahraga tubuh dan pikiran dapat segar kembali, demikian menurut Kevin.

"Jadi, kesegaran berolahraga bukan hanya akan memperbaiki kondisi fisik saja melainkan kondisi mental juga. Orang yang rutin berolahraga akan terlihat dan merasa jauh dari stres daripada yang tidak," imbuh Kevin Boanerges.

 

 

3 dari 4 halaman

Program Kardio

Kevin menuturkan, ada salah satu program andalan Lesmills yang mengusung olahraga cardio HIIT dengan pembakaran maksimal mencapai 500 - 700 kalori perkelas.

"Lessmils Grid juga dilengkapi dengan Equipment Original Lessmils Smartbar," beber Kevin.

Tidak hanya itu, ada pula Private Reformer Pilates at Gym Studio, dengan menyediakan tiga fasilitas sekaligus di satu tempat gym, yaitu gym studio class, private studio reformer pilates dan fitness area.

Untuk yang hobi bersepeda, ada kelas Road Bike di Car Free Day (CFD) tanpa harus membawa sepeda sendiri. Kelas Road Bike ini diadakan setiap minggu serta didampingi dua instruktur, sehingga dapat memberikan pengalaman yang menarik bagi para goweser dan gowesist. 

"Jam operasional kami juga panjang, yaitu mulai jam 6 pagi sampai 12 malam. Selain itu, tempat kami newbie friendly, dikhususkan untuk orang-orang yang baru pertama kali ingin memulai hidup sehat dengan gym. Jadi, tidak ada pandangan yang mengecilkan. Dan tidak usah khawatir, fasilitas kami lengkap mulai dari shower, handuk, dan lain-lain," tutup Kevin Boanerges.

 

4 dari 4 halaman

Manfaat Latihan Kardio

Mengutip Cleveland Clinic, ahli fisiologi latihan klinis Erik Van Iterson, PhD, MS, mengatakan, kardio berasal dari kata Yunani "kardía", yang berarti jantung. Sederhananya, olahraga biasanya dianggap sebagai kardio jika melibatkan tindakan fisik terkoordinasi yang disengaja yang meningkatkan detak jantung Anda untuk jangka waktu yang lama.

"Latihan kardiovaskular yang baik akan membuat Anda secara konsisten bernapas lebih cepat daripada saat istirahat. Hasilnya: Lebih banyak oksigen dalam darah Anda untuk dipompa jantung ke seluruh tubuh Anda,"  katanya.

Anda juga akan mendengar kardio disebut sebagai "latihan aerobik". Istilah ini menekankan peningkatan gerakan dan pemanfaatan oksigen untuk produksi energi saat Anda melakukan latihan kardiovaskular.

Beberapa latihan termasuk dalam kategori latihan kardiovaskular:

- Bersepeda.

- Berlari atau joging.

- Mendayung.

- Renang.

- Berjalan dan mendaki.

Latihan kardio teratur akan membuat jantung Anda tidak harus bekerja terlalu keras sepanjang waktu, kata Dr. Van Iterson. Mempertahankan rutinitas kardio bahkan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik sambil menurunkan lemak darah.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan kardiovaskular yang cukup dapat membantu Anda hidup lebih lama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini