Sukses

Ayah Park Bo Gum di Reply 1988, Choi Moo Sung Berhasil Turunkan 21 Kilogram

Liputan6.com, Jakarta Pecinta drama korea Reply 1988 tentu sudah tidak asing lagi dengan Choi Moo Sung. Pria yang berperan sebagai ayah Park Bo Gum itu kembali tampil ke publik dengan penampilan yang berbeda.

Berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber, Choi Moo Sung telah menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram.

Choi Moo Sung membagikan foto transformasi dirinya, menunjukkan perbandingan antara sebelum dan sesudah aktor berusia 54 tahun tersebut menurunkan berat badan.

Diketahui, Choi Moo Sung menurunkan berat badan selama dua bulan. Perut buncitnya pun menghilang bersamaan dengan dagu yang berlipat.

Tubuhnya seolah begitu berubah digantikan dengan otot-otot dada yang menjulang dan anggota tubuh lainnya yang terlihat begitu proporsional.

Mengutip laman Infnews, penurunan berat badan Choi Moo Sung bukanlah tanpa alasan. Dikabarkan dirinya menurunkan berat badan yang hampir tembus 100 kilogram pada usia 50 itu akibat masalah kesehatan.

Diketahui dirinya memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, hiperlipidemia, dan masalah kesehatan lainnya. Setelah dietnya berhasil, dirinya pun hanya perlu meminum sebagian obat yang harus dikonsumsinya.

Hal tersebut diketahui membuatnya merasa cukup puas dengan diet yang dilakukannya selama beberapa bulan belakangan ini.

"Saya meminum obat tekanan darah tinggi seperti biasanya tanpa berpikir dan saya terkejut ketika tekanan darah saya tiba-tiba turun," ujar Choi Moo Sung dikutip Newsbeezer, Selasa (24/5/2022).

"Ketika saya pergi ke rumah sakit, saya diberitahu bahwa tekanan darah saya menjadi sangat stabil setelah melepasnya, jadi saya telah menyelesaikannya,” tambahnya.

2 dari 4 halaman

Penampilan Berubah Drastis

Menurut warganet, penampilan Choi Moo Sung juga berubah secara drastis. Pria tersebut pun mengakui perubahan yang terjadi pada dirinya tersebut.

“Pada saat saya berusia pertengahan 50-an, obesitas perut saya begitu hebat sehingga sulit untuk memakai kaus kaki," kata Choi Moo Sung.

"Sekarang saya telah kehilangan banyak lemak perut. Saya dulu memakai pakaian dengan pinggang 38, tapi sekarang saya bisa dengan nyaman memakai 34. Saya memiliki rahang yang tidak saya miliki sebelumnya," Choi Moo Sung menuturkan.

Pada awal Februari lalu, Choi Moo Sung mengumumkan berat badannya berada pada angka 97 kilogram dan mengungkapkan bahwa dirinya akan melakukan diet.

Kini pada bulan Mei, dirinya pun sudah berhasil menurunkan sekitar 21 kilogram dalam waktu tiga bulanan.

“Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk berhasil diet dan mendapatkan kembali penampilan yang sehat, dan saya ingin menunjukkan sisi yang berbeda dari diri saya dan melepaskan diri dari citra yang selalu saya miliki,” kata Choi Moo Sung.

Choi Moo Sung memulai debutnya pada tahun 2002 dengan film A Man Is Born. Dia tampil baik dalam film "I Saw the Devil" dan drama "Reply 1988", "Mr. Sunshine”, “Mung Bean Flower" dan "Secret Forest 2”.

3 dari 4 halaman

Figur Lainnya yang Turun Berat Badan

Tak hanya Choi Moo Sung, figur lainnya yang juga mengejutkan publik akibat penurunan berat badan adalah Kim Jong Un.

Presiden Korea Utara tersebut ramai diperbincangkan karena penampilannya yang terlihat lebih ramping. Selama beberapa bulan belakangan, ia dikabarkan menurunkan berat badannya hingga 20 kilogram.

Pada parade yang dilakukan pada awal September lalu, Kim bahkan terlihat lebih ramping lagi. Menggunakan setelan berwarna krem dan dasi putih mengkilap, ia pun berseri-seri menanggapi tepuk tangan yang diberikan.

"Wajahnya terlihat jelas lebih kurus dan dia terlihat jauh lebih bersemangat bergerak," ujar Park Won-gon, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Ewha Womans Seoul dikutip CBS News.

Alasan penurunan berat badan Kim pun belum diketahui dengan jelas. Namun banyak yang berspekulasi bahwa itu didasari oleh alasan kesehatan. Terlebih, riwayat penyakit yang dimiliki keluarganya pun dinilai menjadi salah satu hal yang mendasari penurunan berat badan tersebut.

Melansir Sky News, sebelumnya Kim diperkirakan memiliki berat badan sebanyak 140 kg. Berat tersebut diyakini tercapai sejak ia mulai menduduki jabatan sebagai presiden pada tahun 2011.

Lalu, pada bulan April, Kim sempat tidak muncul di publik selama kurang lebih 20 hari. Hal tersebut dilakukan setelah dirinya menyelesaikan operasi jantung.

4 dari 4 halaman

Olahraga untuk Turunkan Berat Badan

Tak berhenti pada Choi Moo Sung dan Kim Jong Un, penyanyi yang juga sempat menghebohkan publik atas penurunan berat badannya adalah Adele.

Kisah tersebut disampai oleh Adele dalam wawancara bersama Vogue dan British Vogue pada Rabu, 6 Oktober 2021. Adele menceritakan perjalanan musik, percintaan, hingga penurunan berat badannya.

Wanita berusia 33 tahun tersebut menjelaskan bahwa tujuannya berolahraga belakangan tidaklah berfokus untuk menurunkan berat badan. Hal tersebut ia lakukan untuk mengatasi rasa cemas (anxiety), yang sebagian besar disebabkan oleh perceraiannya.

"Saya menyadari ketika sedang berolahraga, saya tidak merasakan kecemasan itu. Ini bukan soal menurunkan berat badan," ujar Adele dalam wawancara bersama Vogue.

Adele mengungkapkan bahwa olahraga menjadi salah satu hal yang membuatnya merasa lebih baik dan membantu meredakan kecemasannya. Menyadari hal tersebut, ia pun rutin menjadikan olahraga sebagai coping mechanism-nya sehari-hari.

"Saya pikir, apabila saya bisa membuat tubuh saya kuat secara fisik, dan saya bisa merasakan itu dan melihat itu, mungkin suatu hari nanti saya juga bisa membuat emosi dan pikiran saya kuat secara fisik," ujar Adele.

Setiap harinya, Adele berolahraga sebanyak dua hingga tiga kali dengan pelatihnya. Olahraga beban di pagi hari, hiking atau boxing di siang hari, dan kardio di malam hari.