Sukses

Cara Seru Komunitas Kanker PDKT dengan Masyarakat

Masyarakat harus tahu cara penanggulangan dan pencegahan kanker

Liputan6.com, Jakarta - PT Kalbe Farma Tbk (“Kalbe”) melalui One Onco menyelenggarakan Cancer Community Festival (CCF) 2022 yang menampilkan berbagai komunitas kanker dan support system pasien kanker kepada masyarakat.

Festival yang berlangsung 6 s.d 7 Agustus 2022 di Mosaic Walk Mal Kota Kasablanka Jakarta ini bertujuan untuk mengenalkan visi, misi, program dari setiap komunitas kanker, support system yang ada di Indonesia. Sekaligus mengedukasi masyarakat tentang penanganan pasien kanker.

"Kalbe mencoba membangun ekosistem, mulai dari hulunya, yakni pencegahan. Salah satunya, Kalbe menciptakan dalam hal ini OneOnco sebagai solusi untuk Kanker. Solusi ini bukan hanya bicara tentang yang sakit, tapi juga mencegah sakit," ujar Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Vidjongtius, dalam agenda Cancer Community Festival 2022 Kalbe OneOnco.

Langkah ini, lanjut Vidjongtius, tidak bisa sekali tapi harus terus-menerus. Dia berharap OneOnco ini dapat dikembangkan terus, terlebih untuk penyakit lain, misalnya diabetes, juga akan dibangun ekosistemnya.

Kegiatan CCF 2022 diapresiasi oleh Kepala Subdirektorat Penyakit Kanker dan Kelainan Darah Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, dr. Aldrin Nellwan Panca Putra, Sp.Ak, MARS, M.Biomed, M.Kes, SH. Ia berterima kasih dengan diadakannya agenda yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas di dalam ruang publik, Mal Kota Kasablanka.

"Terima kasih kepada Kalbe Farma yang sudah memfasilitasi, karena ini adalah suatu momen yang sangat baik, kita bisa bertemu langsung dengan masyarakat dalam rangka mengedukasi. Karena kita tahu bahwa ada empat strategi dalam penanggulangan kanker," kata Aldrin.

Ia menyebut bahwa yang pertama adalah melakukan promosi kesehatan supaya masyarakat tahu, mau, dan mampu untuk melakukan penanggulangan kanker.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Kedua, dengan melakukan suatu perlindungan khusus, misalnya kanker serviks dengan vaksin HPV (human papillomavirus). Terakhir, melakukan deteksi dini dan pengobatan yang sesuai standar.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Agum Gumelar, setuju dengan penjelasan dr. Aldrin. Linda mengatakan bahwa selama pandemi semakin jarang proses deteksi dini bahkan terapi lain untuk para pejuang kanker. Ia pun mengapresiasi diadakannya CCF 2022 oleh Kalbe OneOnco, sebagai momentum yang bisa mengedukasi masyarakat luas tentang kanker.

"Proses pembangunan suatu bangsa itu tidak mungkin hanya dari pemerintah, tapi juga semua masyarakat harus membantu. Peran komunitas ini sangat strategis sebagai jembatan kepada pemerintah dan untuk mendampingi teman-teman. Juga untuk masyarakat yang sehat-sehat saja, melalui upaya preventif yang dilakukan supaya tidak terjadi kanker stadium lanjut," kata Linda.

 

3 dari 4 halaman

Komunitas Kanker

Linda menjelaskan bahwakomunitas kanker memiliki peran yang sangat penting, karena mendengarkan langsung masukan dari para penyintas kanker serta masyarakat luas. Selain itu, komunitas kanker juga berusaha membantu pemerintah dengan memberikan informasi, laporan, hingga saran untuk mengeluarkan kebijakan terkait kanker.

Pentingnya peran komunitas kanker di tengah masyarakat menjadi perhatian Kalbe OneOnco dengan mengadakan berbagai aktivitas, mulai dari deteksi dini, edukasi, terapi, hingga pemeriksaan molekular yang berhubungan dengan kanker. Untuk melakukan hal ini, OneOnco menggandeng pihak lain seperti komunitas dan regulator.

"Kami mendorong masyarakat memiliki literasi yang baik terhadap deteksi dini kanker termasuk penanganan pasien kanker. Festival Komunitas Kanker ini merupakan bentuk apreasiasi OneOnco kepada komunitas kanker dan stakeholders atau support system lainnya untuk bisa menjadi teman terdekat pasien kanker, keluarga pasien, termasuk juga masyarakat yang dekat dengan pasien kanker," kata Leader OneOnco Kalbe, dr Selvinna M.Biomed.

 

4 dari 4 halaman

Yang Hadir

Sejumlah komunitas kanker berpartisipasi dalam CCF 2022. Di antaranya, Yayasan Kanker Indonesia, Lovepink, CISC, Yayasan Smartpink Indonesia, Srikandi, Pita Kuning Anak Indonesia, Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia, Love n Healthy, YKPI, dan didukung oleh support system seperti OneOnco, Nutrican, RSK Dharmais, KalGen, KlikDokter, LoveCare, dan lain-lain.

Pada CCF 2022 juga diselenggarakan berbagai diskusi mengenai penanganan kanker dengan banyak tema. Beberapa tema yang dibahas ialah Deteksi Dini Kanker Usus Besar, Deteksi Dini Kanker Payudara, Deteksi Dini Kanker Prostat, Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, Nutrisi bagi Pejuang Kanker, Tes Terkini Seputar Kanker, dan masih banyak lagi tema yang bermanfaat bagi masyarakat dan pasien kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.