Sukses

Gala Sky Belajar Tirukan Suara Binatang, Apa Saja Kebisaan Anak Seusianya?

Liputan6.com, Jakarta - Putra almarhum Febri 'Bibi' Andriansyah dan Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah, semakin hari semakin menggemaskan.

Bocah yang akan genap 2 tahun pada Juli mendatang itu menunjukkan tumbuh kembang yang baik. Dalam berbagai unggahan di media sosial orang-orang terdekatnya, Gala Sky tampak ceria dan lincah.

Pada beberapa video singkat, tampak keponakan Fuji An ini telah bisa mengenali nama-nama hewan dan bisa menirukan suara binatang. Di salah satu unggahan video singkat, Gala Sky yang sedang memegang mainan bebek-bebekan karet menanggapi orang-orang di sekelilingnya menirukan suara hewan.

Gala Sky dengan gembira menyuarakan masing-masing hewan yang disebutkan. Mulai dari ayam, bebek, kucing, hingga anjing.

Pada unggahan video di akun Youtube milik Fuji An, terlihat Gala yang tengah bermain di sekitar pantai di Bali, mengenali nama-nama orang di sekelilingnya. Bocah itu bisa menyebut nama pengasuh, tante, paman, serta beberapa teman dekat keluarga dengan caranya.

Melewati usia satu tahun seperti Gala Sky, anak akan lebih aktif bergerak. Kepekaannya terhadap diri dan lingkungan sekitar mulai muncul. Keinginan mereka untuk mengeksplor obyek-obyek serta orang baru semakin meningkat.

Umumnya anak seusia Gala Sky, akan mulai mengenali nama-nama orang dan benda di sekitarnya. Mereka juga mulai bisa berkomunikasi menggunakan kata atau kalimat singkat serta bisa mengikuti perintah atau arahan sederhana.

 

2 dari 3 halaman

Anak Usia 2 Tahun

Mengutip laman Unicef.org, pada usia 2 tahun, anak-anak mulai bisa berjalan dengan baik, memanjat, berlari, dan beraktivitas penuh energi. Kosa kata barunya akan bertambah, mampu membedakan bentuk dan warna. Dia pun akan mulai bisa dilatih buang air kecil atau besar di toilet.

Anak-anak usia 2 tahun biasanya juga akan mulai belajar terkoneksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, mereka akan menunjukkan hal-hal berikut:

  • Senang meniru orang dewasa dan anak-anak lain.
  • Gembira ketika bersama anak-anak lainnya.
  • Lebih mandiri dan mulai bisa menolak.

Pada masa ini, orangtua disarankan untuk sering bermain dan berbincang dengan batita. Playtime bisa dilakukan dengan sederhana seperti berguling-guling, mengambilkan boneka, atau mengajak mereka melakukan kegiatan sehar-hari yang mudah seperti melipat pakaian. Aktivitas ini akan membantu batita mengembangkan kemampuan pro-sosial mereka dengan menanamkan rasa memiliki dan kolborasi dengan orang lain.

Sementara dalam hal komunikasi, anak usia dua tahun akan mengekspresikan keinginan atau kebutuhan mereka dengan:

  • mengucapkan kalimat singkat terdiri dari dua atau empat patah kata.
  • menunjuk benda ketika disebutkan nama benda tersebut.
  • mengenal bagian tubuh.
  • mengenali orang-orang di sekeliling
  • mengulang kata yang dia pernah dengar dan mengikuti instruksi sederhana

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis