Sukses

5 Provinsi dengan Capaian Vaksinasi Dosis I di Bawah 70 Persen

Masih ada 5 provinsi lagi di Indonesia yang belum mencapai target vaksinasi dosis pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Hingga saat ini, pemerintah masih terus mengupayakan vaksinasi COVID-19 untuk mencapai targetnya. Hampir seluruh provinsi kini telah mencapai target tersebut.

"Alhamdulillah minggu ini berhasil naik ke peringkat empat dunia melampaui Brazil dari sisi jumlah rakyat yang divaksinasi," ujar Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers Evaluasi PPKM ditulis Selasa (11/1/2022).

"Kita bisa menembus angka 169 juta rakyat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama, melampaui Brazil yang 166 juta," tambahnya.

Per Minggu, 9 Januari 2022, jumlah vaksinasi yang telah diberikan ada sekitar 170 juta untuk dosis pertama, dan 116 juta untuk dosis kedua. Sehingga jika dijumlahkan, sudah ada sekitar 288 juta dosis vaksin yang telah diberikan. 

Hanya saja, Budi mengungkapkan bahwa tersisa lima provinsi lagi di Indonesia yang capaian vaksinasi masih dibawah 70 persen.

"Khusus untuk vaksinasi ini sudah hampir semua provinsi mencapai 70 persen, yang minggu lalu masuk adalah provinsi Aceh. Tinggal ada lima provinsi lagi yang belum mencapai 70 persen," kata Budi.

Kelimanya adalah Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stok vaksin

Dalam kesempatan yang sama, Budi juga menjelaskan bahwa stok vaksin yang dimiliki Indonesia sejauh ini ada sebanyak 446 juta.

"Jadi kalau sudah disuntikkan 288 juta, masih ada lebih dari 150 juta dosis yang kita bisa suntikkan," ujar Budi.

Lalu mengenai vaksin booster, Budi mengungkapkan bahwa hal ini telah disetujui oleh Presiden RI Joko Widodo. Kemarin, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI juga telah menginformasikan jenis vaksin yang bisa digunakan.

Vaksinasi booster yang akan dimulai besok, Rabu 12 Januari 2022 akan menggunakan lima jenis vaksin yakni Sinovac (CoronaVac), Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Zifivax.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.