Sukses

Jangan Asal Lahap, Simak Daftar Buah yang Tinggi dan Rendah Gula

Beberapa buah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Anda mungkin ingin menghindarinya jika sedang membatasi asupan gula. Sebaliknya, konsumsi buah yang rendah gula.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak suka buah? Sulit untuk menolak berbagai jenis buah beraneka warna yang enak dinikmati langsung setelah makan maupun dijadikan dessert ini.

Buah memang baik untuk dikonsumsi. Buah-buahan kaya akan serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Akan tetapi, buah juga mengandung gula alami.

Beberapa jenis buah mengandung gula yang lebih tinggi dari yang lainnya. Jika Anda membatasi asupan gula, penting untuk memilih buah rendah gula dan menghindari buah yang kandungan gulanya tinggi.

Berikut beberapa buah tinggi gula menurut situs WebMD yaitu:

1. Mangga

Sebuah mangga mengandung 46 gram gula. Ini tentunya bukan pilihan terbaik jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau membatasi asupan gula yang dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menikmati beberapa potong saja dan menyimpan sisanya untuk nanti.

2. Anggur

Satu cup anggur (kurang lebih 32 buah) mengandung sekitar 23 gram gula. Ini terbilang banyak untuk buah mini yang sangat mudah meletus di mulut.

Anda bisa memakannya lebih lambat jika mengirisnya menjadi dua dan membekukannya. Anggur beku dapat menjadi suguhan yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas.

3. Ceri

Kandungan gula dalam ceri jelas menunjukkan bahwa buah ini memang manis. satu cup ceri (32 hingga 40 buah) mengandung 18 gram gula.

Jika makan semangkuk besar ceri, Anda bisa kehilangan jejak berapa banyak gula yang dikonsumsi. Takar ceri sebelum mengonsumsinya sehingga Anda tahu persis berapa banyak gula yang diperoleh tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Semangka

Seiris semangka mengandung 17 gram gula. Buah ini sarat dengan air, dan mengandung mineral yang disebut elektrolit yang dibutuhkan tubuh Anda untuk mengisi ulang energi setelah diterpa sinar mentari selama beberapa waktu. Anda cukup makan satu atau dua potong saja.

5. Buah ara

Buah ara atau buah tin memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Dua buah ara berukuran sedang mengandung 16 gram gula. Jika Anda mencoba untuk membatasi asupan gula, iris beberapa potong dan oleskan keju kambing di atasnya untuk suguhan kaya protein.

6. Pir

Sebuah pir berukuran sedang mengandung 17 gram gula. Jika Anda mencoba mengurangi kandungan gulanya, jangan makan semuanya. Cukup masukkan beberapa potong pir ke yogurt rendah lemak atau masukkan ke dalam salad.

Buah-buahan di atas memang mengandung gula yang cukup tinggi. Namun, tidak masalah untuk mengonsumsinya asalkan tidak berlebihan.

Meskipun demikian, jika Anda mencari alternatif lain dengan kandungan gula lebih rendah, buah-buahan di bawah ini cocok untuk dijadikan pilihan.

3 dari 4 halaman

1. Alpukat

Tidak semua buah tinggi gula. Alpukat utuh hanya mengandung 1,33 gram gula. Buah ini juga mudah dipadu padankan ke dalam menu makan Anda.

Misalnya, campurkan alpukat ke dalam salad, oleskan di atas roti panggang, atau buat guacamole. Akan tetapi, meski rendah gula, alpukat tinggi kalori. Oleh karena itu, mungkin bukan ide yang baik untuk mengonsumsi alpukat setiap waktu.

2. Jambu biji

Tiap jambu biji mengandung 5 gram gula dan sekitar 3 gram serat. Ini lebih banyak dari yang Anda dapatkan dari satu porsi nasi merah atau sepotong roti gandum. Bahkan, Anda bisa memperoleh lebih banyak serat jika menambahkan jambu biji yang tidak dikupas ke smoothie.

3. Raspberry

Meskipun kecil, raspberry kaya akan serat, yaitu 8 gram per cup (4,41 ons) dengan kandungan gula hanya 5 gram. Serat baik untuk pencernaan dan dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dengan lebih sedikit kalori yang dikonsumsi.

Raspberry memiliki ukuran sempurna untuk dilahap satu per satu. Selain itu, raspberry juga bisa dinikmati bersama krim kocok.

4 dari 4 halaman

4. Cantaloupe

Cantaloupe merupakan sejenis melon yang dapat dinikmati oleh Anda yang membatasi jumlah asupan gula harian. Bagaimana tidak, satu irisan sedang cantaloupe hanya mengandung 5 gram gula dan 23 kalori.

5. Pepaya

Pepaya juga bisa dijadikan pilihan tepat untuk menikmati buah tanpa khawatir kelebihan asupan gula. Ini karena seseparuh pepaya kecil hanya mengandung 6 gram gula.

Jika dibandingkan dengan buah lainnya, bahkan pepaya kecil pun terbilang cukup besar. Jadi, separuh pepaya sebenarnya adalah porsi pas untuk diknsumsi sekali duduk. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan taburan garam, atau sesendok yogurt beku untuk dinikmati bersama.

6. Stroberi

Secangkir stroberi utuh (6 ons atau sekitar 8 stroberi berukuran besar) hanya mengandung 7 gram gula. Stroberi bisa dikonsumsi secara langsung, atau ditambahkan ke  salad, yogurt, maupun smoothie.

Jika Anda menyukai oatmeal, beberapa stroberi yang diiris tipis juga cocok ditambahkan ke dalamnya untuk menu sarapan sehat Anda. Selain itu, stroberi juga bisa dibuat menjadi jus. Akan tetapi, ingat soal gula tambahan yang dimasukkan bila membuat jus.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini