Sukses

Pangeran William dan Kate Middleton Akan Bawa Dua Anaknya ke Pemakaman Ratu Elizabeth II

Pangeran George dan Putri Charlotte, anak Pangeran William dan Kate Middleton akan ikut saat pemakaman Ratu Elizabeth II.

Liputan6.com, Jakarta Pemakaman Ratu Elizabeth II akan digelar hari ini, Senin 19 September 2022. Keluarga Kerajaan Inggris termasuk Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan akan membawa dua anaknya, Pangeran George dan Putri Charlotte.

Pangeran George (9) dan Putri Charlotte (7) akan ikut berjalan dalam prosesi dengan keluarga Kerajaan Inggris mengikuti peti mati saat memasuki gereja di Westminster Abbey, London, Inggris.

Sedangkan Pangeran Louis, anak bungsu Pangeran William dan Kate Middleton yang berusia 4 tahun dikabarkan tidak akan hadir dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal tersebut lantaran Pangeran Louis dinilai masih terlalu kecil.

Mengutip laman Page Six, anak-anak kerajaan akan berada di antara 500 pejabat asing, termasuk Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II.

Pangeran William dan Kate Middleton nantinya akan berjalan di depan kedua anak mereka. Pada barisan setelahnya, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan mengikuti di belakang keluarga tersebut.

"Dia (Kate Middleton) mengatakan bahwa mereka akan menjaga hal-hal senormal mungkin untuk anak-anak," ujar salah satu penggemar soal apa yang diungkapkan Kate Middleton saat bertemunya di luar Sandringham pekan lalu.

"Dia juga mengatakan bahwa anak-anak beradaptasi dengan baik di sekolah baru mereka dan Kate Middleton berterima kasih atas dukungan yang diberikan. Saya bercanda kalau saya juga harus cepat karena harus mengerjakan tugas sekolah dan dia berkata akan kembali ke London untuk melakukannya juga," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pangeran George dan Putri Charlotte Sebelumnya Absen

Selama sepekan berlalu menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II, kehadiran Pangeran George dan Putri Charlotte memang tidak terlihat. Baru pada hari inilah, keduanya akan tampil mengiringi kepergian nenek buyutnya tersebut.

Kate Middleton sebelumnya dikabarkan tinggal di rumah bersama Pangeran William dan ketiga anaknya. Mereka sekeluarga hanya bergabung dengan anggota keluarga dekat lainnya di Kastil Balmoral beberapa jam sebelum Istana Buckingham mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Dalam sebuah pernyataan resmi, The Royal Family mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia dengan damai di Kastil Balmoral pada tanggal 8 September 2022.

"Kepergian ibunda saya yang tercinta, Yang Mulia Ratu, merupakan momen kesedihan yang teramat dalam bagi saya dan seluruh anggota keluarga," ujar Raja Charles III dalam pernyataan resmi yang diunggah di laman Instagram @theroyalfamily.

Raja Charles III mengungkapkan bahwa mereka sangat berduka usia kehilangan pemimpin sekaligus ibu yang mereka sayangi. Ia pun memahami bahwa kepergian ibunya akan membawa duka pada banyak orang di seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Peti Jenazah Ratu Elizabeth II Disambut Ribuan Orang

Sebelumnya pada Selasa, 13 September 2022, mobil jenazah yang membawa peti mati mendiang Ratu Elizabeth II akhirnya tiba di Istana Buckingham, London. Puluhan ribu orang nampak menanti di tengah hujan lebat yang mengguyur demi menyambut pemimpin terlama di Kerajaan Inggris tersebut.

Pada malam yang gelap itu, mobil jenazah Ratu Elizabeth berjalan perlahan dari bandara terdekat melalui London. Perjalanan tersebut dikelilingi oleh kerumunan orang yang berdiri sepanjang rute.

Tak sedikit warga yang melempar bunga maupun yang rela berlari untuk melihat sekilas peti mati Ratu Elizabeth. Saat memasuki halaman Istana Buckingham, para polisi yang memimpin jalan juga berhenti untuk menundukkan kepala.

"Raja Charles III yang baru saja diangkat pada pekan lalu telah berkumpul untuk menerima peti mati Ratu Elizabeth bersama dengan tiga saudara kandungnya, dua putranya William dan Harry, dan anggota senior keluarga kerajaan lainnya," ujar juru bicara Istana Buckingham mengutip Channel News Asia.

4 dari 4 halaman

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Proses pemakaman Ratu Elizabeth dikabarkan akan berlangsung di Westminster Abbey pada pukul 11.00 waktu setempat. Westminster Abbey merupakan gereja tempat dimana raja dan ratu Inggris dimahkotai.

Termasuk tempat dimana Ratu Elizabeth II dinobatkan pada tahun 1953. Westminster Abbey juga merupakan tempat dimana dia menikah dengan Pangeran Philip pada tahun 1947.

Mengutip laman BBC, kepala negara dari berbagai belahan dunia akan terbang untuk bergabung dengan anggota Keluarga Kerajaan Inggris untuk mengingat kehidupan dan pelayanan Ratu Elizabeth II. Begitupun dengan politisi senior Inggris dan mantan perdana menteri.

Ratu Elizabeth nantinya akan dimakamkan di dalam St George's Chapel, di halaman Kastil Windsor, di samping makam Pangeran Philip. Proses arak-arakan juga akan dilakukan dengan anggota keluarga lainnya.

Pada Senin 19 September 2022, peti mati Ratu Elizabeth II kemudian akan melakukan perjalanan untuk prosesi terakhir di Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan.

Setelah upacara selesai, peti matinya kemungkinan akan diturunkan ke Royal Vault, yang terletak di bawah kapel, tempat banyak anggota keluarga kerajaan dimakamkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.