Sukses

Ki Joko Bodo, Tak Lagi Geluti Dunia Supranatural Sebelum Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Agus Yulianto atau yang lebih dikenal dengan nama Ki Joko Bodo dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (22/11/2022) pagi. Kabar tersebut disampaikan oleh salah satu rekannya Ki Prana Lewu dan telah dikonfirmasi oleh sang anak.

Belum diketahui pasti apa yang menjadi penyebab Ki Joko Bodo meninggal dunia. Namun beberapa tahun lalu, dirinya sempat mengalami sakit hingga tak bisa berjalan. Tak lama, kondisinya diketahui membaik dan menggunakan alat bantu jalan.

Seperti diketahui, pria yang lahir di Singaraja, Bali ini dikenal luas sebagai individu yang menggeluti dunia supranatural. Selama bertahun-tahun, tak sedikit masyarakat yang percaya pada kemampuan mendiang Ki Joko Bodo di dunia paranormal.

Mendiang Ki Joko Bodo pun sempat mengungkapkan bahwa dirinya telah meninggalkan dunia supranatural tersebut dan memutuskan untuk hijrah. Ia mengaku bahwa dulu dirinya sempat menentang ayat-ayat Tuhan.

"Kalau menurut aku dari perbuatan-perbuatan yang melanggar hukum terhadap Tuhan, aku akan merasa lebih baik (kalau hijrah). Tadinya aku sangat menentang ayat-ayat Tuhan," ujar Ki Joko Bodo mengutip tayangan Hot Shot SCTV pada September 2022 lalu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pedulikan Kondisi Kesehatannya

Dalam kesempatan berbeda, pria berusia 57 tahun ini sempat mengaku ingin menjaga kondisi seiring bertambahnya usia. Menurutnya, saat tua, ada pertanda yang diberikan oleh alam dari Tuhan.

"Makin lama manusia itu makin bertambah umurnya. Kita harus menjaga semua penyakit. Aku selalu jaga kesehatan saja," kata mendiang Ki Joko Bodo dalam wawancara bersama Hot Issue Pagi Indosiar setahun lalu.

"Cuma yang kita tidak bisa melawan itu ketika rambut mulai memutih, kulit mulai mengendur, atau gigi mulai ompong. Itu adalah tanda-tanda alam yang diberikan Tuhan kepada manusia, kepada kita-kita orang," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Upaya Ki Joko Bodo untuk Hijrah

Sedangkan berdasarkan penjelasan putrinya Ayda Prasasti, sang ayah melakukan perubahan secara perlahan. Ternyata perubahan yang dilakukan oleh Ki Joko Bodo dilakukan tiba-tiba.

"Ayah itu enggak bilang apa-apa, tiba-tiba sudah potong rambut saja. Terus ngeliat, ayah sudah shalat. Kalau dengar adzan pada saat itu juga harus berhenti. Resmi selesai titik baliknya sekitar 2018," ujar Ayda mengutip Showbiz Liputan6.com.

Ki Joko Bodo pun mengaku hijrahnya tidak ingin diketahui oleh awak media. Dirinya menyampaikan pesan tersebut pada Ayda.

"Sebenarnya ayah itu perlahan gitu lho (hijrahnya), dan dia waktu (hijrah) itu sudah bilang enggak mau diliput sama media," kata Ayda.

4 dari 4 halaman

Bendera Kuning dan Ucapan Duka Cita

Dalam unggahan terbaru Ayda, terlihat bendera kuning yang dipasang di depan rumah Ki Joko Bodo. Tak ada keterangan apapun yang dituliskan oleh Ayda dalam unggahan itu.

Namun, dalam foto terakhir yang diunggah Ayda pada laman Instagram, terdapat puluhan ucapan duka cita yang menghampiri untuk ayahnya tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.