Sukses

Hari Pendidikan Nasional, Nadiem Makarim: Merdeka Belajar Dekatkan Cita-cita Ki Hajar Dewantara

Di Hari Pendidikan Nasional 2023, program Merdeka Belajar mendekatkan terhadap cita-cita Ki Hajar Dewantara.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyampaikan beberapa transformasi yang telah dicapai selama tiga tahun terakhir dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yang berlangsung pagi tadi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 secara hibrida di halaman Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Tahun ini, peringatan Hardiknas mengusung tema, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Ditegaskan bahwa program Merdeka Belajar mendekatkan terhadap cita-cita Ki Hajar Dewantara.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan Kemendikbudristek kini semakin mendekatkan pendidikan pada cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara," tutur Nadiem dalam pidato sambutannya.

"Yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat."

Perbaikan Kualitas Layanan Pendidikan

Saat ini, dikatakan Nadiem, anak-anak Indonesia bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri.

Selain itu, para kepala sekolah dan kepala daerah juga kini lebih mudah melakukan pemantauan pelaksanaan pendidikan.

“Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cari Pengalaman Lewat Kampus Merdeka

Selain itu, diungkapkan Mendikbudristek Nadiem Makarim bahwa Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakteristik dan kompetensi. Bahkan seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

“Adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka,” ungkapnya.

Dana Pendanaan Riset

Lebih dari itu, Nadiem mengemukakan tentang berbagai capaian pendanaan pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.

Pada program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP), Kemendikbudristek telah memberikan kemudahan dalam pencairan langsung hingga fleksibilitas pemanfaatannya bagi sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selanjutnya, adanya perluasan program beasiswa juga memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang menjadi jauh lebih terbuka.

“Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Dana Indonesianya yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan,” imbuh Mendikbudristek.

3 dari 4 halaman

Rayakan Kesempatan untuk Terus belajar

Di Hari Pendidikan Nasional 2023, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga menyerukan semangat bagi masyarakat mengambil kesempatan untuk terus belajar.

 

Selamat Hari Pendidikan Nasional! tulis Erick Thohir dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Selasa (2/5/2023).

Mari kita rayakan kesempatan untuk terus belajar, mengembangkan diri, dan menjadi lebih baik setiap hari.

Menteri BUMN juga menyampaikan pesan, bahwa "Pendidikan adalah kunci membuka pintu ke masa depan Indonesia yang lebih baik. Jadi, mari kita jadikan setiap hari sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh bersama-sama".

4 dari 4 halaman

Pendidikan adalah Tanggung Jawab Bersama

Selain Menteri BUMN Erick Thohir, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan pesan dan harapannya dalam menyambut Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2023.

 

Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Hanya dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan cerdas, kita dapat memajukan pendidikan untuk menyongsong dan mengelola Indonesia yang maju.

Selamat Hari Pendidikan Nasional, tulis Presiden dalam unggahannya di Instagramnya, Selasa (2/5/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini