Sukses

5 Tanda Pasangan Takut Komitmen Menurut Pakar Psikologi

Pelajari cara mengenali tanda-tanda seseorang yang mempunyai masalah dengan komitmen

Liputan6.com, Jakarta - Komitmen mungkin merupakan komponen paling penting dari hubungan jangka panjang yang sukses. Bagaimanapun, semakin Anda berkomitmen pada suatu hubungan, maka semakin stabil dan sukses hubungan yang dimiliki tersebut, jelas Lawrence Josephs PhD, profesor di Derner School of Psychology, New York.

Komitmen menggerakkan Anda dan pasangan melampaui chemistry awal yang menciptakan hubungan tersebut untuk tetap terikat hingga akhir.

Lalu, mengapa ada orang yang takut dengan komitmen? Josephs menjelaskan beberapa orang takut komitmen karena itu menyiratkan tanggung jawab, mengutip The Healthy. Atau bisa juga karena keengganan individu untuk berkomitmen telah berakar pada masa kanak-kanak mereka.

Berikut lima tanda pasangan Anda tidak akan berkomitmen, menurut beberapa pakar lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ketidakmampuan untuk berkompromi

Suatu hubungan, terlebih yang jangka panjang, membutuhkan sikap memberi dan menerima. Yang mana dalam hubungan yang sehat dan seimbang, pasangan terkadang harus bersedia mengalah, pada minat Anda yang tidak mereka sukai secara khusus.

Tapi jika seseorang secara konsisten tidak mau berkompromi, itu pertanda mereka mungkin bukan calon pasangan hidup.

2. Menjadi egois

Josephs mengatakan bahwa terlalu fokus pada diri sendiri berjalan seiring dengan keengganan untuk berkompromi. 

“Orang yang memiliki tingkat narsisme tinggi memiliki masalah dengan komitmen,” kata Josephs. “Mereka cenderung merasa bahwa rumput di tempat lain lebih hijau. Mereka menempatkan kebutuhan mereka sendiri di atas orang lain.”

Seharusnya ketika orang mendefinisikan diri mereka sendiri dalam hubungan mereka, mereka termotivasi untuk berpikir dan berperilaku dengan cara yang membantu mempertahankan hubungan. Tidak hanya menunjukkan perilaku sesekali bahwa mereka peduli.

3 dari 5 halaman

3. Mudah marah

Terkadang, kemarahan bisa menjadi produktif dan bahkan sehat untuk hubungan jika diungkapkan dengan tepat, menurut American Psychological Association.

Namun tetap saja, itu mungkin merupakan tanda komitmen yang goyah jika perhatian seseorang terhadap kepentingan pribadi mereka menyebabkan kemarahan atau frustrasi setiap kali mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

“Beberapa orang sangat sensitif terhadap penolakan dan pengabaian, dan jika mereka kecewa, mungkin akan merespons dengan cara balas dendam yang marah,” kata Josephs. 

4. Riwayat hubungan bermasalah sebelumnya

Riwayat hubungan dapat memberikan petunjuk tentang kemampuan seseorang untuk bertahan dalam hubungan jangka panjang. Ini dapat mencakup hubungan keluarga masa lalu, kekasih, atau bahkan teman platonis.

Seringkali ada hubungan antara riwayat trauma dan kesulitan dengan keintiman dan komitmen. Namun, karena beberapa orang dengan masa lalu yang traumatis masih mengalami hubungan pribadi yang stabil, faktor ini saja tidak menunjukkan kurangnya komitmen, menurut Matt Cohen PhD, seorang psikolog klinis dan asisten profesor psikiatri di University of North Carolina.

4 dari 5 halaman

5. Merasa terganggu

Pasangan yang tampaknya terganggu bisa menandakan seseorang yang tidak berkomitmen, kata Jessy Levin PhD, psikolog senior di Northwell Health di Lake Success, New York. Contohnya mungkin mengamati bahwa mereka mundur dari kontak fisik dan seksual, tidak berkencan sebelumnya, atau menarik diri secara emosional.

“Jika seseorang melakukan gerakan dengan cara yang tidak bersemangat, itu adalah petunjuk yang cukup bagus bahwa mereka belum mencapai tempat di mana mereka berkomitmen,” kata Josephs.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis Alur Telemedicine dan Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.