Sukses

Mengenal Teratoma, Tumor Langka yang Berisi Tulang dan Gigi

Teratoma merupakan sejenis tumor langka yang berisi jaringan serta organ seperti kulit, gigi, otot, tulang, dan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Teratoma adalah jenis tumor yang berisi jaringan atau organ seperti kulit, gigi, otot, tulang, dan rambut. Tumor satu ini bersifat langka. Mengenai keganasan, teratoma dapat bersifat ganas atau jinak. 

Tumor ini dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Teratoma dapat didiagnosis sebelum lahir melalui sonogram yang diambil selama kehamilan. Teratoma juga terlihat pada bayi baru lahir, anak-anak, dan remaja.

Kasus teratoma kerap ditemukan di ovarium (organ yang menghasilkan telur), testis (organ yang menghasilkan sperma), dan tulang ekor pada bayi. Teratoma juga dapat terbentuk di leher dan dada. Seringkali, teratoma terbentuk dari tumor sel germinal yang mengandung jenis sel lain seperti mengutip situs Verywell Health.

Teratoma diklasifikasikan sebagai teratoma matang (mature) atau belum matang (immature). Kedua jenis ini memerlukan penanganan medis seperti operasi.

1. Teratoma matang

Teratoma matang awalnya jinak tetapi bisa menjadi ganas jika tidak diobati. Teratoma ini sering didiagnosis sebelum lahir atau pada bayi baru lahir.

Tumor ini dapat tumbuh sangat besar tetapi tidak menyebar ke seluruh tubuh, seperti yang dilakukan sel kanker. Teratoma matang terbentuk dan tumbuh di dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan kompresi organ internal.

Teratoma juga bisa tumbuh di bagian luar tubuh. Ini lebih mungkin diidentifikasi pada USG. Beberapa teratoma dewasa terbentuk baik di dalam maupun di luar tubuh.

2. Teratoma belum matang

Sekitar 1 persen dari semua teratoma belum matang. Jenis ini termasuk tumor ganas. Teratoma yang belum matang kemungkinan besar ditemukan di ovarium wanita atau testis pria. Teratoma ini biasanya didiagnosis pada remaja dan dewasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Teratoma

Dilansir dari situs WebMD, tidak mudah untuk mengetahui apakah seseorang memiliki teratoma. Seringkali teratoma terlihat seperti kista, atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Orang dengan teratoma mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun pada awalnya. Setelah gejala muncul, itu dapat bervariasi tergantung di mana tumor berada. Gejala teratoma pada umumnya meliputi:

-Nyeri

-Perdarahan

-Pembengkakan

-Sedikit peningkatan kadar hormon BhCG (beta-human chorionic gonadotropin)

-Sedikit peningkatan kadar penanda tumor AFP (alpha-fetoprotein).

Jika melihat benjolan di tubuh, segera buat janji dengan dokter. Jika dokter mencurigai Anda memiliki teratoma, ia akan mengajukan pertanyaan tentang kesehatan umum dan riwayat medis Anda dan melakukan pemeriksaan fisik.

Dokter Anda juga dapat meminta tes seperti:

-X-ray, USG, pemindaian tulang, MRI, dan CT untuk melihat di mana tumor berada dan bagaimana penyebarannya.

-Tes darah untuk memeriksa kadar hormon yang mungkin mengindikasikan adanya tumor.

-Biopsi untuk melihat apakah teratoma ganas atau jinak.

3 dari 4 halaman

Diagnosis Teratoma

Teratoma hanya bisa diangkat melalui pembedahan, menurut situs Verywell Health. Teratoma matang (jinak) memiliki ukuran sangat besar dan dapat merusak.

Meskipun tidak ganas, ini dapat berdampak buruk pada bayi baru lahir ketika tidak diobati. Teratoma matang juga bisa menjadi kanker seiring berjalannya waktu

Jika teratoma didiagnosis selama kehamilan, Anda akan memiliki banyak sonogram untuk melihat pertumbuhan dan ukuran teratoma serta dampaknya terhadap kesehatan bayi.

Dalam beberapa kasus, operasi janin dapat dilakukan untuk mengalirkan cairan dari teratoma, tetapi biasanya teratoma akan diangkat melalui pembedahan segera setelah bayi lahir.

Setelah operasi pengangkatan teratoma, anak Anda akan terus dipantau untuk melihat kemungkinan pertumbuhan kembali tumor selama beberapa tahun.

Ketika teratoma terletak di ovarium, operasi pengangkatan diperlukan. Teratoma ovarium matang diobati dengan pengangkatan sebagian atau seluruh ovarium.

Pengobatan untuk teratoma ovarium yang belum matang (ganas) meliputi kemoterapi (obat yang membunuh sel yang tumbuh cepat, seperti sel kanker) serta operasi. Perawatan yang akan dilakukan tergantung apakah tumor dapat sepenuhnya diangkat atau telah menyebar.

Teratoma testis yang matang dan belum matang biasanya diobati dengan orchiectomy, yaitu operasi pengangkatan testis.

Tumor ganas mungkin juga memerlukan kemoterapi setelah perawatan bedah.

4 dari 4 halaman

Prognosis Penderita Teratoma

Prognosis seseorang yang memiliki teratoma dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk apakah teratoma tersebut termasuk jenis ganas atau jinak.

Prosedur bedah yang dilakukan untuk menghilangkan teratoma matang pada bayi bisa jadi cukup menantang dan rumit.

Ketika operasi berhasil, prognosis bayi biasanya baik, dan ia dapat menjalani kehidupan normal. Meskipun demikian, pemantauan berkelanjutan diperlukan untuk memastikan bahwa tumor tidak kembali.

Jika seseorang memiliki teratoma ovarium yang belum matang, prognosisnya dipengaruhi oleh stadium kanker.

Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk tumor stadium 1 (paling ringan) adalah 98,3 persen. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk tumor stadium 4 (paling serius, dengan kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh) adalah 72 persen.

Teratoma testis prepubertal (terdeteksi sebelum pubertas) biasanya jinak dan memiliki prognosis yang sangat baik. Sebanyak 60 persen teratoma testis pada orang dewasa menyebar ke bagian lain. Jenis teratoma ini memiliki prognosis yang kurang baik.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.