Sukses

Jangan Remehkan Kemampuan Kucing Melompat, Bisa Sampai 2 Meter

Kucing dewasa yang sehat bisa melompat sejauh 5-6 kali panjang tubuhnya. Jika menilik data Guiness World Book ada kucing yang bisa melompat sejauh 2,1 meter.

Liputan6.com, Jakarta Bukan rahasia kalau kucing memang suka bermalas-malasan tapi jangan remehkan kemampuannya bila sudah aktif bergerak. Bukan cuma lari tapi kemampuan kucing melompat mungkin bisa bikin manusia keheranan.

Kucing dewasa yang sehat bisa melompat sejauh 5-6 kali panjang tubuhnya. Jika menilik data Guiness World Book tercatat kucing yang punya lompatan paling jauh adalah Waffle the Warrior Cat. Dia bisa melompat sejauh 2,1 meter.

Bagi Anda yang memelihara kucing, wajib tahu bahwa sebagian besar kucing melompat tinggi untuk menemukan tempat bertengger terbaik. Mulai dari bagian teratas genteng rumah, pohon, hingga atas kitchen set.

Spesialis ilmu komunikasi dari Basepaws sebuah merek tes DNA kucing di Amerika Serikat, Rowyn C Rose mengatakan bahwa melompak merupakan bagian dari naluri alami kucing modern yang diturunkan oleh nenek moyang kucing liar.

"Kucing melompat untuk perasaan aman, kemampuan untuk mendapatkan sudut pandang yang baik, atau bahkan hanya rasa ingin tahu tentang lingkungan sekitar," kata Rose mengutip Daily Paws, Kamis (6/7/2023).

Kucing Peliharaan Nenek Moyang dari Kucing Afrika

Rose mengatakan bahwa kucing peliharaan merupakan keturunan kucing liar dari Afrika Utara. Kucing-kucing tersebut dikenal sebagai kucing penghuni pohon.

"Kucing liar ini harus dapat dengan cepat melompat ke tempat bertengger tinggi agar aman, melihat situasi dan beristirahat," katanya.

Kemampuan melompat kucing liar tersebut untuk untuk mengejar mangsa maupun menghindari musuh.

"Kucing peliharaan saat ini memiliki kemampuan seperti nenek moyang kucing liar mereka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fisik Kucing yang Dukung Kemampuan untuk Melompat

Rose mengatakan fisiologi kucing domestik saat ini dirancang dengan sempurna untuk menjadikan mereka pelompat yang ulung:

1. Tubuh kucing memiliki lebih dari 500 otot. Semua otot ini digunakan untuk melompat.

2. Kemampuan melompat kucing didukung oleh kaki belakang yang lebih kuat dan lebih panjang. Selain itu, kaki belakang mereka dibuat miring untuk membantu meredam guncangan dengan lebih baik saat mendarat.

3. Bantalan kaki mereka memiliki lusinan reseptor saraf. Ini membantu menilai permukaan terbaik untuk melompat dan meningkatkan keseimbangan mereka. Kucing juga menggunakan ekornya untuk keseimbangan.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Sudut Aman untuk Kucing Melompat

Mengingat naluri alami kucing senang melompat, Rose mengingatkan pemilik kucing untuk menyiapkan tempat aman bagi hewan berkaki empat itu untuk lompat kesana dan kemari.

Siapkan tempat aman agar kucing bisa bersantai di tempat yang tinggi.

"Cara untuk melakukan ini bisa termasuk memiliki pohon kucing yang bisa mereka panjat dengan berbagai tingkat tempat bertengger," kata Rose.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.