Sukses

Gala Sky Imunisasi, Begini Cara agar Balita Tenang Disuntik

Liputan6.com, Jakarta - Beredar video singkat Gala Sky imunisasi bebrapa hari belakangan. Dalam video, tampak Gala Sky mengunjungi fasilitas kesehatan bersama sang nenek, Ibu Dewi, ibunda Fuji An dan Bibi Andriansyah.

Dalam video, Gala Sky Andriansyah tampak tenang menghadapi jarum suntik. Dia tak terlihat panik ataupun menangis histeris.

Video tersebut bukanlah momen imunisasi Gala yang pertama diunggah di media sosial. Sebelumnya pun ada beberapa video yang menampilkan pengalaman putra pertama almarhumah Vanessa Angel itu divaksinasi.

Pertama, ketika Gala Sky masih berusia beberapa bulan. Kala itu, Gala yang tampaknya baru bersentuhan dengan jarum suntik tampak menangis namun bisa segera ditenangkan oleh sang ayah, Bibi Andriansyah.

Momen kedua, Gala Sky diimunisasi dengan diantar oleh sang nenek, Dewi Zuhriati. Kali ini, Gala sudah berpengalaman disuntik sehingga tak lagi rewel. Bu Dewi hanya cukup menggendong dan menimangnya usai imunisasi.

Bagi sebagian orangtua, membawa batita diimunisasi bisa begitu menantang. Sebenarnya, batita menangis usai disuntik adalah hal yang wajar, karena memang menimbulkan rasa sakit. Namun, sebagian batita histeris ketika menyadari akan disuntik.

Studi menunjukkan, sekitar dua per tiga anak menunjukkan takut pada jarum suntik. Namun, riset juga mengungkap bahwa rasa takut itu akan memudar seiring bertambahnya usia anak.

 

2 dari 4 halaman

Cara Persiapkan Anak Imunisasi

Mengutip beberapa sumber, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan anak menerima imunisasi.

  • Disusui

Ketika membaya bayi untuk diimunisasi, menyusuinya bisa menjadi cara untuk membuat bayi tenang dan rileks. Menyusui juga akan membantu bayi teralihkan dari proses suntikan imunisasi. Rasa ASI yang sedikit manis bisa membantu menguragi rasa sakit ketika bayi disuntik.

  • Dipangku

Memangku bayi atau batita ketika disuntik akan membuat mereka tenang diimunisasi.

  • Diberi sesutu yang manis

Merasakan sesuatu yang manis bisa membantu meredakan rasa sakit ketika disuntik. Jika anak berusia dua tahun atau lebih muda sedikit, mintalah dokter untuk memberinya sedikit gula-gula sekitar dua menit sebelum disuntik imunisasi. Menurut CDC Amerika Serikat, sedikit rasa manis cukup untuk mengurangi sakit ketika disuntik.

  • Diberi salep atau spray pereda nyeri

Anda juga bsia meminta salep atau spray pereda nyeri untuk anak. Pereda nyeri itu akan memblokir sinyal sakit dari kulit. Anda juga bisa meminta dokter mengoleskan spray dingin di sekitar lengan atau paha anak yang akan diimunisasi sebelum disuntik. Spray dingin akan meredakan stres anak.

3 dari 4 halaman

Katakan dengan Jujur

  • Katakan dengan jujur

Anak-anak sangat pintar. Meski masih usia dini, mereka mengerti hal yang akan dihadapi. Jadi, berilah penjelasan sederhana dan jujur mengenai proses imunisasi yang akan mereka jalani. Beri tahu anak bahwa mereka mungkin akan merasakan sakit ketika disuntik dan rasa itu akan reda secara cepat. Suara Anda yang menjelaskan dengan tenang akan membuat anak ikut merasa tenang dan aman.

  • Tetap tenang

Tetaplah tenang ketika anak disuntik. Reaksi orangtua ikut berperan terhadap reaksi anak. Bagi beberapa orangtua, melihat anaknya disuntik tentu tidak mudah. Namun, studi menunjukkan, kecemasan Anda membuat anak semakin panik.

"Jika orangtua terlihat ketakutan atau tidak nyaman, perasaan itu bisa sampai pada anak," ujar perawat anak Katie Creager, mengutip Cleveland Clinic.

  • Bawa benda yang menenangkan

Orangtua bisa membawa benda-benda yang akan membuat anak nyaman, semisal boneka, mainan, atau buku cerita. Ini akan mengalihkan mereka dari proses imunisasi.

  • Berlatih di rumah

Berlatihg dengan mainan medis di rumah bisa membantu anak terbiasa dengan bentuk-bentuk alat kesehatan yang digunakan dokter. Hal ini akan membuat mereka lebih tenang.

  • Tenangkan anak setelah disuntik

Menenangkan anak dengan menggendong atau menimangnya akan membuat bayi nyaman. Pelukan, dekapan, dan bisikan lembut akan membuat batita tenang usai disuntk.

  • Beri pujian

Setelah disuntk, beri pujian pada anak. Katakan bahwa mereka telah melakukannya dengan baik. Tawarkan hadiah seperti stiker atau penghargaan lainnya. Ini akan memberi ingatan positif tentang pengalaman imunisasi pada anak.

4 dari 4 halaman

Infografis masker pada anak