Sukses

Belasan Tahun Bersama, Faktor Apa Saja yang Bisa Buat Pasangan Berpisah?

Liputan6.com, Jakarta - Perceraian bisa terjadi pada pasangan manapun dan kapanpun. Termasuk pada mereka yang telah belasan tahun bersama menjalin bahtera rumah tangga.

Kemarin, aktor Jason Momoa atau yang terkenal dengan perannya sebagai Aquaman mengumumkan perceraian dengan istrinya, Lisa Bonet. Diketahui, mereka telah bersama selama 16 tahun.

"Kita semua merasakan tekanan dan perubahan dari masa-masa transformasi ini. Revolusi sedang berlangsung dan keluarga kami tidak terkecuali, merasakan adanya pergeseran yang terjadi," ujar Jason Momoa melalui unggahan dalam akun Instagram pribadinya @prideofgypsies ditulis Jumat (14/1/2022).

"Jadi, kami membagikan berita tentang keluarga kami bahwa kami berpisah dalam pernikahan. Kami membagikan ini bukan karena kami berpikir itu layak diberitakan, tetapi agar saat kami menjalani hidup, kami dapat melakukannya dengan bermartabat dan jujur," tambahnya.

Dalam unggahan tersebut, Jason Momoa juga mengungkapkan bahwa cinta di antara mereka akan tetap ada. Akan terus berkembang dengan cara yang mereka sendiri berharap bisa mereka ketahui dan jalani.

"Kami membebaskan satu sama lain untuk menjadi diri kami sendiri, yang sedang kami pelajari. Pengabdian kami tak tergoyahkan untuk hidup yang suci ini dan anak-anak kami," kata Jason.

2 dari 3 halaman

Faktor perceraian

Mengutip Psychology Today, faktor penyebab perceraian sebenarnya begitu sulit untuk didefinisikan secara umum. Hal tersebut dikarenakan begitu banyak hal yang dapat memicunya.

"Dalam pekerjaan, saya melihat bahwa pengkhianatan menjadi alasan paling besar dalam perceraian. Pengkhianatan juga tak harus berupa perselingkuhan, bisa terjadi dalam hal harapan dan impian masing-masing pihak," kata psikolog klinis, Ann Gold Buscho, PhD.

Ann pun mengungkapkan ada beberapa isu yang sering muncul dalam kasus perceraian. Seperti berkurangnya kecocokan dalam hal pandangan, pengasuhan anak, minat, dan hubungan yang tidak berkembang dengan baik.

Tak hanya itu, perbedaan yang tidak dapat menemukan titik terang atau solusi untuk kedua belah pihak juga bisa jadi penyebabnya.

"Kurangnya komunikasi juga bisa jadi penyebab. Seringkali, pasangan berkata mereka tidak dapat berkomunikasi dengan baik dan akhirnya menimbulkan pertengkaran yang tidak efektif," kata Ann.

3 dari 3 halaman

Infografis