Sukses

Mengapa Wanita Lebih Berisiko Kena Ambeien?

Liputan6.com, Jakarta Ambeien atau wasir merupakan gejala yang sangat umum terjadi dan bisa diderita pria dan wanita. Dalam suatu waktu dalam hidup, seseorang dapat menderita ambeien. 

Bahkan laman Hopkinsmedicine.org menyebutkan bahwa ambeien dapat terjadi disebabkan karena faktor keturunan. Namun yang harus diketahui bahwa ternyata wanita berisiko lebih tinggi terkena ambeien. Mengapa? 

Dokter Bedah Umum dr. Wendell Ken, SpB dari Rumah Sakit EMC Tangerang menjelaskan bahwa wanita berisiko tinggi menderita ambeien karena sering mengalami pelebaran pembuluh darah saat menstruasi. 

"Tak hanya itu, ambeien sering kali muncul selama masa kehamilan dan atau setelah persalinan," jelas dr Wendell seperti dikutip laman EMC.id.

Lebih lanjut, dr Wendell menjelaskan bahwa saat hamil, bayi dan rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di area panggul. 

Sementara ketika proses melahirkan, wanita cenderung mengejan terlalu keras sehingga dapat menyebabkan ambeien.

Lalu apakah ada cara mencegah ambeien pada wanita? Ada. Caranya dengan melakukan olahraga seperti senam kegel yang memperkuat otot panggul bawah. 

Selain itu hindari menunda BAB dan mengejan terlalu keras saat BAB. Faktor terlalu lama duduk atau berdiri bahkan juga dapat menyebabkan ambeien lho. 

Maka dari itu, mulai sekarang mulailah untuk memperbanyak konsumsi serat, air mineral, dan probiotik, serta aktif bergerak, dan tidur yang cukup. 

Nah sekarang sudah tahu kan apa faktor penyebab dan cara mencegah ambeien? Jika kamu masih mengalami penyakit ini dan ingin mengetahui kondisimu lebih lanjut, segera berkonsultasi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas mumpuni dan dokter profesional. 

 

(*)