Sukses

Andalkan Teknologi MRI 3 Tesla Jadi Inovasi RS Premier Bintaro

Liputan6.com, Jakarta Untuk urusan kesehatan, banyak orang yang mencari pelayanan kesehatan ke luar negeri karena memiliki teknologi yang lebih canggih. Kini, Anda tak perlu lagi mengeluarkan kocek lebih untuk ke luar negeri untuk mencari layananan kesehatan. 

Itu karena Indonesia, terutama RS Premier Bintaro menghadirkan inovasi terbarunya, yaitu MRI 3 Tesla Signa Pioneer. Ya, MRI merupakan teknologi untuk menghasilkan gambar pencitraan anatomi di dalam tubuh, mulai dari tungkai, tulang belakang, saraf, otak, perut, jaringan dan otot, serta organ tubuh lainnya. 

Gambar pencitraan tersebut digunakan oleh dokter untuk menegakkan diagnosis. Tesla merupakan besaran intensitas medan magnet. Semakin tinggi intensitas magnet, semakin detail gambar pencitraan yang dihasilkan. 

Kedua hal tersebut tentu sangat mempengaruhi dokter dalam menegakkan diagnosis. Gambar pencitraan yang semakin jelas dan detail, akan memudahkan dokter mendiagnosis penyakit lebih cepat, dimana proses penanganan dapat dilakukan dengan lebih tepat.

2 dari 4 halaman

MRI 3 Tesla Tanpa Radiasi

Banyak orang berpikir bahwa semua alat radiologi memaparkan radiasi. Kabar baiknya, MRI 3 Tesla menggunakan medan magnet dan gelombang radiofrekuensi (RF wave), sehingga pasien tidak perlu kuatir terkena paparan radiasi. 

Medan magnet yang dimiliki MRI 3 Tesla ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan pendukung yang mengedepankan keamanan untuk pasien, seperti pemberian magnetic shielding dalam ruangan MRI, pemasangan walk through metal detector, dilakukannya skrining riwayat kesehatan dan keamanan pasien ketika akan melakukan pemeriksaan MRI, serta pemeriksaan MRI dilakukan oleh tenaga kesehatan yang berkompeten.

3 dari 4 halaman

Prioritaskan Kenyamanan Pasien

Selama pemeriksaan MRI, akan menimbulkan suara bising, dikarenakan resonansi suara yang semakin besar. Namun, RS Premier Bintaro sangat memahami hal tersebut. Kenyamanan selama pemeriksaan menjadi salah satu prioritas utama. 

Oleh karena itu, RS Premier Bintaro menyediakan head set untuk memutar musik dan menyediakan kacamata 3D untuk menonton film sesuai keinginan pasien selama pemeriksaan berlangsung. 

Selain itu, MRI 3 Tesla ini dilengkapi dengan software Silence Scan untuk mengurangi suara yang timbul, terutama pada pemeriksaan brain, ditambah lagi ada software ART (Accoustic Reduction Technology) yang dapat mengurangi kebisingan tersebut. Ruangan MRI pun didesain dengan sangat elegan, dilengkapi dengan mood light, sehingga menambah kenyamanan dan memberikan ketenangan kepada pasien selama pemeriksaan dilakukan.

4 dari 4 halaman

Teknologi Terkini di RS Premier Bintaro

Di Indonesia, untuk pertama kalinya, teknologi mutakhir Deep Learning dan AIR Technology terbaru telah terpasang pada MRI 3 Tesla yang dimiliki oleh RS Premier Bintaro. Dengan demikian, pasien dapat merasakan pengalaman pemeriksaan kesehatan dengan teknologi terkini di RS Premier Bintaro.

Berbeda dengan versi sebelumnya yang sempat dimiliki oleh RS Premier Bintaro, MRI 3 Tesla ini memiliki diameter gantry atau kerangka lubang pemeriksaan yang lebih luas, yaitu 70 cm, sehingga pasien akan merasa lebih nyaman dan kekuatiran pun berkurang. 

Selain itu, MRI 3 Tesla ini dilengkapi perangkat pemutar film yang dapat dinikmati saat pemeriksaan berlangsung, sehingga pasien merasa terhibur di tengah pemeriksaan. Teknologi AIR Coil yang ringan serta fleksibel untuk semua ukuran dan bentuk tubuh pasien, melengkapi kecanggihan alat ini, sehingga posisi pasien dapat diatur senyaman mungkin. 

Nah yang tidak kalah menariknya, teknologi Deep Learning yang telah terpasang, dapat memangkas waktu pemeriksaan sebesar 40-60% lebih cepat, dengan kualitas gambar pencitraan yang lebih baik, sehingga pemeriksaan dapat dilakukan lebih cepat dengan hasil yang lebih akurat dan meyakinkan. 

Contohnya, jika dengan alat pada versi sebelumnya pemeriksaan brain rutin dilakukan selama 18 menit, pada MRI 3 Tesla hanya memakan waktu 10 menit. Begitu juga untuk pemeriksaan spine rutin, pada versi sebelumnya pemeriksaan tersebut berlangsung selama 28 menit, pada MRI 3 Tesla hanya memakan waktu 16 menit. 

Hal yang lebih menarik lagi, penghematan waktu pada pemeriksaan brain stroke akut, yang pada versi sebelumnya memakan waktu 11 menit, dengan MRI 3 Tesla hanya menghabiskan waktu 5 menit. Hal ini otomatis mempercepat Dokter dalam menegakkan diagnosis penanganan pada kasus stroke, sejalan dengan salah satu jargon Stroke Center di RS Premier Bintaro, yaitu Time is Brain.

"Unit MRI 3 Tesla dengan fitur Deep Learning, AIR Technology, dan ambience room MRI, dibantu oleh staf yang berpengalaman di Radiologi RS Premier Bintaro akan memberikn pelayanan radiologi yang optimal bagi klinisi dan tatalaksana pasien," kata dr. Raditya Utomo, Sp.Rad(K), Dokter Spesialis Radiologi di RS Premier Bintaro.

Dengan hadirnya MRI 3 Tesla ini, RS Premier Bintaro membuktikan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan selalu berinovasi menyediakan teknologi terkini pada dunia medis di Indonesia, demi memberikan pelayanan yang semakin cepat dan akurat sesuai dengan kebutuhan pasien. 

 

(*)