Sukses

Tak Harus Berkulit Putih, Dinda Hauw Berbagi Makna Cantik dan Tips Percaya Diri

Liputan6.com, Jakarta - Berkulit putih seolah jadi standar kecantikan yang telah lama dianut oleh beberapa orang. Tak sedikit yang terobsesi untuk memutihkan kulit dengan menggunakan bantuan produk tertentu.

Padahal, cantik tak melulu harus berkutat pada kulit putih. Pendapat ini disampaikan oleh public figure Tanah Air, Dinda Hauw. Wanita berusia 25 tahun ini memiliki standar sendiri soal kecantikan.

Menurutnya, cantik tidak terpaku hanya pada penampilan fisik. Melainkan bagaimana tingkat kepercayaan diri seseorang dan kepintarannya.

"Menurut aku, definisi dari cantik itu adalah percaya diri. Jadi enggak harus putih kok untuk menjadi cantik," ujar Dinda Hauw dalam acara Advanced Training Duta (ATD) program Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Goes to School/Campus ditulis Jumat, (15/7/2022).

"Karena kalau kamu sudah percaya diri, kamu merasa apa yang kamu sampaikan itu bisa masuk ke orang-orang, terus ilmunya juga bisa sampai ke mereka, itu menurut aku udah cantik banget," tambahnya.

Bahkan, Dinda Hauw menjelaskan keresahan hatinya saat mendapati ada seseorang yang lebih percaya diri dan lebih pintar menggoda suaminya, Rey Mbayang. 

"Alhamdulillah aku sampai sekarang enggak cemburu dengan orang yang mungkin jauh lebih cantik dari aku. Tapi kalau misalnya lihat dia lebih pintar, wawasannya lebih luas, lebih percaya diri, itu biasanya aku yang lumayan insecure. Wah, oke, jadinya itu pacuan buat aku biar jadi lebih baik," kata Dinda Hauw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tips Rawat Kulit ala Dinda Hauw

Dalam kesempatan yang sama, Dinda Hauw mengungkapkan beberapa upaya yang dilakukannya untuk memiliki kulit sehat. Ibu satu anak ini kerap dipuji lantaran kulitnya yang glowing, mulus, dan bersih.

Ternyata bukan hanya perawatan dan menggunakan produk yang macam-macam lho. Melainkan Dinda Hauw juga berupaya untuk membuat kulitnya sehat dari dalam.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa hal yang dilakukannya seperti menjaga asupan makanan sehari-hari, olahraga, dan tidur yang cukup.

"Aku harus banget minum air putih yang cukup, itu udah pasti. Tidur juga harus cukup. Makanan harus banget yang emang bagus buat kita. Misalkan yang enggak makan-makan junk food, jadi harus benar-benar makanan yang sehat. Olahraga juga harus seimbang," kata Dinda Hauw.

Sedangkan upaya dari luar yang dilakukannya adalah dengan membiasakan diri menggunakan sunscreen. Menurutnya, sunscreen jadi hal wajib yang tidak pernah dilewatkan olehnya setiap hari meski sedang berada di dalam rumah.

3 dari 4 halaman

Kewajiban untuk Touch Up Sunscreen

Lebih lanjut Dinda Hauw menjelaskan bahwa dirinya juga terbiasa untuk melakukan touch up sunscreen ketika berada di luar. Cara ini dilakukannya setiap dua hingga tiga jam sekali.

"Ditambah lagi kalau keluar, itu harus banget dua atau tiga jam sekali pasti langsung sunscreen lagi sunscreen lagi. Cuma dua sih kalau aku, sunscreen sama moisturizer, itu penting banget buat aku," kata Dinda Hauw.

Dinda Hauw menambahkan, dirinya tidak suka mengikuti tren kecantikan yang sedang ada di luaran. Ibu dari satu anak ini biasa hanya menggunakan kosmetik atau produk perawatan kulit yang itu-itu saja.

"Kalau udah cocok sama satu brand, itu pasti aku pakainya itu-itu terus. Pertama, kita cek dulu kan tuh izin edarnya. Kedua, kita juga harus lihat kandungannya apa, dan kalau udah satu cocok menurut aku itu sudah cukup," ujar Dinda Hauw.

4 dari 4 halaman

Cek Izin Edar Produk Kecantikan

Di Indonesia sendiri, izin edar terkait produk dapat diperiksa langsung dalam laman BPOM RI. Anda hanya perlu mengisi kolom dua kolom seperti nomor registrasi dan kata kunci untuk melihat izin edar resmi dari produk tersebut.

Jika benar terdaftar, maka produk tersebut akan muncul keterangannya secara lengkap mulai dari tanggal terbit, produk yang terdaftar, merk, hingga detail produk yang diperiksa.

Menurut Dinda Hauw, penting untuk menetapkan hanya dengan satu pilihan atau brand dalam hal perawatan kulit. Mengingat merawat kulit bukanlah hal yang mudah dan instan.

"Jangan kita coba-coba cari kosmetik lain. Kalau memang kamu sudah ketemu satu, ya sudah itu saja. Kalau mau coba yang lain, kita yang paling tahu sama kondisi tubuh dan muka kita seperti apa. Apalagi aku, sekali coba kosmetik lain dan enggak cocok, itu bakalan lama banget balikinnya," kata Dinda Hauw.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS