Sukses

Bermain Musik dan Sederet Cara Ini Ampuh Tingkatkan Kecerdasaan

Lakukan hal-hal di bawah ini untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang percaya bahwa kecerdasan merupakan kemampuan bawaan yang tidak bisa diubah. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan IQ Anda.

Selain itu, percaya pada strategi yang mengklaim dapat meningkatkan IQ hanya buang-buang waktu.

Sebaliknya, Anda akan menemukan beberapa metode yang didukung sains untuk meningkatkan kecerdasan otak serta mempelajari metode mana yang perlu diabaikan, menurut situs WebMD.

1. Mengadopsi Pola Pikir Berkembang

Hal terpenting yang dapat dilakukan jika ingin menjadi lebih pintar adalah percaya bahwa Anda bisa. Pola pikir berkembang adalah keyakinan bahwa otak Anda seperti otot yang tumbuh lebih kuat jika digunakan.

Sebaliknya, pola pikir tetap adalah keyakinan bahwa kecerdasan adalah sesuatu yang dimiliki sejak lahir, dan Anda tidak dapat berbuat banyak untuk mengubahnya.

Dalam sebuah studi tahun 2019, siswa yang diajari prinsip-prinsip pola pikir berkembang masuk di kelas matematika yang lebih tinggi dan mendapat nilai yang lebih tinggi di kelas-kelas tersebut.

Siswa dengan teman sebaya yang mendukung ide-ide di balik pola pikir berkembang juga menunjukkan peningkatan yang lebih besar. Mengelilingi diri dengan orang-orang yang percaya Anda bisa menjadi lebih pintar akan memudahkan untuk mencapai tujuan.

2. Pelajari Sesuatu yang Baru

Meskipun mempelajari hampir semua hal baru dapat membuat Anda lebih pintar, ada beberapa mata pelajaran yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan otak.

a. Belajar bermain alat musik

Belajar memainkan alat musik membutuhkan kemampuan multitasking. Ini dapat meningkatkan koneksi di otak serta meningkatkan memori verbal, penalaran spasial, serta keterampilan melek huruf.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

b. Mempelajari bahasa asing

Belajar bahasa asing melindungi otak dari beberapa dampak negatif penuaan. Ini juga dapat meningkatkan kemampuan membaca, keterampilan verbal, dan kecerdasan umum.Dampak tersebut dapat diperoleh baik Anda belajar bahasa kedua sebagai seorang anak atau orang dewasa.

c. Membaca buku

Membaca adalah cara yang bagus untuk mempelajari subjek atau keterampilan baru. Namun, manfaat membaca tidak terbatas pada membaca buku nonfiksi. Bahkan, menghabiskan waktu membaca thriller terbaru dapat membuat Anda lebih pintar.

Membaca membangun kosa kata serta struktur otak Anda. Membaca selama 20 menit per hari membuat Anda belajar lebih dari 1,8 juta kata per tahun.

3. Abaikan Permainan yang Mengklaim Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Satu hal yang tidak akan membuat Anda lebih pintar adalah bermain game yang menjanjikan dapat meningkatkan kecerdasan. Pembuat game pelatihan otak ingin Anda percaya bahwa dengan memainkan game di ponsel selama beberapa menit sehari dapat meningkatkan kecerdasan otak.

Sayangnya, penelitian tidak mendukung hal tersebut. Bermain game pelatihan otak membuat Anda menjadi lebih baik dalam game tersebut. Namun, efeknya tidak terbawa ke tugas lain.

3 dari 4 halaman

4. Tubuh Sehat, Pikiranpun Sehat

 Anda sudah tahu pentingnya makan sehat, berolahraga, dan tidur yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat. Perlu diingat bahwa hal yang bermanfaat bagi tubuh juga bermanfaat bagi pikiran Anda.

a. Konsumsi makanan yang sehat

Makan banyak buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian tidak hanya baik untuk jantung dan lingkar pinggang Anda. Makanan yang membuat Anda lebih sehat dapat melindungi otak agar tidak kehilangan fungsinya seiring bertambahnya usia. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mencakup:

-Sayuran berdaun hijau

-Ikan berlemak

-Aneka beri

-Teh dan kopi

-Kenari

b. Tidur yang cukup

Sebuah studi terhadap siswa sekolah dasar menemukan bahwa siswa yang tidur kurang dari 8 jam tiap malamnya mendapat skor lebih rendah pada tes kecerdasan verbal, IQ skala penuh, pemahaman verbal, memori, dan perhatian daripada siswa yang tidur setidaknya selama 8 jam.

Bahkan, sedikit kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan belajar Anda.

4 dari 4 halaman

c. Berolahraga

Sama seperti konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur dapat memberi Anda tubuh dan otak yang sehat. Olahraga juga mengurangi resistensi insulin. Ini mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga tubuh dapat menghasilkan lebih banyak faktor pertumbuhan (growth factors).

Ini merupakan bahan kimia di otak yang mempengaruhi pertumbuhan pembuluh darah baru di otak. Growth factors memengaruhi berapa banyak sel otak yang dimiliki dan berapa banyak sel otak baru yang dapat dimiliki.

Orang yang berolahraga memiliki area otak yang mengontrol pikiran dan memori lebih besar daripada orang yang tidak. Olahraga teratur juga dapat meningkatkan suasana hati dan tidur. Ini berdampak positif pada kecerdasan Anda.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus berlari maraton agar otak berkembang. Dalam sebuah penelitian, orang yang berjalan 120 menit (2 jam) per minggu mengalami peningkatan fungsi otak.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu berpusing-pusing memikirkan berbagai olahraga berat. Cukup lakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini