Sukses

Tak Perlu Operasi, Tindakan Kompresi Balon Bisa Atasi Trigeminal Neuralgia dalam 30 Menit

Ada beberapa cara untuk menangani Trigeminal Neuralgia atau nyeri wajah sebelah. Selain dengan obat-obatan resep dokter, penanganan lainnya adalah dengan Percutaneous Balloon Compression (PBC).

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa cara untuk menangani Trigeminal Neuralgia atau nyeri wajah sebelah. Selain dengan obat-obatan resep dokter, penanganan lainnya adalah dengan Percutaneous Balloon Compression (PBC).

dr. Heri Aminuddin, SpBS menjelaskan, tindakan PBC ini merupakan salah satu pilihan untuk mengatasi nyeri terutama pada bagian tengah dan bawah wajah. Biasanya PBC dilakukan jika obat tidak dapat lagi redakan nyeri.

"Selain itu mereka yang berusia lanjut, pasca-tindakan bedah MVD (Microvascular Decompression) atau memiliki faktor komorbid juga dapat memilih tindakan ini," ujar dr Heri dalam Webinar RS Bunda Jakarta, ditulis Sabtu (26/3/2022).

Prosedur ini pun, lanjut dr Heri, memiliki keuntungan seperti lebih simpel dan efektif, minimal invasif (tanpa bedah), tanpa rawat inap, dilakukan singkat sekitar 30 menit dan bila kambuh bisa diulang, dan perbaikan kualitas hidup. " Efektivitasnya bahkan mencapai 90 persen."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode PBC

dr Heri menjelaskan, PBC dilakukan menggunakan balon berukuran kecil yang akan dimasukkan dengan kateter.

Lalu saat sudah sampai di dasar tengkorak dan serabut saraf trgeminal, balon akan dikembangkan agar menekan saraf.

Balon dikembangkan selama 1 hingga 1,5 menit kemudian dikempiskan dan dikelarkan kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini