Sukses

7 Buah dan Sayur Ini Dapat Mengganti Sarapan Roti

Bosan makan roti untuk sarapan bisa diganti buah dan sayur

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang menganggap sarapan dengan roti dan mentega itu pilihan yang cepat. Padahal, roti merupakan makanan berkarbohidrat tinggi.

Anda bisa mencari alternatif yang sehat dengan mencoba beberapa jenis sayur serta buah-buahan untuk sarapan.

"Dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran, jumlah nutrisi penting dalam roti agak rendah. Ini agak mengandung banyak kalori dan karbohidrat dan rendah protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral," kata Konsultan, Ahli Diet atau Nutrisi, Roopshree Jaiswal, dikutip dari Healthshot pada Selasa, 20 September 2022.

Jaiswal mengatakan ada banyak makanan sehat yang dapat menggantikan roti di meja Anda, yakni buah-buahan dan sayuran segar.

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang luar biasa membuat mereka sehat.

Berikut tujuh buah dan sayuran yang akan menggantikan roti pada sarapan Anda:

1. Kentang

Kentang tinggi kandungan karbohidrat dan serat yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan berat badan.

Menambahkan kentang dalam sarapan akan memberi Anda karbohidrat kompleks yang baik untuk Anda yang mengikuti rezim latihan kardio yang intens.

2. Paprika

Paprika ini dapat menambah warna pada makanan. Selain itu, paprika kaya akan beberapa nutrisi penting termasuk vitamin A dan C, kalium, asam folat, dan serat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Apel

Memulai hari dengan salad apel akan menjadi alternatif roti yang lebih sehat dan enak.

Apel ini kaya serat dan antioksidan, selain itu juga dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit seperti diabetes, kesehatan jantung dan kanker.

4. Selada

Jika Anda ingin memulai hari-hari yang sehat, Anda bisa memilih selada untuk sarapan dengan membuat wrap.

Tambahkan juga dengan isian dan saus sehat favorit Anda untuk membuatnya lebih lezat.

 

3 dari 4 halaman

5. Kubis

Kubis kaya akan serat makanan, vitamin K dan C dan jika Anda tidak suka memulai hari dengan salad berdaun, Anda bisa menggunakan daun kubis untuk membuat wrap seperti selada.

6. Wortel

Vitamin C, kalsium, zat besi, biotin, vitamin K1, potasium, vitamin B6, dan lutein semuanya ada dalam wortel.

Wortel tetap enak meski dimakan mentah. Tetapi jika Anda ingin sedikit bereksperimen, Anda dapat menggunakannya dalam salad atau bungkus.

 

4 dari 4 halaman

7. Irisan Nanas

Nanas adalah buah yang enak. Jadilah sedikit eksperimental dengan nanas dan buat camilan pagi kaya antioksidan Anda sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.