Sukses

Jurus Caca Tengker agar Anak Nggak Cuma Fokus pada Gadget

Psikolog klinis sekaligus ibu dari dua anak yang juga adik Nagita Slavina, Caca Tengker, membagikan jurusnya dalam hal gadget untuk sang anak.

Liputan6.com, Jakarta Era saat ini membuat penggunaan gadget meningkat pesat termasuk pada anak. Ibu sekaligus psikolog klinis, Alsi Mega Marsha Tengker atau yang akrab disapa Caca Tengker pun punya jurus tersendiri dalam menghadapinya.

Adik Nagita Slavina satu ini mengungkapkan bahwa gagdet tentu punya dampak positif dan negatif bagi anak. Namun, jika hendak meminta anak jauh dari gadget, dirinya merasa perlu untuk berkaca pada diri sendiri lebih dulu.

"Kalau kita mau nyuruh anak-anak kita jauh dari gadget, memang ibunya sudah bisa? Kita tanya dulu ke diri sendiri," ujar Caca Tengker saat konferensi pers The Unstoppable Family with Betadine, Selasa, 11 Juli 2023.

Mengingat jauh dari gadget jadi hal yang tampak mustahil di era saat ini, Caca Tengker lebih memilih untuk menggunakan gadget dengan lebih bijak.

"Gimana caranya saat kita menggunakan gadget itu untuk kebaikan diri kita, untuk keluarga, atau sekitar kita," kata Caca Tengker.

"Jadi bukan gadget itu jadi sesuatu yang kita butuhkan untuk memenuhi kesenangan sementara, mendistraksi dari segala sesuatu yang harus kita lakukan dan kita kerjakan. Begitupun ke anak, treatment-nya sama," sambungnya.

Ingatkan Anak Soal Kegiatan Lain

Caca Tengker mengungkapkan bahwa biasanya ia akan mengingatkan anaknya terkait kegiatan lain yang bisa dilakukan. Pengingat itu kemudian diberi bumbu dengan hal menyenangkan untuk sang anak.

Misalnya, saat anak hanya ingin main gadget di rumah, Caca Tengker akan mengingatkan jika pergi main ke luar, ia akan bertemu dengan sahabatnya.

"(Bilang) 'Iya sih Mbak Sawa pinginnya main, tapi kalau Mbak Sawa pergi keluar, Mbak Sawa ketemu best friend-nya Mbak Sawa lho'. Biasanya gitu," katanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gadget Akan Selalu Menarik Perhatian Anak

Menurut Caca Tengker, gadget akan selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk anak. Sehingga, anak perlu diajak untuk melakukan hal lainnya

"Gadget itu akan selalu menjadi hal menarik untuk anak. Buat kita sendiri juga kita tidak memungkiri, gadget itu menarik banget," kata Caca Tengker.

"Kita sekarang semuanya kerja dari handphone, semuanya ada di social media. Kita juga kan enggak bisa lepas dari itu," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Kontrol Pemakaian Gadget Ada pada Penggunanya

Lebih lanjut Caca Tengker mengungkapkan bahwa penggunaan gadget kontrolnya akan ada pada penggunaannya masing-masing. Sebab, saat berlebihan dengan gadget, tentu yang salah bukanlah gadget itu sendiri.

"Kan bukan salah gadget-nya, tapi gimana kita sebagai penggunanya. Jadi kalau bisa kita menceritakan itu ke anak. Jadi contoh untuk anak," ujar Caca Tengker.

Di sisi lain, Caca Tengker turut mengakui bahwa dirinya kerap diingatkan oleh sang anak soal penggunaan gadget.

"Aku sering diingatkan lho sama anak aku. Kayak 'Ibu, Mbak Sawa enggak boleh nonton. Tapi kenapa ibu sebelum tidur main Instagram?', Astaghfirullah iya juga. Gitu. Itu terjadi pada aku," kata Caca Tengker.

4 dari 4 halaman

Caca Tengker Diingatkan Anak Soal Gadget

Caca Tengker mengungkapkan bahwa saat dirinya membagikan pengalaman termasuk soal gadget, bukan berarti dirinya tidak pernah melakukan kesalahan.

"Jadi walaupun aku cerita, aku sharing, bukan berarti aku tidak pernah melakukan kesalahan. Aku masih sering diingatkan sama anak-anak aku," ujar Caca Tengker.

"Itu jadinya buat anak-anak aku sebuah pelajaran gitu buat mereka. Kalau nonton, main, ya ada waktunya. Kalau anak-anakku di hari Minggu. Boleh, kalau misal sudah makan. Boleh, lima menit ya, sepuluh menit ya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.