Sukses

Makanan yang Cocok untuk Si Pemilik Golongan Darah A, Memangnya Ada?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang mungkin tahu apa-apa saja makanan sehat yang perlu untuk dikonsumsi saat diet. Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada makanan yang bisa cocok-cocokan tergantung pada golongan darah?

Seorang dokter naturopati, Peter J D'Adamo pun merekomendasikan diet berdasarkan golongan darah. Namun kekurangannya, belum terdapat bukti yang kuat untuk memvalidasi manfaat kesehatan yang diusulkan dari jenis diet satu ini.

"Saat ini tidak ada bukti untuk memvalidasi manfaat kesehatan yang diakui dari diet golongan darah," tulis tinjauan data dalam American Journal of Clinical Nutrition dikutip Medical News Today pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Diet yang berkaitan dengan golongan darah sendiri mengklaim bahwa upaya tersebut dapat membantu orang mencapai kesehatan yang baik secara keseluruhan dan dapat mengurangi risiko penyakit.

Hal tersebut lantaran menurut Peter, ketika darah bersentuhan dengan komponen makanan tertentu, tubuh akan mengalami reaksi khususnya dengan protein yang disebut dengan lektin.

Lektin merupakan protein yang dapat ditemukan dalam makanan, yang diyakini memiliki efek langsung pada darah dan saluran pencernaan. Protein tersebut mengikat sel-sel dalam tubuh dan dapat menyebabkan adanya gangguan hormonal.

Dalam pemaparan tersebut, individu dengan golongan darah A dianggap lebih cocok untuk melakukan diet vegetarian alami. Orang dengan golongan darah A juga biasanya memiliki kadar asam lambung yang lebih rendah daripada golongan darah lainnya.

Sehingga diet berbasis daging mungkin tidak direkomendasikan karena menjadi lebih sulit untuk dicerna dibandingkan dengan sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Rekomendasi Makanan untuk Golongan Darah A

Berdasarkan jenis diet satu ini, Anda yang memiliki golongan darah A lebih direkomendasikan untuk makanan lebih banyak sayuran. Meski begitu, bukan berarti tidak ada satupun daging yang direkomendasikan.

Orang dengan golongan darah A masih diperbolehkan untuk mengonsumsi produk hewani seperti ayam. Ikan kerapu, kembung, kakap merah, salmon, dan sarden juga masih direkomendasikan.

Sedangkan dalam hal dairy, golongan darah A dianggap lebih sulit untuk mencernanya. Namun beberapa jenis produk dairy seperti yogurt, keju, susu kambing masih mungkin untuk dapat diterima.

Terdapat pula daftar sayuran yang direkomendasikan untuk golongan darah A. Lalu apa sajakah itu? Berikut diantaranya.

- Bawang putih

- Bawang

- Brokoli

- Wortel

- Sawi

- Kubis

- Labu

- Bayam

- Lobak

- Selada romaine

3 dari 4 halaman

Buah yang Direkomendasikan untuk Golongan Darah A

Sama halnya dengan sayuran, individu golongan darah A juga dianggap sangat cocok untuk buah-buahan. Berikut beberapa buah yang direkomendasikan.

- Plum

- Prune

- Buah ara

- Jeruk bali

- Lemon

- Nanas

- Ceri

- Aprikot

- Buah beri

4 dari 4 halaman

Sayur dan Buah yang Perlu Dihindari

Sayur dan Buah yang Perlu DihindariMeskipun banyak sayuran yang dapat ditoleransi dengan baik oleh orang-orang dengan golongan darah A, terdapat juga beberapa sayuran yang dianggap perlu dihindari. Berikut diantaranya.

- Paprika

- Kentang

- Ubi jalar

- Ubi

- Kubis

- Tomat

- Terong

- Jamur

Sedangkan dalam hal buah, berikut yang dianggap perlu untuk dikurangi.

- Jeruk

- Stroberi

- Mangga

- Pepaya

- Pisang

- Kelapa

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS