Sukses

Ria Ricis Biarkan Moana Tengkurap, Ketahui Manfaat Tummy Time

Liputan6.com, Jakarta Pemengaruh dan Youtuber Ria Ricis kerap membagikan kesehariaannya termasuk soal cara dia mengasuh Cut Raifa Aramoana. Dalam unggahannya, Ricis memposisikan bayi yang belum berumur sebulan itu dalam posisi tengkurap. Namun, hal itu malah membuat banyak warganet menentang mengingat usia Moana belum sebulan.

"Aduh icis pinter sayang solehah kasian baby moana jangan di buat mainan kayak boneka belom saatnya tengkurep itu... nanti takut napasnya sesak," kata ***msyahyeni.

"Kasian Bun masih bayi kemarin kok udah di tengkurepin," tulis pemilik akun @ay**lmeera.

Namun, banyak juga warganet yang mengingatkan warganet pengikut Ricis untuk memperbarui ilmu mengenai merawat anak.

Sementara itu, di video Youtube Ricis bersama Nagita Slavina, suami Raffi Ahmad itu juga mengajarkan soal tummy time kepada Moana. Berdasarkan pengalaman memiliki dua anak, tummy time punya banyak manfaat bagi bayi.

"Biar enak aja, biar kepalanya bulat juga," kata Nagita.

 

Tummy time atau memposisikan anak tengkurap sudah bisa dilakukan usai bayi berada di rumah usai keluar rumah sakit seperti disampaikan American Academy of Pediatrics (AAP). Mulai dengan dua - tiga sesi setiap hari dengan jangka waktu yang pendek-pendek misal satu menit saja.

Bagi bayi, posisi ini tidak biasa jadi mungkin saja ia rewel. iak mulai rewel dan menangis segera angkat lalu coba lagi.Saat bayi sudah bertambah usia, berikan kesempatan bayi tummy time lebih lama. Misalnya tiga sampai lima menit. Bila ia nyaman dengan hal itu, perpanjang lagi durasinya seperti mengutip lamam Baby Centre.

Hal yang perlu dingat orangtua saat melakuakn tummy time adalah kala bayi sedang bagnun dan suasana hatinya bagus.

"Bayi disarankan untuk diletakkan pada posisi tengkurap saat bangun penuh dan diawasi (tummy time) untuk membantu proses perkembangan motorik dan mencegah bentuk kepala belakang yang mendatar," seperti mengutip dari laman IDAI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Tummy Time

Tummy time memiliki banyak manfaat bagi perkembangan bayi mulai dari membantunya berguling hingga nanti saatnya ia merangkak dan bangun dari tidur.

Lebih spesifik, berikut manfaat dari tummy time:

- Memperkuat otot yang diperlukan untuk duduk, merangkak, berjalan

- Mencegah kepala bagian belakang datar

- Berlatih mengangkat kepala

- Meningkatkan keterampilan motorik

- Meningkatkan koordinasi tangan mata

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS