Sukses

Pangeran George dan Putri Charlotte Hadir di Pemakaman Ratu Elizabeth II, Semobil dengan Camilla

Liputan6.com, London - Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II tengah berlangsung. Kate Middleton nampak baru saja tiba di Westminster Abbey ditemani oleh Pangeran George dan Putri Charlotte.

Kate Middleton, Pangeran George, dan Putri Charlotte tiba di sana bersama dengan istri Raja Charles III atau Queen Consort, Camilla Bowles. Mereka berempat datang dalam satu mobil yang sama.

Anak bungsu Pangeran William dan Kate Middleton, Pangeran Louis yang berumur empat tahun nampak tak hadir dalam prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal tersebut lantaran Pangeran Louis dinilai masih terlalu kecil.

Sehingga, Kate Middleton hanya ditemani oleh dua anaknya Pangeran George dan Putri Charlotte dalam momentum tersebut.

Sebelumnya, Raja Charles III dan Pangeran William berada dalam satu mobil berbeda dan sudah tiba lebih dulu dan masuk lebih dulu di Westminster Abbey.

Saat ini, peti mati Ratu Elizabeth II tengah dibawa untuk menuju Westminster Abbey dan akan diletakan di tengah aula. Pangeran Harry terlihat berdiri di belakang peti jenazah Ratu Elizabeth II tanpa mengenakan seragam militer.

Mengutip laman Page Six, Pangeran William dan Kate Middleton nantinya akan berjalan di depan kedua anak mereka. Pada barisan setelahnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan mengikuti di belakang keluarga tersebut.

Namun, yang terjadi adalah Pangeran George jalan berdampingan dengan Pangeran William dan Putri Charlotte berjalan di samping ibunya, Kate Middleton.

Setidaknya ada 500 pejabat asing yang datang pada acara pemakaman Ratu Elizabeth II. Termasuk Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden yang sudah tiba sejak pukul empat kurang waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Pangeran George dan Putri Charlotte Sebelumnya Absen

Selama sepekan berlalu menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II, kehadiran Pangeran George dan Putri Charlotte memang tidak terlihat. Baru pada hari inilah, keduanya akan tampil mengiringi kepergian nenek buyutnya tersebut.

Kate Middleton sebelumnya dikabarkan tinggal di rumah bersama Pangeran William dan ketiga anaknya. Mereka sekeluarga hanya bergabung dengan anggota keluarga dekat lainnya di Kastil Balmoral beberapa jam sebelum Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Dalam sebuah pernyataan resmi, The Royal Family mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia dengan damai di Kastil Balmoral pada tanggal 8 September 2022.

"Kepergian ibunda saya yang tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan yang teramat dalam bagi saya dan seluruh anggota keluarga," ujar Raja Charles III dalam pernyataan resmi yang diunggah di laman Instagram @theroyalfamily.

Raja Charles III mengungkapkan bahwa mereka sangat berduka usia kehilangan pemimpin sekaligus ibu yang mereka sayangi. Ia pun memahami bahwa kepergian ibunya akan membawa duka pada banyak orang di seluruh dunia.

3 dari 3 halaman

Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Disambut Ribuan Orang

Sebelumnya pada Selasa, 13 September 2022, mobil jenazah yang membawa peti mati mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya tiba di Istana Buckingham, London. Puluhan ribu orang nampak menanti di tengah hujan lebat yang mengguyur demi menyambut pemimpin terlama di Kerajaan Inggris tersebut.

Pada malam yang gelap itu, mobil jenazah Ratu Elizabeth berjalan perlahan dari bandara terdekat melalui London. Perjalanan tersebut dikelilingi oleh kerumunan orang yang berdiri sepanjang rute.

Tak sedikit warga yang melempar bunga maupun yang rela berlari untuk melihat sekilas peti mati Ratu Elizabeth. Saat memasuki halaman Istana Buckingham, para polisi yang memimpin jalan juga berhenti untuk menundukkan kepala.

"Raja Charles III yang baru saja diangkat pada pekan lalu telah berkumpul untuk menerima peti mati Ratu Elizabeth bersama dengan tiga saudara kandungnya, dua putranya William dan Harry, dan anggota senior keluarga kerajaan lainnya," ujar juru bicara Istana Buckingham mengutip Channel News Asia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS