Sukses

Agar Kualitas Tidur Semakin Meningkat, 5 Cara Ini Bisa Kalian Terapkan ya!

Sebagian orang masih terjebak dalam kebiasaan dan kualitas tidur yang kurang baik.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang masih terjebak dalam kebiasaan dan kualitas tidur yang kurang baik. Banyak faktor yang memengaruhi itu bisa terjadi, salah satunya dikarekana pola hidup yang tidak teratur.

Selain itu, tingkat stres seseorang bisa menjadi faktor sebagian orang mengalami kesulitan untuk tidur. Secara kesehatan, tidur merupakan aktivitas yang sangat penting agar tubuh tetap bugar dalam menjalani berbagai aktivitas.

Ketika kualitas tidur tidak baik, banyak hal negatif yang dapat memengaruhi kondisi tubuh, mulai dari mudah emosi, mood yang swing, memori pada otak menurun, hingga produktivitas yang menurun. Selain itu, kualitas tidur yang buruk juga bisa mengakibatkan hipertensi, penyakit kardiovaskular, hingga dislipidemia.

Untuk itu, kalian harus menyusun pola tidur yang teratur untuk menciptakan kualitas tidur yang baik. Berikut ini 5 langkah untuk meningkatkan kualitas tidur ya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Atur Jadwal Tidur

Untuk menjaga kemampuan otak dan menjadikan tubuh tetap bugar, memiliki jadwal tidur yang ditetapkan menjadi sebuah hal yang sangat penting. Kalian bisa mengatur jadwal untuk bangun tidur, waktu tidur, dan lakukan penyesuaian tersebut secara bertahap.

Kalian bisa memulai dari bangun tidur lebih awal atau sesuai dengan apa yang dianjurkan, yaitu 7 jam. Misalnya, jika kalian ingin bangun jam 4 pagi, maka setidaknya harus tidur jam 9 malam. Yang terpenting, kebiasaan ini harus diterapkan untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik di siang hari.

2. Hindari Blue Light

Terlalu banyak terpapar blue light bisa menyebabkan tidak teraturnya jam tidur. Blue light memiliki efek negatif untuk kesehatan tubuh kita lho! Cahaya tersebut dapat menekan pelepasan melatonin tubuh (hormon yang membuat kita merasa kantuk).

Agar kualitas tidur membaik, kalian harus melepaskan ponsel 2 atau 3 jam sebelum tidur ya! Cari aktivitas lain agar tidak bosan, salah satunya membaca buku!

3. Batasi Konsumsi Kafein

Sudah menjadi hal lumrah kalau kafein bisa membuat kita terjaga lebih lama. Kafein memiliki sifat stimulan atau bisa membuat kita melek di jam tidur. Untuk itu, konsumsi kafein harus dibatasi jika ingin meningkatkan kualitas tidur.

4. Batasi Asupan Sebelum Tidur

Selain kita harus membatasi konsumsi kafein, kalian juga harus membatasi untuk tidak makan 3 jam sebelum tidur ya! Ini dilakukan untuk meminimalisir gangguan pencernaan yang akan mengganggu aktivitas tidur.

Jika memang merasa lapar sebelum tidur, ada baiknya kalian mengonsumsi sayur atau buah untuk mengganjal rasa lapar. Atau kalian bisa mengatur pola makan ya!

5. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Baik

Selain hal yang berkaitan dengan tubuh, lingkungan di sekitar kalian juga bisa memengaruhi kualitas tidur. Lingkungan tidur yang baik bisa memberikan kenyamanan dan meningkatkan kualitas tidur. 

Ketika kalian memiliki bantal atau kasur yang tidak nyaman, pasti akan menimbulkan rasa sakit di sekitar leher yang akan mengganggu produktivitas. Selain itu, jika teramat banyak cahaya dalam lingkungan tidur, pasti akan mengganggu mata ketika sedang beristirahat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.