Sukses

Drama Korea Tomorrow Masukan Nama V dan Jungkook BTS dalam Daftar Kematian

Liputan6.com, Jakarta Saat ini drama korea berjudul Tomorrow tengah menjadi sorotan terutama bagi para penggemar grup musik asal Korea Selatan BTS yang akrab disapa Army.

Mengutip laman KBIZoom, drama produksi MBC satu ini menceritakan kisah malaikat maut yang bertugas untuk membimbing orang meninggal dan menyelamatkan nyawa orang yang ingin bunuh diri.

Pada episode ke tujuh yang tayang pada Jumat, 22 April 2022 lalu, terlihat cuplikan yang menampilkan daftar kematian berisi nama orang yang telah meninggal dunia.

Dalam daftar tersebut, tertulis nama Kim Tae-hyung yang merupakan nama asli V BTS. Bahkan, tanggal lahirnya pun dibuat sama yakni 30 Desember.

Perbedaannya hanya ada pada tahun kelahirannya. Drama yang diperankan oleh Kim Hee Sun, Rowoon SF9, dan Lee Soo Hyuk itu menempatkan tahun kelahiran pada kolom nama V BTS menjadi 1971. Sedangkan tahun asli kelahiran V BTS yang sebenarnya adalah 1995.

Pada kolom selanjutnya dengan nama Kim Yu Rim, tanggal lahirnya justru ditulis persis dengan tanggal lahir milik Jungkook BTS yakni pada 1 September 1997.

Kedua nama anggota BTS ini juga ditempatkan berdekatan (atas bawah) yang membuat warganet semakin tersinggung karena seolah dibuat secara sengaja.

Saat ini, kontroversi tersebut menjadi pembicaraan di komunitas online Korea. Banyak penggemar yang mengeluhkan tim produksi drama tersebut karena dianggap tidak sopan dan tidak bijaksana.

Beberapa diantaranya juga menganggap tim produksi Tomorrow sengaja melakukan hal tersebut untuk mendapatkan perhatian. 

2 dari 4 halaman

Daftar Hal yang Menyinggung Army

Tak hanya soal nama serta tanggal lahir V dan Jungkook BTS yang menyinggung, hal lain yang membuat Army geram adalah penyebab kematian kedua figur kesayangan mereka tersebut.

Dalam daftar kematian itu, bertuliskan bahwa nama Kim Tae-hyung dan Kim Yu Rim meninggal dunia karena pembunuhan. Hal tersebut dianggap begitu mengganggu dan berbahaya.

Para penggemar juga menganggap MBC telah melewati batas dan harus menyampaikan permintaan maaf pada BTS sesegera mungkin.

Selanjutnya, para penggemar juga merasa bahwa hal tersebut tidak mungkin hanya sebuah kebetulan. Army pun mempertanyakan alasan dibaliknya.

Sebelumnya, drama korea Tomorrow dianggap tayang perdana dengan awal yang menjanjikan penontonnya. Namun kini drama tersebut justru kehilangan popularitas.

Bahkan, Tomorrow juga mengalami penurunan peringkat secara tajam pada peringkat nasional. Diketahui peringkat nasional drama tersebut hanya 2,3 persen di episode 13.

Angka tersebut menurun jauh dari episode 1 yang mencapai 7,6 persen. Artinya, telah terjadi penurunan rating sebanyak 5,3 persen.

3 dari 4 halaman

Respons Tim Produksi Tomorrow

Mengutip laman Soompi, tim produksi Tomorrow juga telah memberikan respons terkait kontroversi ini. Namun sejauh ini, permintaan maaf terlihat belum dikeluarkan dari pihak MBC maupun tim produksi.

Menurut tim produksi Tomorrow, tanggal lahir pada daftar kematian yang dianggap milik V dan Jungkook BTS tersebut hanyalah kombinasi angka. Mereka juga menyebut tidak ada niat lain atau kesengajaan di belakang itu.

Sedangkan mengutip laman Showbiz Liputan6.com, terdapat beberapa komentar warganet menanggapi hal ini.

"Wow aku mengerti mengapa para penggemar betul-betul marah," ujar seorang warganet Korea.

"Niatnya sudah terlihat dengan sangat jelas, tapi ini maksudnya apa? Apa mereka sedang cari perhatian? Kurasa kita harus menemukan siapa yang menulisnya dan mendapat penjelasan atas hal ini," kata warganet lain.

"Aku baru menemukan soal nama BTS yang disebut-sebut di Tomorrow... Aku enggak menyadarinya saat menontonnya, karena hal yang tertulis itu tak secara langsung berkaitan dengan plot, aku juga suka banget dengan acara ini, jadi aku sangat kecewa...." tulis akun Twitter @BTStranslation yang mendapatkan 15 ribu likes.

4 dari 4 halaman

Konflik Antara MBC dan BTS

Sejak ramainya perbincangan antara drama korea Tomorrow, banyak warganet yang menganggap bahwa hal tersebut merupakan bagian dari tindakan balas dendam MBC pada BTS dan HYBE, yang merupakan perusahaan induk agensi dari grup BTS.

Pada 2019 lalu, BTS tidak menghadiri acara musik tahunan Gayo Daejejeon, sebuah festival tahunan akhir tahun Korea Selatan. Hal tersebut dikabarkan karema RM dan anggota BTS lainnya tidak bisa untuk hadir.

Selain tak mengundang BTS, acara tersebut juga tidak mengundang rekan satu agensi BTS yakni TXT dan GFriend.

  • Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    BTS
  • V BTS adalah salah satu anggota boyband asal Korsel, BTS, yang memiliki suara yang identik.
    V BTS
  • Jungkook adalah salah satu member K-pop BTS asal Korea Selatan (Korsel), yang menempati posisi vokalis utama.
    Jungkook
  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.
    drama Korea
  • Tomorrow