Sukses

Penelitian: Minum 4 Cangkir Teh Jenis Ini Mampu Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Hubungan antara minum teh dan risiko diabetes tipe 2 ini pun telah dipelajari sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, minum teh hitam, teh hijau, atau teh oolong dalam jumlah tertentu ternyata dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Menurut penelitian, minum setidaknya empat cangkir teh ini per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dengan risiko 17 persen lebih rendah selama periode rata-rata 10 tahun.

Penelitian yang belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah ini akan dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes di Stockholm pada minggu ini.

Hubungan antara minum teh dan risiko diabetes tipe 2 ini pun telah dipelajari sebelumnya, tetapi hasilnya tidak konsisten, kata penulis pertama penelitian yang juga sebagai mahasiswa di Universitas Sains dan Teknologi di Wuhan Cina Xiaying Li.

“Studi kami menunjukkan bahwa hubungan antara konsumsi teh dan (diabetes tipe 2) bergantung pada jumlah teh yang dikonsumsi. Hanya konsumsi teh yang cukup yang dapat menunjukkan efek klinis,” kata Li melalui email.

“Berdasarkan temuan kami, saya akan menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak teh dalam kehidupan sehari-hari mereka, jika perlu.”

Orang yang kelebihan berat badan kehilangan 35 hingga 52 pon pada obat diabetes yang baru disetujui, kata penelitian itu.

Penulis abstrak pertama kali mempelajari 5.199 orang dewasa tanpa riwayat diabetes tipe 2 yang telah berpartisipasi dalam China Health and Nutrition Survey (CHNS).

CHNS adalah studi prospektif yang meneliti masalah ekonomi, sosiologis, dan kesehatan penduduk dari sembilan provinsi di Tiongkok.

Mereka direkrut pada tahun 1997 dan diikuti hingga 2009. Pada awal penelitian, partisipan diberikan informasi tentang faktor gaya hidup seperti kebiasaan makan dan minum, olahraga, merokok dan konsumsi alkohol.

Awalnya, peneliti menemukan bahwa peminum teh dan non-peminum dalam penelitian mereka memiliki risiko yang sama terkena diabetes tipe 2.

Tetapi ketika para peneliti memutuskan untuk melihat jumlah yang dikonsumsi di antara peminum teh membuat perbedaan dengan melakukan tinjauan sistematis terhadap 19 studi kohort yang melibatkan lebih dari 1 juta orang dewasa dari delapan negara, hasilnya berbeda.

Peserta teh minum setiap hari, semakin rendah risiko terkena diabetes tipe 2. Ukuran yang dilacak di seluruh studi ini adalah apakah peserta minum kurang dari satu cangkir teh per hari, satu hingga tiga cangkir per hari, atau empat atau lebih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkontribusi Menurunkan Risiko

Para penulis memperingatkan bahwa penelitian tidak membuktikan bahwa minum teh mengurangi risiko diabetes tipe 2, tetapi menunjukkan bahwa minum teh mungkin berkontribusi, menurut rilis berita. Mereka juga mencatat bahwa mereka mengandalkan penilaian peserta sendiri tentang konsumsi teh mereka dan tidak dapat mengesampingkan kemungkinan bahwa gaya hidup yang tidak terukur dan faktor fisiologis dapat mempengaruhi hasil.

Para ahli yang tidak terlibat dalam penelitian juga setuju dengan pengakuan penulis tentang kekurangan penelitian saat ini.

“Bisa jadi orang yang minum lebih banyak teh menghindari atau lebih jarang minum minuman manis yang lebih berbahaya atau yang setara, atau mereka memiliki perilaku kesehatan lain yang membuat mereka memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah,” ujar profesor kedokteran metabolik di Universitas Glasgow Naveed Sattar.

“Temuan ini perlu diambil dengan sedikit garam (atau secangkir teh),” tambah profesor emeritus statistik di The Open University di Inggirs Kevin McConway. “Masalah dengan temuan meta-analisis adalah bahwa iblis selalu dalam detail, dan kami tidak memiliki detailnya. Studi mana yang disertakan? Apa kualitas mereka? Orang mana, dari negara mana, yang dipelajari?”

Karena itu, Li mengatakan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan dengan tepat bagaimana teh hijau, hitam atau oolong – dan jumlah yang dikonsumsi – dapat mempengaruhi risiko diabetes tipe 2.

“Komponen tertentu dalam teh, seperti polifenol, dapat mengurangi konsentrasi glukosa darah dengan menghambat aktivitas -glukosidase dan/atau menghambat aktivitas enzim lain, tetapi zat bioaktif dalam jumlah yang cukup diperlukan agar efektif,” ujarnya.

Menurut National Cancer Institute, polifenol adalah zat yang ditemukan di banyak tanaman dan memberi warna pada beberapa bunga, buah, dan sayuran.

Polifenol memiliki sifat antioksidan, yang dapat membantu mencegah atau menunda kerusakan sel dalam tubuh. Zat bioaktif adalah zat gizi atau non zat gizi dalam makanan yang mempengaruhi fungsi tubuh.

Sebagai pesan, pilihan gaya hidup itu penting demi mengelola risiko diabetes tipe 2, kata ahli diet dan pengajar senior di Aston University di Birmingham Inggris Duane Mellor.

Selain menjaga ketel teh tetap mendidih, olahraga teratur, makan cukup buah, sayuran dan biji-bijian dan menggunakan pemanis alternatif juga telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2 atau dengan pengelolaan penyakit yang lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.