Sukses

Cerita Istri Ammar Zoni, Irish Bella Melahirkan Caesar Lewat Metode ERACS

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Irish Bella melahirkan anak keempat yang berjenis kelamin perempuan pada pada Selasa, 23 Agustus 2022. Istri Ammar Zoni ini melahirkan lewat persalinan caesar. Bila biasanya butuh waktu beberapa hari untuk bisa beraktivitas biasa tapi dalam hitungan jam usai tindakan operasi, Irish sudah bisa jalan-jalan dan menimang Baby A.

"Sore udah bisa jalan-jalan bahkan gendong dan nimang-nimag @thequeenisborn," kata Irish.

Ia tidak menyangka bisa mengalami masa pemulihan usai operasi caesar dengan cepat. Wanita 26 tahun ini pun amat semringah dengan kondisinya.

"Masya Allah senengnya recovery nya secepet ini, gak nyangka. Padahal tadi sebelum operasi banyak drama yang akhirnya buat prosedurnya ngundur sejam," cerita Irish di Instagram Stories @_irishbella_.

Rupanya, hal ini lantaran istri Ammar Zoni dalam operasi caesar ini menggunakan metode ERACS.

"Metode ERACS dari @larasati.anesthesiologist juaraaa bukan main. gak nyangka operasi sesar kali ini bisa sangat menyenangkan dan PAIN FREE. Masya Allah..," tulis Irish lagi.

Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS) adalah metode operasi caesar dengan pendekatan khusus perawatan untuk mengoptimalkan kesehatan ibu, sebelum, selama, dan setelah menjalani operasi caesar. 

Sebenarnya, metode ini sudah ada sejak 2001 tapi baru booming belakangan. Lewat metode ERACS diharapkan bisa mengurangi komplikasi yang tidak diharapakan. 

"Jadi, ERACS ini adalah sekumpulan protokol pada pasien, dimana ketika kita menjalankan protokol itu diharapkan pemulihan pasien lebih cepat," kata dokter spesialis anestesiologi RSIA Bina Medika Bintaro, Tri Asmaningrum Larasati dalam live Instagram di @rsiabinamedika.

Ditambahkan dokter kebidanan dan kandungan Hasra Depiesa Dianika persalinan lewat ERACS dilakukan dilakukan sebelum, saat dan sesudah persalinan yang dilakukan oleh berbagai dari berbagai multidisiplin. Mulai dari dokter spesialis anak, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dokter spesialis anestesi, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

"Intinya, semua bekerja sama menjalankan protokol itu," kata Nika.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Contoh Kecil Pelaksanaan dalam Persalinan Lewat Metode ERACS

Laras menjelaskan bahwa ada beberapa hal-hal kecil yang dalam metode ERACS tapi signifikan membantu pemulihan pasien.

Pra Operasi

Persiapan yang dilakukan sebelum operasi persalinan lewat ERACS misalnya dokter spesialis kebidanan dan kandungan sudah bertemu 1-2 minggu sebelum tindakan. Dokter akan menjelaskan mengenai tindakan yang dilakukan, risiko atau komplikasi seperti apa, lalu insisi akan dilakukan di sebelah mana.

Lalu, ibu akan diminta untuk menemui dokter konselor laktasi atau dokter anak untuk mendapatkan informasi mengenai inisiasi menyusu dini.

Lalu, berbeda dengan operasi terdahulu, dalam metode ERACS ibu puasa makanan padat enam jam sebelum tindakan. Namun, ibu dianjurkan minum minuman tinggi kalori sebelum operasi, misalnya teh manis atau jus apel.

"Kalau dulu ada yang puasa 8-10 jam tapi di ERACS tidak dibenarkan pasien kelaparan terlalu lama. Lalu, boleh minum minuman manis tinggi kalori agar ibu tidak lemas dan asam lambung tidak tinggi. Terbukti minuman berkalori tinggi bikin ibu pasca operasi segar," kata Laras.

Lalu, jelang operasi ibu akan mendapatkan edukasi serta penjelasan dari petugas tentang rencana jalannya operasi dan pasca operasi. Lalu, dilakukan pemasangan infus untuk cairan dan obat-obatan.

 

3 dari 4 halaman

Saat Operasi

Mengutip laman RSIA Bina Medika, pembiusan dilakukan di kamar operasi dengan teknsi spinal yang menggunakan pilihan regimen obat anestesi yang memungkinkan pemulihan cepat.

Pasien dibius setengah badan tapi tidak merasa nyeri saat operasi. Pada protokol ERACS, efek baal motorik dari obat anestesi diatur untuk hilang sesegera mungkin usai operasi selesai. Hal ini agar pasien bisa melakukan mobilisasi sesegera mungkin.

Saat bayi lahir, dokter spesialis anak akan memeriksa dan memastikan bayi sehat dan lalu didekapkan di dada ibu.

 

4 dari 4 halaman

Pasca Operasi

Ibu sudah bisa bergerak 2-3 jam usai oprasi. Dan boleh duduk dan berdiri dalam 1-2 jam setelah oeprasi.

"Ibu bisa makan dan minum setelah operasi selesai," kata Laras.

Penatalaksanaan nyeri pasca operasi dengan metode terbaru juga membuat ibu merasa nyaman dan tidak nyeri sehingga bisa beraktivitas lagi secepatnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS