Sukses

8 Fakta Pemakaman Ratu Elizabeth II, Salah Satunya Sudah Dipersiapkan Selama 20 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lebih dari sepekan sejak meninggal dunia, mendiang Ratu Elizabeth II telah resmi dimakamkan pada 19 September 2022. Pemakaman Ratu Elizabeth II pun menjadi salah satu momen bersejarah di dunia.

Banyak fakta-fakta menarik yang akhirnya terungkap dari ratu yang menjabat Kerajaan Inggris selama lebih dari 70 tahun. Pemakaman Ratu Elizabeth II bahkan layak apabila dinobatkan sebagai salah satu pemakaman paling bersejarah.

Lalu, apa sajakah fakta-fakta menarik seputar pemakaman Ratu Elizabeth II? Mengutip Insider pada Selasa (20/9/2022), berikut diantaranya.

1. Lokasi Pemakaman

Lokasi pemakaman yang digunakan oleh Ratu Elizabeth II merupakan tempat yang sama saat dirinya menikah dengan Pangeran Philip, yakni di Westminster Abbey pada tahun 1947 lalu.

Kemudian, pada tahun 1953, Ratu Elizabeth juga dimahkotai di lokasi yang sama setelah kematian ayahnya setahun sebelumnya. Westminster Abbey juga merupakan gereja tempat di mana Pangeran William dan Kate Middleton menikah pada 2011.

Pemakaman Ratu Elizabeth II merupakan pemakaman kerajaan pertama yang diadakan di Westminster Abbey sejak abad ke 18, dan pemakaman kenegaraan pertama sejak Winston Churchill pada tahun 1965.

2. Peti Mati Dihiasi Benda Simbolis

Terdapat beberapa barang simbolis yang berada di atas peti mati Ratu Elizabeth II. Selain bendera, terdapat pula Mahkota Negara Kekaisaran, Tongkat Kerajaan, dan Sovereign's Orb.

Mahkota tersebut secara khusus dibuat untuk ayah Ratu Elizabeth II. Sedangkan tongkat kerajaan mewakili kekuatan raja di dunia, dan Orb mewakili kekuatannya di dunia Kristen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

3. Telah Dipersiapkan Selama 20 Tahun

Edward Fitzalan-Howard, yang memegang gelar sebagai Duke of Norfolk ke 18 telah mempersiapkan pemakaman Ratu Elizabeth II selama 20 tahun terakhir.

Selain menjadi adipati, Edward Fitzalan-Howard adalah panglima tertinggi di Inggris. Alhasil, ia memegang tugas untuk merencanakan pembukaan parlemen negara bagian, pemakaman kenegaraan kerajaan, dan penobatan raja baru.

"Saya bertekad untuk tidak membebankan biaya sepeser pun kepada negara atas pekerjaan saya sebagai earl marshal," ujar Edward kepada The Times.

4. Peti Mati Ratu Elizabeth II Sama dengan Ayahnya

Peti mati Ratu Elizabeth II diangkut dengan Kereta Senjata Negara Angkatan Laut Kerajaan dari Westminster Hall ke Westminster Abbey untuk upacara pemakaman kenegaraan.

Kereta tersebut ditarik oleh 142 pelaut, yang telah digunakan untuk pemakaman raja-raja lainnya termasuk ayah mendiang Ratu Elizabeth II. Sebelumnya, peti mati Raja Edward VII, Raja George V, dan Raja George VI semuanya dibawa di kereta tersebut.

3 dari 4 halaman

5. Corgi Ratu Elizabeth II Ikut Beri Penghormatan

Corgi kesayangan Ratu Elizabeth II ikut menunggu prosesi di Kastil Windsor. Dari banyaknya foto-foto yang beredar, terlihat dua corgi kesayangan Ratu Elizabeth II, Muick dan Sandy yang menunggu di luar kastil ketika mobil jenazah tiba.

Menurut BBC, Pangeran Andrew akan mengadopsi corgi ibunya.

Salah satu kuda favorit Ratu, Emma, juga menunggu di luar kastil bersama pelatih Terry Pendry, yang sering berkuda bersama Ratu.

6. Request Khusus dari Raja Charles III

Raja Charles III meminta karangan bunga khusus untuk peti mati ibunya Ratu Elizabeth II lengkap dengan sebuah catatan khusus. Seiring dengan mahkota, tongkat kerajaan, dan bola, ada karangan bunga yang diletakkan di peti mati.

"Karangan bunga itu berisi dedaunan Rosemary, English Oak dan Myrtle (dipotong dari tanaman yang tumbuh dari Myrtle di buket pernikahan Ratu), dan bunga dalam nuansa emas, merah muda dan merah anggur tua, dengan sentuhan putih, dipotong dari taman Royal Residences," tulis keterangan Keluarga Kerajaan Inggris.

Kemudian, sebuah kartu tulisan tangan dari putranya, Raja Charles III ditempatkan di peti mati. Kartu itu bertuliskan 'Dalam kenangan penuh kasih dan pengabdian, Charles R."

4 dari 4 halaman

7. Tempat Duduk Raja Charles III

Dalam prosesi upacara pemakaman Ratu Elizabeth III, Raja Charles III diketahui duduk di tempat yang sama saat seperti Ratu Elizabeth III duduk di pemakaman Pangeran Philip pada 2021.

Ketika Ratu berduka atas kematian suaminya di Kapel St. George pada April 2021, dia duduk sendirian di bagian bangku. Untuk pelayanan setia ibunya, Raja Charles duduk di kursi yang sama di kapel. Tapi kali ini, dia dikelilingi oleh bangsawan lain.

8. Ratu Elizabeth II Ikut Rancang Mobil Jenazahnya

Sebelum kematiannya, Ratu Elizabeth II menyetujui desain State Hearse yang akan membawa peti matinya. Ini dirancang oleh Royal Household dan Jaguar Land Rover.

Finishing pada mobil jenazah adalah Royal Claret, yang memiliki warna yang sama dengan kendaraan kerajaan dan negara lainnya. Kendaraan itu juga dihiasi dengan sandi kerajaan pribadi Ratu Elizabeth II.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS