Sukses

Mengenal Sosok Rajwa Al Saif, Sang Calon Ratu Yordania

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Mahkota Kerajaan Yordania Hussein telah resmi menikah dengan seorang arsitek asal Arab Saudi, Rajwa Al Saif.

Keduanya melangsungkan pernikahan di Istana Zahran pada 1 Juni 2023 lalu dengan 140 tamu yang hadir, termasuk Pangeran dan Putri Wales.

Pengumuman pernikahan disebarkan pada pertengahan 2022 lalu, di mana keluarga kerajaan Yordania mengumumkan bahwa Pangeran Mahkota Hussein akan menikahi Rajwa Khaled bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Al Saif.

"Istana Kerajaan Hashemite dengan tulus mengucapkan selamat kepada Raja Abdullah II dan Ratu Rania Al Abdullah atas peristiwa ini, dan mendoakan agar Pangeran Mahkota Al Hussein bin Abdullah II dan Rajwa Khalid Alseif memiliki kehidupan yang bahagia selamanya," demikian disampaikan oleh istana dalam pernyataannya, seperti melansir Daily Mail.

Meskipun menikah dengan keluarga kerajaan yang terkenal di seluruh dunia, calon Ratu Yordania ini tumbuh dan besar di luar sorotan publik. Lantas, siapakah Rajwa Al Saif?

Lahir di Riyadh, Arab Saudi

Rajwa, yang lahir pada bulan April 1994, merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ayahnya adalah seorang pengusaha bernama Khalid bin Musaed bin Saif bin Abdulaziz Alseif, dan ibunya bernama Azza al-Sudairi.

"Keluarga Alseif berasal dari suku Subai dan telah menjadi pemimpin suku di kota Attar di Sudair, Najd, sejak awal pemerintahan Raja Abdulaziz Al Saud,” menurut Pengadilan Kerajaan Hashemite, seperti melansir Town And Country Mag.

Rajwa memiliki dua kakak laki-laki bernama Faisal dan Nayef, serta kakak perempuan tertua bernama Dana.

Ibunya Merupakan Sepupu Dekat Raja Salman

Ibu Rajwa berasal dari keluarga Al Sudairi, sama dengan keluarga Raja Salman. Keluarga Al Sudairi sangat terkenal di Arab Saudi.

"Sudairi Seven" adalah julukan untuk aliansi tujuh pangeran dalam keluarga kerajaan Saudi, yaitu anak-anak Raja Abdulaziz dan Hussa, yang konon merupakan istri favoritnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menempuh Pendidikan di Syracuse University di AS

Pada tahun 2017, Rajwa lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada jurusan arsitektur dari Syracuse University, Amerika Serikat.

Pada tahun ketiga kuliahnya, dia pergi ke Dubai dengan kelas yang fokus pada usaha berkelanjutan.

"Yang membuat perjalanan ini begitu berkesan bagiku adalah melihat para mahasiswa di studio mengalami budaya dan arsitektur Arab untuk pertama kalinya. Dubai sangat menarik, dengan arsitektur kontemporer yang juga berusaha mempertahankan keindahan tradisional budaya dan sejarah Arab,” Rajwa mengatakan kepada Syracuse University News.

Dia lulus pada musim semi tahun 2017. Tak seperti perempuan di wisuda pada umumnya, alih-alih menggunakan heels, Rajwa justru mengenakan sepatu sneakers berwarna perak yang berkilau.

Setelah itu, Rajwa melanjutkan studinya di Fashion Institute of Design and Merchandising di Los Angeles, berfokus pada Komunikasi Visual di tahun 2019.

3 dari 5 halaman

Bekerja di Perusahaan Arsitektur di Los Angeles

Rajwa dilaporkan sempat bekerja di perusahaan bernama P-A-T-T-E-R-N-S. Kemudian, dia kembali ke kampung halamannya di Riyadh untuk bekerja di studio desain bernama Designlab Experience.

Mahir Berkuda

Merayakan ulang tahun Rajwa yang ke-28, Hussein membagikan potret hitam-putih di Instagram Rajwa bersama kuda.

"Selamat ulang tahun yang sangat bahagia untuk Rajwa tercinta! Menantikan kehidupan cinta, belas kasihan, dan komitmen bersamamu," tulis Hussein.

Selain itu, hobi lain Rajwa adalah menggambar dan seni kerajinan tangan.

Rajwa juga fasih berbicara tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, Prancis, dan Arab sebagai bahasa ibunya.

4 dari 5 halaman

Bertunangan dengan Hussein pada Agustus 2022

Tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana Rajwa dan Hussein bertemu. Namun, keduanya mengumumkan pertunangan mereka pada Agustus 2022. Pertunangan diadakan di rumah keluarga Rajwa di Riyadh. 

"Alhamdulillah. Kami berdoa agar Allah memberkahi kami. Saya berterima kasih kepada keluarga Jordanian yang sangat saya cintai atas dukungan dan ucapan baik mereka,” tulis Hussein melalui laman Instagram.

Dalam posting lainnya, Ratu Rania menulis, "Saya tidak pernah membayangkan bahwa saya bisa merasakan begitu banyak kebahagiaan di hati saya! Selamat kepada Putra Sulungku, Hussein, dan tunangannya yang cantik, Rajwa,” tulis Ratu Yordania itu.

5 dari 5 halaman

Mulai Berbaur dengan Keluarga Kerajaan Yordania Sejak 2022

Rajwaa menghadiri acara resmi pertamanya bersama Hussein pada bulan Oktober 2022. Pada tahun 2023, dia semakin sering muncul bersama keluarga kerajaan.

Sebelum pernikahan Rajwa dengan Hussein, Ratu Rania mengadakan pesta henna untuk calon menantu kesayangannya.

"Saya tidak akan pernah melupakan betapa bahagianya kami, Raja dan saya, ketika Al Hussein memberitahu kami bahwa dia ingin menikahi Rajwa. Dia adalah jawaban yang sempurna atas semua doa-doa saya untuknya," kata Ratu Rania dalam ucapannya. 

Gelar Baru Setelah Menikah 

Setelah menikah dengan Hussein pada tanggal 1 Juni 2023, Pengadilan Kerajaan Hashemite mengumumkan bahwa Rajwa akan bergelar Yang Mulia Putri Rajwa Al Hussein. Apabila nantinya Hussein naik takhta, gelar Rajwa akan menjadi Ratu Rajwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.