Sukses

10 Khasiat Teh Oolong Bagi Kesehatan Tubuh, Nikmati Selagi Panas!

Sebagai salah satu jenis teh yang paling populer dan tradisional di Cina dan Taiwan, teh oolong dikenal memberikan manfaat kesehatan yang kuat ketika dikonsumsi secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Teh Oolong bisa menjadi minuman alternatif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh di samping teh hitam dan teh hijau. Diminum dalam keadaan panas maupun dingin, teh tetaplah minuman yang menyehatkan dan menyegarkan.

Dikenal sebagai teh tradisional Cina Selatan dan Taiwan, teh oolong terbuat dari daun, kuncup, dan batang tanaman Camellia sinensis, sama seperti teh hijau dan teh hitam, hanya beda cara pengolahannya. Teh oolong sedikit difermentasi dan semi-oksidasi, memberikan rasa di antara teh hitam (dibiarkan teroksidasi sampai berubah menjadi hitam) dan teh hijau (tidak dibiarkan teroksidasi banyak). 

Dikutip dari WebMD, semua teh mengandung antioksidan tingkat tinggi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa nutrisi dalam teh oolong memiliki efek antioksidan dan antimutagenik yang lebih kuat daripada varietas hijau atau hitam. Antioksidan adalah nutrisi yang melindungi sel-sel kita dari kerusakan yang disebabkan oleh penuaan, gaya hidup, dan lingkungan. Seiring waktu, kerusakan ini berkontribusi pada banyak penyakit kronis.

Lantas, apa sajakah manfaat teh oolong bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa manfaat teh oolong yang dikonsumsi sesuai anjuran seperti dilansir dari Lifehack.

1. Meningkatkan Metabolisme

Teh oolong membantu membakar lemak lebih cepat dengan meningkatkan metabolisme, dan juga mengandung polifenol yang dapat memblokir enzim pembentuk lemak. Ini berarti kamu dapat menurunkan berat badan dengan teh oolong, selama kamu tidak menambahkan gula dan pemanis buatan. Jika selera kamu ke teh manis, pertimbangkan untuk menggunakan sedikit madu, sirup maple, atau stevia-yang memang memiliki indeks glikemik yang rendah.

2. Menurunkan Kolesterol

Teh Oolong diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Karena bersifat semi-teroksidasi dan mengandung molekul polifenol, Oolong mampu mengaktifkan enzim lipase, yang diketahui dapat melarutkan lemak tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Membantu Pencernaan

Teh oolong dapat membantu pencernaan dan mengurangi peradangan pada orang yang menderita refluks asam lambung atau maag. Selain itu, teh ini juga dapat membantu menyingkirkan bakteri jahat di perut kamu karena sifatnya yang sedikit antiseptik. Rasa teh oolong yang tenang dan lembut dapat menenangkan perut saat dikonsumsi dalam keadaan panas.

4. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Tingkat antioksidan yang tinggi membuat teh oolong berkhasiat mencegah kerontokan rambut. Bukan itu saja,  teh oolong juga dapat membuat rambut kamu lebih tebal dan berkilau.

5. Memperbaiki Kondisi Kulit

Karena antioksidan tinggi itu juga, teh oolong disebut memiliki peran untuk kulit yang cerah dan awet muda. Minum oolong dapat memperlambat proses penuaan secara signifikan, sehingga oolong juga merupakan alat anti-penuaan yang hebat.

6. Menstabilkan Gula Darah

Sebuah penelitian dalam International Journal of Molecular Sciences menunjukkan bahwa mereka yang menderita diabetes dapat memperoleh manfaat dari minum teh oolong. Teh ini membantu menurunkan glukosa darah ke tingkat yang sehat. Antioksidan dalam oolong, sangat membantu dalam sistem metabolisme tubuh.

3 dari 4 halaman

7. Mencegah Osteoporosis

Teh oolong dapat melindungi tulang dan mencegah osteoporosis. Mereka yang minum teh oolong secara teratur cenderung tidak kehilangan kepadatan mineral tulang. Telah ditemukan bahwa oolong mengandung magnesium dan kalsium dalam daunnya.

8. Mencegah Kerusakan Gigi

Seperti halnya teh hijau, teh oolong juga dapat melindungi gigi dari asam yang dihasilkan oleh bakteri tertentu. Yang berarti teh oolong efektif dalam mencegah kerusakan gigi dan penumpukan plak.

9. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Teh oolong dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Flavonoid antioksidan dalam teh melindungi sel dari kerusakan. Produksi protein anti-bakteri jauh lebih tinggi pada peminum teh oolong, ini mengindikasikan respon imun yang kuat saat melawan infeksi.

10. Melindungi Sel-Sel Otak

Teh oolong telah terbukti memiliki sifat pelindung saraf, yang dapat meningkatkan umur panjang sel-sel otak kamu dan berpotensi mencegah gangguan neurodegeneratif. Manfaat ini didasarkan pada sifat antioksidan teh oolong serta kemampuan teh oolong untuk integritas struktur sistem saraf.

4 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Teh Oolong

Karena teh oolong mengandung kafein, penting mengonsumsi dalam jumlah cukup dan sebaiknya hindari konsumsi di waktu malam. Jika sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang dipengaruhi oleh konsumsi kafein, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Cara termudah untuk meminumnya adalah dengan menambahkan air mendidih ke dalam secangkir teh oolong, baik dalam bentuk teh celup atau satu sendok makan. Seduhan bisa selama 2-5 menit, tergantung seberapa kuat rasa yang kamu inginkan. Nikmati teh selagi masih panas itu lebih baik. Jika menyukai es teh dan ingin sedikit lebih banyak variasi rasa bisa dicampurkan dengan lemon atau peach.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.