Sukses

Lebih dari Sekadar Takut, Ini Alasan Sebenarnya Kucing Benci Air

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kucing benci air. Namun, apakah Anda mengetahui alasan-alasan dibaliknya?

Liputan6.com, Jakarta - Bukan merupakan sebuah rahasia lagi bahwa kucing anti dengan air, terutama bagi Anda yang memiliki anak bulu (anabul). Untungnya, tak seperti manusia, kucing tidak perlu mandi setiap hari.

Meskipun banyak orang mengetahui hal ini, tak semua orang memahami alasan sebenarnya kucing membenci air.

Bahkan, tak jarang para pemilik kucing hanya berupaya menghindari air dari kucingnya tanpa mengetahui mengapa ia harus melakukannya.

Kucing memang makhluk tak suka air, tetapi alasan mereka lebih dari rasa takut atau tidak nyaman, melansir laman Purina. Mengapa kucing hanya bisa “berteman” dengan tetesan air dari keran atau sumber lainnya, tetapi melawan ketika ia harus mandi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Air Membatasi Gerak Kucing

Coba bayangkan jika kita harus membawa selimut yang basah meresap di atas bahu Anda sampai kering kembali. Hal serupa dirasakan oleh kucing ketika mereka basah.

Jika seluruh bulu kucing terkena air, mereka akan merasa berat dan tidak bisa bergerak dengan lincah seperti biasanya. Tentu ini sangat tidak nyaman bagi kucing yang menjalani hidup dengan gerakan ringan dan mudah dalam keseharian.

Sejarah Evolusi Kucing dengan Air

Dalam sejarah kucing, tidak banyak hal yang merekomendasikan mereka untuk nyaman di dalam air. 

Pada zaman purba, kucing hidup di tempat kering dan tandus, sehingga sungai atau laut bukanlah sesuatu yang familiar bagi mereka. Oleh karena itu, evolusi kucing tidak mempersiapkan para kucing modern untuk menghadapi terkena banyak air, contohnya mandi.

Hal ini menjelaskan mengapa reaksi pertama mereka saat mandi adalah menggaruk-garuk dan berusaha melarikan diri.

3 dari 4 halaman

Bau Bahan Kimia Air

Kucing memiliki indra penciuman yang sangat peka. Ini membuat mereka juga bisa mencium bau kimia dari air keran. 

Tidak masalah untuk mencelupkan kaki kucing ke dalam air untuk mandi. Akan tetapi, jika bau air dalam bak tidak seperti bau bulunya sendiri, sebaiknya jangan memaksa kucing untuk mandi saat itu juga.

Pengalaman Buruk dengan Air

Beberapa kucing mungkin pernah mengalami trauma mandi pada masa lalu. Jika mereka tertekan untuk mandi karena hal ini, kemungkinan besar mereka akan menolak, bahkan saat baru melihat bak mandi.

Kurangnya Kontrol 

Kucing masih menyukai air dalam bentuk tetesan karena jumlah air yang sedikit membuat mereka memiliki kontrol atas situasi. 

Akan tetapi, ketika basah kuyup apalagi dengan permukaan yang juga basah, kucing merasa tidak memiliki kendali.

4 dari 4 halaman

Kucing yang Suka Air, Adakah?

Bagaimanapun, ada beberapa ras kucing yang menyukai air karena kondisi dan latar belakang mereka, seperti ras Maine Coon, Turkish Van, dan Abyssinian.

Kucing Maine Coon memiliki kulit tebal seperti mantel yang tahan air, sehingga mandi bukanlah masalah bagi mereka. Dalam sejarahnya, ras kucing ini berperan sebagai pengendali hama di kapal layar, sehingga mereka sudah terbiasa dengan air.

Sementara itu, Turkish Van juga memiliki mantel yang tahan air. Hal ini membuat mereka hobi berenang, bahkan kerap dijuluki “kucing perenang”. 

Selain itu, Abyssinian juga merupakan ras kucing yang tidak takut mandi. Secara historis, kucing ini tiba di Eropa pertama kali dengan melintasi lautan. Dengan demikian, mereka diduga merasa nyaman dengan air karena hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.