Sukses

Kahramanmaras, Lokasi Gempa Turki yang Juga Terkenal akan Es Krimnya

Liputan6.com, Jakarta - Kahramanmaras, lokasi terjadinya gempa Turki pada 6 Februari 2023, terletak di selatan negara tersebut. Kota itu berada di dataran subur di kaki Gunung Ahir, timur-timur laut Adana. Mengutip laman Britannica, kota ini dekat bagian selatan tiga jalur penting yang membelah Pegunungan Taurus, mulai dari Goksun, Elbistan, dan Malatya.

Pada mulanya, Kahramanmaras dikenal sebagai "Markasi" atau "Maraj". Provinsi ini berdiri sebagai situs sejarah, memiliki masa lalu yang penuh dengan berbagai invasi. Kahramanmaras pernah menjadi ibu kota Gurgum, Negara Het di abad ke-12 SM. Bangsa Romawi menyebut kota itu sebagai Germanicia selama abad ke-1 M, dan Ottoman menamainya sebagai "Mer'as" di kemudian hari.

Provinsi yang bernama asli Maras ini pernah menunjukkan kegagahan pada masa Perang Kemerdekaan hingga kemudian diberi gelar "Kahraman", yang berarti "Pahlawan" dalam bahasa Turki.

Saat ini, Kahramanmaras adalah kota terbesar ke-11 di wilayah Turki, dengan ketinggian 568 meter di atas permukaan laut di pusat kota. Populasinya sedikit lebih dari 1 juta orang. Jumlah penduduk itu terbagi hampir sama antara kota dan desanya, seperti dikutip laman Allaboutturkey.

Kompleks masjid Afsin Seven Sleepers adalah salah satu situs terpenting di provinsi ini, dan terletak di distrik Afsin. Bangunan itu didedikasikan untuk 7 pemuda yang bersembunyi di sebuah gua yang melarikan diri dari penganiayaan oleh kaisar Romawi pagan Decius karena telah masuk Kristen.

Legenda tujuh orang yang tertidur ini sangat umum bagi orang Kristen dan Muslim dan juga dapat ditemukan di kota Selcuk dekat Efesus dan Tarsus. Ada sebuah bangunan di sebelah gua legendaris yang dibangun oleh kaisar Bizantium Theodosius II pada abad ke-5, kemudian runtuh dan dibangun kembali sebagai masjid oleh Seljuk pada abad ke-13. Itu adalah kompleks masjid, hospice, penginapan, madrasah, musoleum dan paviliun, dibangun dalam berbagai periode termasuk era Ottoman. 

 

 

2 dari 3 halaman

Keistimewaan Kahramanmaras

Ada museum arkeologi di dalam benteng, tempat patung Het dipajang. Peninggalan penting lainnya di daerah tersebut adalah Masjid Ulu (Agung) dan Masjid Tas (Batu), keduanya berasal dari abad ke-15, bersama dengan Masjid Hatuniye dan Haznedarli pada periode Ottoman.

Keistimewaan lain daerah ini  yang menjadi daya tarik pengunjung adalah es krimnya. Selain itu ada furnitur kayu berukir, kerajinan tembaga dan kuningan, serta karya tangan dari benang perak tradisional. Olah raga alam seperti caving, berburu dan memancing, selain dataran tinggi dan area piknik, juga menjadi ciri khas daerah ini.

Maraş dondurması (es krim Maraş) Türkiye mendapatkan namanya dari kota Kahramanmaraş. Es krim ini adalah hidangan penutup yang dinikmati di seluruh Türki. Tekstur dan rasanya yang kental membuatnya berbeda dengan es krim (gelato) ala Italia klasik.

Dikutip dari laman GoTurkiye, rahasia es krim jenis ini adalah bahan-bahannya yang asli berasal dari tanah Maras. Salah satunya adalah umbi bubuk anggrek ungu yang hanya tumbuh di sekitar Gunung Ahir dan membuat es krim jadi lebih lembut. Selain itu, es krim Maraş mengandung gum Arab, resin yang membuatnya lebih kenyal, dan susu kambing yang berasal dari kambing di Gunung Ahir.

 

3 dari 3 halaman

Asal Mula Maraş dondurması

Ada banyak legenda dan cerita tentang asal-usul es krim Maras. Salah satu yang menonjol berhubungan dengan seorang pria Ottoman bernama Osman Agha.

Legenda mengatakan bahwa Osman Aga akan menjual sahlep, minuman panas yang terbuat dari bubuk umbi anggrek dan susu, ke rumah-rumah mewah Ottoman. Suatu hari, sejumlah besar produknya tetap tidak terjual, dan dia memutuskan untuk menguburnya di salju agar tidak menjadi asam. Suatu hari, ketika dia mengambilnya, itu berubah menjadi es krim! Dan, dengan demikian, es krim Maraş lahir!

Untuk menyiapkan Maraş dondurması, susu kambing dengan tambahan gula dipanaskan perlahan. Sebelumnya, damar wangi permen karet telah ditumbuk halus dan dicampur dengan gula. Serbuk sahlep kemudian ditambahkan ke dalam ramuan tersebut.

Campuran diaduk sampai tingkat kepekatan yang diinginkan tercapai. Kemudian dibiarkan dingin pada suhu kamar dan dimasukkan ke dalam freezer semalaman. Teknik persiapan yang sempurna dan bahan-bahan yang dipilih dengan hati-hati ini membuat Maraş dondurması relatif tahan terhadap peleburan - salah satu dari banyak alasan kenapa Maraş dondurması disukai secara luas!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini