Sukses

Berlibur di Swiss, Ringgo Agus Rahman Terkena Hemarrhoid Alias Ambeien

Ringgo Agus Rahman membagikan pengalamannya terkena hemarrhoid atau ambeien

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Ringgo Agus Rahman kerap mengunggah momen lucu lengkap dengan caption yang menggelitik. Kali ini, dia membagikan pengalamannya terkena hemarrhoid (ambeien) saat sedang berlibur di Swiss melalui akun Instagram pribadinya, @ringgoagus.

"Pertama kalinya ngerasain ambeien lagi di sini pula. Ke apotik beli obat dan ditanya buat siapa, saya jawab for my wife. Gapapa ya bojo, pan orgnya ga kenal kamu jg toh. Ingat bojo, ambeien bukan aib," tulis Ringgo dalam salah unggahan terbarunya melalui akun @ringgoagus pada Selasa, (21/12/2021).

Dalam unggahan berikutnya, Ringgo membagikan kenangannya karena harus meninggalkan Thun, salah satu kota di Swiss. Suami Sabai Dieter Morscheck, bercerita, banyak kenangan yang terukir di kota yang baru beberapa hari dia singgahi.

"Baru bbrp hari kenangannya udah banyak. Pertama kali Mars bisa jalan, pertama kali saya hemarrhoid *keren jg ni bahasa internasional ambeien," tulis Ringgo.

Melansir Mayo Clinic, hemarrhoid atau yang juga dikenal dengan sebutan wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada bagian anus dan rektum bagian bawah.

Hemarrhoid sendiri dapat berkembang di dalam rektum (wasir dalam) atau di bawah kulit di sekitar anus (wasir luar). Ternyata, ambeien sendiri merupakan kondisi yang cukup umum terjadi.

Hampir tiga dari empat orang dewasa akan mengalaminya dari waktu ke waktu. Penyebab dari hemarrhoid sendiri seringkali tidak diketahui. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala yang muncul

Gejala yang ditimbulkan juga tergantung pada jenis hemarrhoid yang terjadi. Jika wasir luar, maka biasanya pembengkakan bisa terjadi pada kulit di sekitar anus.

Wasir luar memiliki gejala seperti gatal atau iritasi di daerah sekitar anus, rasa sakit atau ketidaknyamanan, bengkak di sekitar anus, dan berdarah.

Sedangkan, wasir dalam sendiri biasanya tidak dapat dilihat atau dirasakan. Wasir jenis ini jarang menyebabkan ketidaknyamanan. Tetapi dapat menyebabkan pendarahan tanpa rasa sakit saat buang air besar.

Wasir dalam juga bisa terdorong melalui lubang anus dan mengakibatkan rasa sakit dan iritasi. Bicarakanlah pada dokter atau tenaga ahli profesional jika dalam seminggu, pendarahan saat buang air besar tidak membaik. 

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.