Sukses

Jokowi ke Labuan Bajo, Ini Alur Pemeriksaan Keamanan Pangan yang Disantapnya

Ada beberapa parameter yang diuji pada sampel makanan sebelum disajikan ke Jokowi selama di Labuan Bajo.

Liputan6.com, Manggarai Barat Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bersama Iriana Jokowi serta anak cucu telah tiba di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur sejak Sabtu, 22 April 2023 malam. Sebagai orang nomor satu di negara ini, keamanan pangan jadi hal yang jadi perhatian.

Ada tim yang memeriksa keamanan pangan makanan yang disajikan untuk Jokowi. Terkait hal ini, Kepala Loka POM Manggarai Barat Andirusmin Nuryadin, mengatakan ada beberapa parameter yang diuji.

"Parameter yang diuji adalah Sianida, Nitrit, Arsen, Timbal, Formalin, Borak, Rhodamin B, dan Methanil Yellow dan hasil uji dikoordinasikan dengan paspampres (pasukan pengamanan presiden) untuk dinyatakan layak dihidangkan atau tidak layak dihidangkan," kata Andirusmin Nuryadin mengutip Antara pada Minggu (23/4/2023).

Lebih lanjut, Nuryadin menuturkan sistem pengawasan food security terhadap makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga dilakukan lewat pengujian terhadap makanan tiga jam sebelum presiden tiba di lokasi. Sehingga, Loka POM melakukan food security pada beberapa titik kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarga di Labuan Bajo. Diantaranya di tempat transit Bandara Komodo, Hotel Meruorah, Hotel Ayana, dan Puncak Waringin.

Pihak hotel yang menyiapkan makanan untuk presiden dan keluarga. Lalu, diambil sampel untuk diuji semua. Setelah semua dipastikan aman, baru bisa disantap oleh Jokowi dan keluarga seperti dipaparkan oleh Nuryadin. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Pangan Mengandung Formalin

Dalam salah satu sampel, Nuryadin mengatakan ada sampel yang dinyatakan positif formalin. Mengetahui hal itu, pihak Loka POM langsung memisahkan makanan tersebut agar tidak dihidangkan.

Menurut laman BPOM, formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Di dalam formalin terkandung sekitar 37% formaldehid dalam air. Biasanya ditambahkan metanol hingga 15% sebagai pengawet. Penggunaan formalin yang salah adalah hal yang sangat disesalkan. Terkadang, dimasukkan ke dalam bahan pangan sebagai pengawet. 

Nuryadin pun menyatakan komitmen Loka POM Manggarai Barat dalam memastikan keamanan makanan Presiden Joko Widodo dan keluarga selama di Labuan Bajo.

"Nanti pengujian dilakukan lagi, bergantung dari jadwal presiden kunjungan ke mana," katanya.

3 dari 3 halaman

Liburan dan Cek Kesiapan ASEAN Summit di Labuan Bajo

Kunjungan Jokowi ke Labuan Bajo selain pribadi yakni berlibur bersama keluarga serta urusan pekerjaan. Ia juga mengecek persiapan Labuan Bajo sebagai tuan rumah ASEAN Summit yang digelar tanggal 9 sampai 11 Mei mendatang.

Dalam percakapan video bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi mengatakan kepada wakilnya itu tentang kunjungan Labuan Bajo untuk mengecek kesiapan pelaksanaan ASEAN Summit.

"Sampai sore pak, nanti dengan saudara-saudara dulu, selesai, kemudian ke Labuan Bajo, ngecek ASEAN," kata Jokowi, Sabtu pagi 22 April 2023.

ASEAN Summit di Labuan Bajo dijadwalkan dihadiri oleh para kepala negara dan tamu delegasi lain. Sebanyak 1.156 kamar dari 22 hotel dan resort di Labuan Bajo telah disiapkan sebagai tempat menginap delegasi dan panitia nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini