Sukses

Kembali Olahraga Sesudah Melahirkan seperti Jennifer Bachdim, Sejak Kapan Sih Boleh Mulai?

Kapan sebenarnya olahraga pasca melahirkan seperti Jennifer Bachdim boleh dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Bicara soal olahraga setelah melahirkan, Jennifer Bachdim menjadi salah satu yang selalu jadi rujukan warganet.

Bagaimana tidak? Ibu empat anak ini terlihat sudah aktif berolahraga sejak empat minggu pasca melahirkan.

Jennifer Bachdim sendiri tak cuma aktif olahraga pasca melahirkan. Saat tengah hamil besar pun, dirinya tidak absen melakukan olahraga di gym maupun rumah.

Lantas, kapan sih sebenarnya olahraga pasca melahirkan boleh dilakukan?

Mengutip laman National Health Service (NHS), Senin (27/3/2023), olahraga pasca melahirkan sendiri memang boleh-boleh saja dilakukan.

Soal kapan seorang wanita bisa memulai olahraga pasca melahirkan bergantung pada kesiapan dari masing-masing. Apalagi jika Anda sudah aktif berolahraga sebelum melahirkan, maka biasanya kesiapan bisa muncul lebih awal.

Jika Anda melahirkan pervaginam, maka olahraga pasca melahirkan dapat dimulai sesegera mungkin saat Anda sudah sanggup melakukannya. Namun, olahraga pertama sebaiknya dimulai dengan ringan. Seperti berjalan, peregangan lembut, latihan dasar panggul, dan perut.

Olahraga Pasca Melahirkan, Umumnya 6 Minggu

Sedangkan jika Anda hendak melakukan olahraga pasca melahirkan yang lebih berat lagi, maka sebaiknya dilakukan sekitar enam minggu setelah melahirkan.

"Jika Anda berolahraga secara teratur sebelum melahirkan dan merasa bugar dan sehat, Anda mungkin bisa memulainya lebih awal," tulis keterangan itu.

Berbeda lagi jika Anda melakukan persalinan caesar, waktu pemulihan kemungkinan besar akan lebih lama. Sehingga soal waktu olahraga pasca melahirkan akan mengikuti kondisi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga Pasca Melahirkan, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui terkait olahraga pasca melahirkan. Seperti otot punggung bawah dan perut inti mungkin lebih lemah dari sebelumnya.

Ligamen dan persendian Anda juga lebih lentur dan fleksibel selama beberapa bulan setelah melahirkan. Sehingga terdapat peningkatan risiko cedera jika Anda terlalu banyak meregangkan atau memutar.

Serta, jangan mengandalkan bra olahraga yang digunakan sebelum hamil. Pasalnya, ukuran punggung dan cup kemungkinan besar telah berubah, jadi ukurlah untuk ukuran yang baru.

Olahraga pasca melahirkan juga harus dihentikan jika mengalami pendarahan atau jika Anda cenderung merasa sangat lelah.

"Dengarkan tubuh Anda. Pacu diri Anda dan pastikan mendapatkan banyak istirahat juga," kata keterangan pada laman NHS.

3 dari 4 halaman

Apa Saja Manfaatnya Olahraga Pasca Melahirkan?

Olahraga setelah kehamilan pun merupakan salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri.

Mengutip laman Mayo Clinic, olahraga teratur setelah kehamilan punya beberapa manfaat. Berikut diantaranya.

  1. Membantu penurunan berat badan, terutama bila dikombinasikan dengan pengurangan asupan kalori
  2. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular Anda
  3. Menguatkan dan mengencangkan otot perut
  4. Meningkatkan energi

Sedangkan untuk kesehatan mental, olahraga pasca melahirkan bisa membantu untuk meredakan stres, membuat tidur jauh lebih baik, dan mengurangi gejala depresi pasca melahirkan (postpartum depression).

4 dari 4 halaman

Sekilas Olahraga Pasca Melahirkan ala Jennifer Bachdim

Seperti diketahui, Jennifer Bachdim sudah kembali ke gym lima minggu pasca melahirkan anak keempatnya. Momen itu dibagikan olehnya melalui sebuah unggahan di Instagram.

Video singkat itu menunjukkan Jennifer Bachdim melakukan berbagai gerakan.

"Setelah lima minggu, aku akhirnya kembali ke gym. Aku sangat senang aku tetap berolahraga selama hamil," ujar Jennifer Bachdim dalam unggahan terbarunya melalui akun Instagram @jenniferbachdim, Minggu, 26 Maret 2023.

"Aku bisa merasakan dan melihat bahwa masa pemulihan setelah melahirkan jadi jauh lebih mudah. Menyukai olahraga pertamaku," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Jennifer Bachdim pun membagikan olahraga apa saja yang dilakukannya saat pertama kali kembali ke gym. Dirinya memulai dengan pelvic curl atau glute bridge, hamstring curl, romanian deadlift, squats, hingga skull crusher.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.