Sukses

Viral Ibu Hamil Dianiaya Suami Hingga Babak Belur, Bagaimana Menghadapi Pasangan Overprotective?

Dalam video berdurasi 1 menit yang viral itu, tampak wanita hamil yang dimaksud tengah digiring masuk ke rumah dengan cara ditarik lehernya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video amatir yang memperlihatkan penganiayaan wanita hamil oleh suaminya viral di media sosial. Dalam video berdurasi 1 menit itu, tampak wanita hamil yang dimaksud tengah digiring masuk ke rumah dengan cara ditarik lehernya.

Aksi suami menggiring istrinya itu terus dilakukan meski sang istri beberapa kali berteriak dan menangis. Sedangkan beberapa tetangga menyaksikan dari gerbang halaman rumah. Mereka pun berusaha melerai dengan berseru pada keduanya.

Berdasarkan keterangan Kanit PPA Polres Tangerang Selatan IPDA Siswanto, diketahui peristiwa dalam video yang viral itu terjadi pada Rabu, 12 Juli 2023 di kawasan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

"Iya, kejadiannya Rabu, sudah kita tindaklanjuti dengan pemeriksaan saksi-saksi dan terlapor," ujar Siswanto, Jumat (14/7), mengutip Kanal News Liputan6.com.

Wanita hamil yang menjadi korban kekerasan oleh suaminya itu diketahui berinisial T, usia 21 tahun. Sedangkan sang suami, B, berusia 38 tahun. Keterangan sementara dari sang suami, penyebab penganiayaan adalah rasa kesal pada istri karena dinilai terlalu protektif atau cemburuan.

"Kesal, ngakunya karena overprotective. Istrinya kurang lebih cemburuan," kata Siswanto.

Saat ini polisi belum memeriksa korban atau pelapor karena belum bisa dihadirkan oleh keluarga. 

"Korban belum bisa dihadirkan oleh bapaknya. Kemungkinan masih trauma," katanya. 

Terlepas dari kasus penganiayaan wanita hamil oleh suaminya di Kota Tangerang Selatan, sikap terlalu protektif atau overprotective dalam suatu hubungan terkadang dapat masuk dalam kategori kekerasan emosional.

"Ketika seorang pasangan membatasi yang lain dengan cara apa pun demi kepentingan dan keegoisan mereka sendiri, itu telah melewati ambang penganiayaan," jelas psikolog berlisensi David Tzall, Psy.D, dilansir Bustle.

"Ini juga merupakan kekerasan ketika masalah kontrol, ketundukan, dan dominasi ikut bermain."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Pasangan Overprotective

Biasanya, menurut Tzall, tujuan pasangan berperilaku terlalu protektif adalah untuk mendapatkan kendali atas yang lain dengan berbagai cara. Setiap perilaku bergantung pada hubungan, pasangan itu sendiri, dan alasan mengapa pasangan yang terlalu protektif itu seperti itu.

Tzall mengatakan perilaku ini dapat dikenali dalam pasangan Anda seperti ingin menghentikan Anda menyimpan uang Anda sendiri di rekening bank Anda, membatasi berapa banyak yang dapat Anda lakukan tanpa mereka, memisahkan Anda dari keluarga atau teman, atau bahkan mencegah Anda memiliki pekerjaan. .

Menurut Jaci Lopez Witmer, Psy.D., seorang psikolog klinis berlisensi, pasangan yang terlalu protektif juga dapat mencoba memantau Anda hampir sepanjang waktu dan menjadi cemburu atau bahkan posesif dalam banyak skenario. Itu semua untuk mendapatkan rasa kendali.

Sementara pasangan sering berbagi lokasi satu sama lain untuk alasan keamanan, Witmer mencatat bahwa pasangan yang terlalu protektif akan menyalahgunakan hak istimewa itu dan menggunakannya untuk pengawasan terus-menerus.

3 dari 4 halaman

Cara Menghadapi Pasangan Terlalu Protektif

Individu yang memiliki pasangan yang terlalu protektif tentu kerap merasa tidak bahagia bahkan merasa terpenjara dalam hubungan.

Seringkali, individu yang posesif, mengontrol, dan mendominasi tidak menyadari akan trauma yang mereka timbulkan pada pasangannya. Hal itu bisa berujung pada kandasnya hubungan.

Jika pasangan Anda terlalu protektif, Anda harus memperbaiki masalah ini sebelum merusak hubungan jangka panjang. Tetapi berurusan dengan pasangan yang terlalu protektif tidak perlu membuat stres.

Berikut 4 cara menghadapi pasangan yang terlalu protektif, dilansir laman Marriage. 

1. Lakukan Pembicaraan Terbuka 

Bicaralah dengan pasangan Anda dan cobalah untuk memahami dari mana datangnya emosi negatif rasa tidak aman dan kecemburuan. Apakah mereka memiliki masa kecil yang bermasalah? Pernahkah mereka menghadapi penolakan di masa lalu? Apakah mereka memiliki pengalaman hubungan yang pahit dengan mantan pacar yang memiliki masalah kesetiaan? Ini adalah beberapa faktor yang sering memaksa orang untuk menunjukkan perilaku overprotektif, menyabotase hubungan yang sehat.

Jika pasangan Anda cenderung mengatur Anda secara mikro, sering curiga terhadap Anda, atau terlalu melekat di depan umum, kemungkinan besar mereka takut akan penolakan dan pengabaian dalam hubungan.

Dorong mereka untuk terbuka dan mendengarkan kekhawatiran mereka tanpa menghakimi akan membantu Anda memahami kekasih Anda dengan lebih baik, memungkinkan Anda untuk memperbaiki ketidakamanan dan masalah kepercayaan yang mendalam. Misalnya, jika pasangan Anda mengira Anda selingkuh hanya karena mantan pasangannya meninggalkannya untuk orang lain, ingatkan dia bahwa Anda adalah individu yang sama sekali berbeda dan tidak pantas diperlakukan seperti mantannya.

Temukan cara yang cocok untuk Anda dan pasangan. 

4 dari 4 halaman

Tetapkan Aturan

2. Tetapkan aturan untuk mengendalikan cemburu berlebihan

Meskipun hubungan yang langgeng penuh dengan kompromi, bersikap jujur ​​tentang kekhawatiran Anda dan menetapkan batasan akan membantu mengurangi kebencian dalam kehidupan cinta Anda.

Setelah pasangan Anda mengungkapkan kekhawatiran ini, inilah saatnya bagi Anda untuk menyatakan dengan jelas hal-hal spesifik yang mengganggu Anda tentang perilaku pengendaliannya. Bersikaplah asertif dan komunikasikan, saat berurusan dengan pasangan yang terlalu protektif, bahwa meskipun Anda akan berusaha mengatasi rasa tidak aman mereka, Anda tidak akan berkompromi dengan cara apa pun dalam aspek-aspek tertentu dalam hidup Anda. Misalnya, Anda tidak dapat memutuskan hubungan dengan sahabat Anda hanya karena Anda menjalin hubungan dengan pasangan.

Di sisi lain, Anda harus melakukan semua yang Anda bisa untuk menanamkan kepercayaan dalam hubungan tersebut. Misalnya, logis jika pasangan Anda bersikap terlalu protektif jika Anda pergi makan malam berdua dengan teman lawan jenis, tanpa memberi tahu dia. 

3. Jangan Ragu Ungkapkan Cinta

Dalam banyak kasus, rasa tidak aman muncul dari ketidakmampuan salah satu pasangan untuk mengungkapkan cinta mereka kepada pasangannya. Gaya hidup modern seringkali menyisakan sedikit waktu bagi kita untuk mengucapkan tiga kata ajaib yang ingin didengar setiap pasangan berkali-kali.

Jika Anda mencintai bae Anda, cari waktu untuk menelepon mereka di siang hari hanya untuk memberi tahu bahwa Anda telah memikirkannya. Hal-hal sederhana seperti mengirim pesan untuk memuji atau mengatakan bahwa Anda merindukan pelukan pasangan Anda, dapat membuat kekasih Anda merasa aman dan mengingatkan mereka bahwa Anda sangat menghargai kehadirannya dalam hidup Anda.

4. Kenalkan Pasangan pada Teman-Teman

Jika pasangan Anda yang terlalu protektif khawatir Anda akan meninggalkannya demi salah satu teman Anda, perkenalkan pasangan Anda ke geng Anda! Ketika mereka melihat cara teman Anda berinteraksi satu sama lain, pasangan akan merasa nyaman dengan mereka, tidak menyisakan ruang untuk keraguan.

Melibatkan mereka saat Anda bertemu lingkaran teman Anda akan menunjukkan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun, membuat mereka tidak memiliki alasan untuk menjadi paranoid tentang hubungan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini