Sukses

Masih Susah Konsentrasi? Coba 4 Cara Gampang Meningkatkan Fokus!

Sebelum membahas soal cara meningkatkan konsentrasi biar nggak gampang terpecah, kamu harus tahu dulu, faktor apa saja yang memengaruhi konsentrasi.

Liputan6.com, Jakarta Di awal tahun yang baru ini, harusnya kita mendapat semangat yang baru serta target dan pencapaian yang juga harus di upgrade. Namun memang, untuk mencapai impian atau target tersebut, nggak semudah yang dibayangkan. 

Ada saja penghalangnya hingga menyebabkan pecahnya konsentrasi. Sebelum membahas soal cara meningkatkan konsentrasi biar nggak gampang terpecah, kamu harus tahu dulu, faktor apa saja yang memengaruhi konsentrasi. 

Dikutip laman Healthline, ternyata faktor penyebab orang mengalami sulit konsentrasi adalah usia dan kurangnya waktu tidur. Seiring bertambahnya usia, ternyata terjadi penurunan kondisi otak, terutama yang berkaitan dengan daya ingat. 

Selain itu, kurangnya waktu tidur juga dapat menyebabkan hormon jadi nggak seimbang, sehingga membuatmu sulit berkonsentrasi. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus dan berulang dalam jangka waktu lama, tentunya nggak baik untuk kesehatanmu secara keseluruhan, loh!

Lalu gimana sih caranya untuk meningkatkan konsentrasi seiring bertambahnya usia? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti di bawah ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Latih Otak

Ini adalah cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan konsentrasi. Cara mudahnya, dengan memainkan jenis permainan tertentu yang mengasah aktivitas otak untuk meningkatkan perhatian dan fokus, seperti mengisi TTS, main sudoku, catur, teka-teki gambar. Selain itu, aktivitas pelatihan otak lain yang dapat meningkatkan konsentrasi adalah beridiskusi dan banyak membaca.

 

3 dari 5 halaman

Asupan Bergizi

Memenuhi asupan makanan bisa menjadi cara untuk mengembalikan konsentrasi saat bekerja. Maka dari itu, saat memulai bekerja di pagi hari, kamu bisa mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan agar tubuh dan otak bisa bekerja dengan baik

 

4 dari 5 halaman

Mendengarkan Musik

Sebagian orang senang bekerja dalam keheningan, mereka akan merasa sulit berkonsentrasi dengan kebisingan seperti suara musik. Namun sebagian lagi justru senang bekerja sambil mendengarkan musik. 

Ya, mendengarkan musik memiliki beberapa manfaat seperti membuat suasana bagi lebih baik, meningkatkan motivasi, dan meningkatkan memori dan stimulasi otak.Namun musik nggak memengaruhi semua orang dengan cara yang sama. Menurut mereka yang senang mendengarkan musik saat sedang belajar atau bekerja, beberapa jenis musik diyakini dapat meningkatkan konsentrasi dan memori. 

 

5 dari 5 halaman

Kualitas Tidur

Gagal mendapatkan tidur malam yang berkualitas, bukan hanya memengaruhi suasana hati dan kinerjamu saat bekerja loh. Namun juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik, disarankan untuk mematikan TV dan menyingkirkan smartphone satu jam sebelum tidur. Jaga kamar pada suhu yang nyaman dan sejuk. Selain itu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan tetap terjaga selama tidur.

Kamu nggak boleh lupa untuk minum air mineral berkualitas ya! Pilihlah air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi air mineral berkualitas dapat membuat terasa segar saat bangun tidur, dengan begitu saat beraktivitas kamu jadi lebih mudah berkonsentrasi. 

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini