Sukses

Konsumsi Susu Bantu Jaga Kesehatan dan Daya Tahan Selama Puasa di Bulan Ramadhan

Minum susu di saat sahur atau buka puasa di bulan Ramadhan bantu jaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Suci Ramadhan selalu dinanti-nanti oleh umat Muslim sebagai bulan pengampunan dosa dan pelipatgandaan pahala. Berpuasa pada bulan Ramadhan adalah kewajiban umat Islam dengan menahan lapar dan haus, serta meningkatkan aktivitas ibadah.

Selain menunaikan kewajiban agama, ibadah puasa memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa berpuasa membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik, menjaga kesehatan jantung, organ pencernaan dan organ-organ lain di dalam tubuh.

Puasa dapat mengontrol gula darah, tekanan darah, membantu menjaga berat badan tetap normal, selama tidak makanberlebihan saat sahur dan berbuka.

Rutinitas Alami Perubahan Selama Puasa Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, aktivitas rutin akan mengalami sedikit perubahan, mulai dari pola makan, pola tidur, dan tak jarang terjadi pengurangan aktivitas fisik. Akibatnya, tubuh menjadi lebih cepat lelah dan kurang fit. Hal ini tentunya perlu diatasi.

Untuk membantu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh selama berpuasa, seluruh anggota keluarga disarankan mengonsumsi susu dua kali sehari, saat sahur dan saat berbuka.

Susu mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak serta vitamin dan mineral, untuk membantu memenuhi kebutuhan energi, nutrisi, dan menjaga imunitas tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat Waktu Buka Puasa di Bulan Ramadhan Banyak yang Memilih Menu Tidak Sehat

Dalam paparannya, ahli gizi Mifta Novikasari, S.P M.K.M. menyayangkan masih banyak orang yang belum memperhatikanasupan nutrisi seimbang saat berpuasa.

Saat berbuka puasa, masih banyak yang mengonsumsi makanan dan minuman berkalori tinggi, berkadar gula dan lemak yang tinggi, rendah serat, dan sebagainya.

Selain itu berpuasa membuat banyak dari kita mengurangi aktivitas fisik dan bergerak aktif. Akibatnya, manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh menjadi kurang dapat dirasakan.

"Konsumsilah makanan dengan nutrisi seimbang saat sahur dan berbuka untuk memenuhi kebutuhan gizi dan energi, serta menjaga sistem imun. Masukkan susu dalam menu harian, dua kali sehari. Susu mengandung gizi yang baik, seperti protein hewani, kalsium, vitamin, dan mineral. Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menghidrasi kembali tubuh kita," kata Mifta Novikasari dalam diskusi bersama Frisian Flag Indonesia (FFI).

Susu yang kaya akan manfaat dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh, memasok energi, menjaga kesehatan jantung, tulang dan gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu proses pemulihan tubuh, otot, menjaga berat badan, hingga dapat membantu tidur lebih nyenyak dan mengoptimalkan fungsi otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini