Sukses

Perjalanan 10 Tahun Berkarya, Tulus Rilis Album Manusia

Album keempat Tulus bertajuk Manusia resmi dirilis.

Liputan6.com, Jakarta Pada Rabu 3 Maret 2022, penyanyi sekaligus pencipta lagu Muhammad Tulus Rusydi atau yang akrab disapa Tulus meluncurkan album terbarunya bertajuk Manusia.

Album keempat ini dikerjakan olehnya selama kurun waktu dua tahun belakangan dan berisi 10 lagu. Nuansa minimalis berbalut warna biru ikut menyelimutinya.

Menurut lelaki kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat tersebut, judul album Manusia merepresentasikan ragam dinamika rasa yang dimiliki oleh manusia.

"Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” ujar Tulus dalam siaran pers ditulis Jumat, (4/3/2022).

Tulus mengungkapkan, semangat menjaga jiwa muda, di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan, merupakan sepenggal dari luasnya sudut pandang penulisan lagu dalam album ini.

Dalam prosesnya, pria berusia 34 tahun ini bekerja sama dengan produser Ari Renaldi. Serta melakukan kolaborasi bersama Dere, juga Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Beberapa lagu didalamnya juga di sempurnakan dengan orkestrasi oleh Erwin Gutawa. Puluhan sessionist, paduan suara, dan orkestra besar didalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Besarkan hati pendengarnya

Dalam keterangannya, Tulis mengungkapkan bahwa album ini dirilis bertepatan dengan perayaan 10 tahun ia berkarya di industri musik.

Diawali dengan lagu "Tujuh Belas", menjadi nomor pembuka yang disusul dengan sembilan lagu lainnya yang telah resmi dirilis.

Kemasan spesial 10 Tahun Berkarya ini juga sudah bisa didapatkan secara spesial. Ragam ilustrasi visual pun menjadi sajian yang dipersembahkan oleh Tulus untuk menyempurnakan album ini.

"Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan," kata Tulus.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.