Sukses

Termasuk Gangguan Tiroid, Ini Penyebab Rambut Rontok dalam Jumlah Banyak

Kerontokan rambut dapat terjadi sebagai efek samping pengobatan atau Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Anda bisa mengalami rambut rontok karena faktor-faktor seperti kekurangan nutrisi dan stres. Kerontokan rambut juga dapat terjadi sebagai efek samping pengobatan atau Anda memiliki masalah kesehatan tertentu.

Permasalahan tersebut memang biasa terjadi. Namun, apabila kerontokan rambut terjadi dalam jumlah yang sangat banyak, itu harus Anda perhatikan dengan serius.

Terdapat beberapa faktor yang memicu kerontokan rambut dalam jumlah yang banyak, mulai dari masalah genetik hingga penyakit serius. Dilansir dari Healthline, berikut ini faktor yang memicu kerontokan rambut secara signifikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Perubahan Hormon

Perempuan mungkin akan kehilangan rambut setelah melahirkan atau saat menopause. Kondisi tersebut dapat memicu kerontokan rambut dalam jumlah banyak.

Berbeda dengan perempuan, pria akan mengalami kerontokan rambut karena komposisi hormon yang berubah seiring bertambahnya usia. Kondisi tersebut disebabkan oleh respons folikel terhadap hormon dihidrotestosteron (DHT).

2. Gangguan Tiroid

Salah satu penyebab kerontokan rambut juga bisa dipicu oleh gangguan tiroid. Pasalnya, terlalu banyak hormon tiroid (hipertiroidisme) dan terlalu sedikit (hipotiroidisme) dapat menyebabkan kerontokan rambut.

3. Stres

Stres secara fisik dan psikologis juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ketika Anda mengalami demam yang tinggi dan kehilangan darah yang banyak, dapat memicu terjadinya stres fisik. Sementara untuk stres psikologis, dapat dipicu karena kecemasan yang sangat ekstrem. 

Kedua stres tersebut dapat memucu kerontokan rambut dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, Anda bisa meminimalisir hal tersebut dengan rutin olahraga, mengonsumsi nutrisi yang tepat, hingga meditasi.

3 dari 3 halaman

4. Obat-obatan

Obat-obatan juga dapat memiliki efek samping yang dapat memicu kerontokan rambut. Selain kemoterapi, ada pula obat tiroid, antikonvulsan, antidepresan, dan antikoagulan. Obat-obatan tersebut dapat memengaruhi kerontokan rambut Anda.

5. Kekurangan Nutrisi

Nutrisi yang dimasukkan ke dalam tubuh dalam jumlah sedikit juga dapat memengaruhi kerontokan rambut. Jika Anda kekurangan zinc dan zat besi, hal itu dapat memicu kerontokan rambut. 

6. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan (lupus), hal itu dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Itulah enam penyebab terjadinya kerontokan rambut dalam jumlah yang banyak. Dan jika belum memiliki tanda-tanda serius terkait kerontokan rambut tersebut, selalu rutin jaga kesehatan rambut Anda, ya! Salah satu caranya dengan menggunakan sampo dengan kandungan yang menyehatkan kulit kepala dan rambut. 

 

(*) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.