Sukses

Viral Rein Vidya Banafsha Wisudawan Kedokteran Unpad Usia 19, Warganet: Cantik, Pintar dan Keren

Rein Vidya Banafsha kembali viral setelah dirinya menjadi wisudawan termuda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad) usia 19 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Rein Vidya Banafsha kembali viral setelah dirinya menjadi wisudawan termuda Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjajaran (Unpad). Ia menjadi wisudawan yang mendapatkan predikat sebagai wisudawan termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022.

Sosok Rein Vidya yang merupakan wisudawan FK Unpad tahun 2022 ini diunggah oleh akun Twitter @schfess pada 3 Juni 2023.

 

19th maba FK❌19th

wisudawan FK⭕

sch! demikian keterangan unggahan akun Twitter @schfess yang dilengkapi foto profil Rein Vidya Banafsha.

Tak ayal, unggahan tersebut mendapat perhatian dari warganet. Banyak warganet yang terkesima atas pencapaian Rein Vidya dalam usia yang sangat muda berhasil meraih gelar sarjana kedokteran dari Unpad Bandung, Jawa Barat.

Bahkan ada yang memuji Rein termasuk cantik dan pintar.

 

kalea @onleeshwan Suka heran yang kayak gini makannya apa, kok bisa pinter banget

cila @naleecano kalo ga salah, wisudanya tahun kemaren. aku satu dom sama dia, emang pinter bgt anaknya imut cantik

awaku @pvnyawa masyaallah udah mah cantik pinter dahlah inimah gue aja mleyot apalagi laki T_T semoga org kaya gini pinter n high value...

Komentar lainnya, pujian warganet yang menuliskan Rein itu sosok yang 'keren' turut membanjiri unggahan tersebut.

 

phir.@sfravelin_ Wahhh kerenn nanti diumur 25 taun dia udah jadi dokter muda:)

iel@currentfav NANGISSSS INII KWRENNN BGTTTTTT ASTAGAGAAA😭😭😭sebangga apa emaknya

nad 🍑@nunayujin SERIUS?! KEDOKTERAN LAGI! GILAK KEREN BANGET, MASYAALLAH 😭😭😭👏🏻👏🏻

ȵαy²³ 🛸@hazznay "i want to be her" again n again ahhh masyaAllah keren bangettt gileee ❤️‍🔥

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selesaikan Studi Sarjana 3,5 Tahun

Penasaran dengan sosok Rein Vidya Banafsha? Pada tahun 2018, Rein Vidya tercatat sebagai mahasiwa baru termuda yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) melalui jalur SBMPTN.

Ia mendapatkan predikat sebagai wisudawan termuda dengan usia 19 tahun 4 bulan pada Upacara Wisuda Gelombang III Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Rein lulus dari FK Unpad pada Februari 2022 dan berhasil menyelesaikan studi sarjana dengan waktu 3,5 tahun.

"Perasaannya senang banget jadi wisudawan termuda, (mudah-mudahan) bisa menginspirasi orang,” ujar Rein, dikutip dari laman FK Unpad.

Perempuan asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini mantap memilih program studi Kedokteran Unpad di pilihan pertama. Gayung bersambut, ia diterima menjadi mahasiswa Unpad pada usia 15 tahun 10 bulan.

Ikut Kelas Percepatan Sejak SMP

Sejak duduk di bangku SMP, Rein sudah mengikuti kelas percepatan. Ia pun menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu dua tahun.

Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun. Diterima di FK Unpad dengan usia yang cukup belia, Rein sempat berpikir bahwa kuliah di Kedokteran sangat berat.

Secara perlahan, ia mencoba menikmati masa-masa kuliahnya.

“Lumayan susah belajar di FK, tetapi kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” imbuhnya.

Kondisi pandemi COVID-19 memaksa Rein dan mahasiswa Unpad lainnya untuk melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring.

3 dari 4 halaman

Harus Rajin Atur Waktu

Bagi Rein Vidya Banafsha, ada perbedaan signifikan antara kuliah tatap muka dengan kuliah daring. Tantangan terbesarnya ketika harus melakukan praktikum.

“Praktik online jadi lebih kurang (menangkapnya), karena lebih menempel kalau offline,” jelasnya, dikutip dari laman Unpad yang dipublikasikan 7 Juni 2022.

Tantangan lainnya adalah harus rajin mengatur waktu dan mengerjakan tugas secara mandiri.

“Kalau dulu waktu offline, biasa ketika ada tugas bisa mengerjakan bareng-bareng bersama teman. Kalau online jadi tantangan tersendiri,” kata Rein Vidya.

Lanjutkan Studi ke Pendidikan Spesialis

Meski demikian, Rein Vidya berhasil melewati masa studi sarjananya dengan baik. Selanjutnya, ia akan menempuh Pendidikan Profesi Kedokteran untuk mendapatkan gelar dokternya.

Ia pun mantap untuk melanjutkan studinya ke pendidikan spesialis.

“Terima kasih Unpad sudah berjasa dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak harapan bangsa. Semoga Unpad bisa makin maju dan terjaga nama baiknya,” ucap Rein.

4 dari 4 halaman

Mantap Pilih Studi Kedokteran

Saat pelaksanaan registrasi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8/2018), Rein Vidya Banafsha mengungkapkan, sejak duduk di bangku SMP, ia sudah mengikuti kelas percepatan.

Ia pun menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu 2 tahun saja. Masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, Rein juga mengikuti kelas percepatan dan kembali lulus dalam dua tahun saja.

Ketika mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Rein mantap memilih program studi Kedokteran Unpad pada pilihan pertama.

“Terbayang banget bakal susah belajar kedokteran, bakal banyak waktu yang harus dikorbankan. Tetapi Insya Allah siap,” ujar Rein.

Siap Mengabdi sebagai Dokter

Saat ditanya mengapa memilih Kedokteran Unpad, Rein mengungkapkan bahwa kuliah di Kedokteran Unpad bebas dari biaya. Ia mengaku siap mengabdi sebagai dokter di wilayah mana saja, baik di Jawa Barat maupun di luar Jawa Barat.

Selain siap mengikuti aktivitas akademik, putri pasangan Pian Sopyan Nurochman dan Nenden Diana ini ingin aktif di kegiatan organisasi dan kemahasiswaan. Salah satu organisasi kemahasiswaan yang tertarik untuk diikutinya adalah Asian Medical Student Association (AMSA) di FK Unpad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.