Sukses

Sudah Dapat E-Tiket, Ibu Menyusui Bisa Vaksinasi Booster

Termasuk ibu menyusui bisa mendapatkan vaksinasi booster COVID-19 bila sudah menerima e-tiket.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksinasi booster COVID-19 untuk 18 tahun ke atas tengah berjalan. Memang vaksinasi booster diprioritaskan untuk orang lanjut usia dan imunokompromais. Namun, bila kuota di fasilitas kesehatan masih tersedia, masyarakat 18 tahun ke atas non-prioritas bisa memanfaatkannya.

Termasuk ibu menyusui bisa mendapatkan vaksinasi booster COVID-19 seperti disampaikan Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi.

Mengenai vaksin booster bagi ibu menyusui disesuaikan dengan vaksin primer terdahulu.

"Untuk yang dapat vaksin primer Sinovac bisa Pfizer maupun AstraZeneca," kata Nadia lewat pesan singkat yang diterima Health-Liputan6.com pada Selasa (18/1/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Booster

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksinasi booster di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dipercepat sebagai langkah antisipasi Omicron.

Maka dari itu, kelompok nonprioritas di Jabodetabek pun kini bisa mendapat vaksin booster tanpa menunggu kelompok prioritas selesai disuntik.

“Kalau sudah ada tiket bisa datang ke fasilitas kesehatan (faskes),” kata Nadia.

Walau vaksinasi booster dipercepat, tapi ketentuan menerima booster masih sama. Yakni minimal 6 bulan setelah suntikan vaksin kedua.

“Tetap masih minimal 6 bulan,” katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksinasi Booster Covid-19 Gratis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini